Cara Diet Sehat Tentang Makanan

Pada dasarnya cara diet sehat memang tidak boleh secara sembarangan dilakukan. Karena diperlukan perencanaan matang dan jelas serta ada penekanan mengenai menu makanan diet yang akan kita makan nantinya. Artikel ini akan membahas mengenai cara diet sehat dalam kegiatan sehari-hari. Bagi mereka yang terlahir kurus ataupun yang memiliki tubuh kecil sudah pasti sangat sulit bertubuh gemuk meskipun sudah makan banyak atau tidur yang lama serta tanpa olahraga. Akan tetapi sebaliknya juga bahwa untuk yang terlahir dengan memiliki tubuh gemuk walau tanpa adanya asupan makanan seharian maka akan sulit mempunyai tubuh langsing tanpa berolah raga walaupun sudah mencoba berapa kali untuk beberapa cara diet sehat yang sering ditemukan.

Cara diet sehat

Orang yang berbadan gemuk terobsesi untuk diet ketat karena beranggapan dapat menurunkan berat badan

Image Courtesy of  Marin / FreeDigitalPhotos.net

Sebenarnya cara diet sehat bukanlah berarti mengurangi porsi makanan saja. Tetapi makna diet itu dapat  dijelaskan sebagai mengatur pola makanan kita sendiri. Berbagai cara diet sehat tentang makanan dapat kita susun yang sesuai, maka secara langsung maupun tidak langsung bisa memperoleh dan memberikan energi cukup bagi tubuh kita meskipun kita dapat memperoleh manfaatnya dari diet yang kita jalankan yaitu dengan berkurangnya berat badan kita.

Nampaknya cara diet sehat secara identik merupakan suatu upaya untuk menurunkan berat badan. Padahal sebenarnya diet tak hanya sebatas itu saja. Karena diet juga berarti upaya dengan mengatur segala asupan nutrisi makanan agar tubuh kita menjadi sehat dan segar. Sehingga bonusnya juga mengatakan bahwa berat badan akan menjadi berkurang. Jadi berbagai cara diet sehat tentang makanan itulah yang perlu ditelusuri mengapa cara tersebut identik dengan menurunkan berat badan seseorang. Maka kita harus mampu dan tetap memilih menu makanan diet yang cocok bagi tubuh kita. Dengan makanan yang kita makan pula untuk program diet maka kita harus tetap mensuplai secara cukup asupan nutrisi bagi tubuh.

Berbagai tips tentang makanan terhadap cara diet sehat sudah banyak dilakukan  oleh orang-orang yang mempunyai niat serius ingin  menurunkan berat badannya. Ada beragam cara serta pendapat tentang  pola makan diet  sehat sebagai penurun berat badan agar tubuh terlihat proporsional atau dapat dikatakan tubuh yang ideal. Mungkin para pembaca sebagian besar akan setuju jikalau dengan pola makan diet sehat sudah tentu menghasilkan badan yang sehat juga.

Cara diet sehat yang alami

(1)   Upayakan waktu makan dilakukan dengan enjoy

Makan yang terburu-buru akan menyebabkan perut menjadi tidak cepat kenyang bahkan menjadi penambahan porsi makan juga meningkat. Sehingga kita harus membiasakan untuk makan secara lebih tenang dan lambat agar perut kita terisi dengan benar. Maka perlu ada kemampuan untuk melihat berbagai tips tentang makanan diet yang menyehatkan.

(2)   Makan dengan rutin

Cara kedua ini merupakan makan pada saat yang teratur. Hal tersebut bisa membuat pola makan kita menjadi lebih teratur serta dapat pula mengatur porsi makan menjadi normal atau stabil. Maka hendaklah kita menghindari waktu yang bisa menyebabkan telat makan atau lebih awal makan. Karena dengan makan secara tepat, kita mampu dan bisa membantu tubuh agar terhindar dari segala jenis bahaya terutama penyakit yang teridentifikasi oleh tubuh kita.

(3)   Mengambil posisi duduk yang benar

Cara ketiga ini sering kali menjadi suatu persoalan yang tidak terlalu penting. Disebabkan karena kebanyakan orang akan sering lupa tentang hal tersebut. Maka posisi duduk yang baik agar kita terhindar dari timbulnya rasa lapar yang berlebih adalah posisi duduk tegak. Karena posisi duduk tersebut akan mampu membantu perut kita merasa kenyang lebih lama.

Jadi berbagai cara diet sehat tentang makanan bukan saja dengan mengurangi frekuensi makan dalam sehari, akan tetapi pola diet akan tetap makan seperti biasanya. Namun perlu diperhatikan secara seksama mengenai jenis makanan yang kita makan, bagaimana porsi makanannya serta kapan waktu makan dilakukan.

Waktu makan dengan cara diet sehat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu :

a)     Sarapan Pagi

Sarapan pagi yang kita konsumsi setiap hari harus mengandung nutrisi berupa zat karbohidrat karena karbohidrat pada waktu pagi hari akan mudah menjadi suatu energi yang dibutuhkan selama kita beraktivitas seharian. Dan tentunya pula harus disetarakan dengan makanan yang berserat serta diakhiri minum susu yang rendah lemak atau yang lebih sehat dan alami yaitu diakhiri dengan minum jus buah misalnya saja jus jeruk atau bisa juga dengan teh hijau tanpa gula.

Pelaku diet dianjurkan sarapan pagi dengan mengonsumsi nutrisi yang berkarbohidrat dan diakhiri dengan jus buah

Pelaku diet dianjurkan sarapan pagi dengan mengonsumsi nutrisi yang berkarbohidrat dan diakhiri dengan jus buah

Image Courtesy of  Marcus / FreeDigitalPhotos.net

b)     Makan Siang

Menu makan siang mungkin akan lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat seperti  buah-buahan dan perlu juga kita mengurangi asupan makanan yang berkarbohidrat lebih. Sedangkan makanan yang bernutrisi protein pun bisa dikonsumsi lebih banyak lagi karena protein memiliki peran sebagai sumber energi dalam tubuh. Selain itu memperbanyak minum air putih yang kadang rentan untuk bisa membedakan rasa lapar dan haus.

c)      Makan Malam

Untuk menu makan malam yang perlu diperhatikan adalah dengan menghindari karbohidrat. Maka lebih tepatnya saat jam makan malam memakan buah-buahan atau sayur-sayuran yang berserat. Karena pada saat makan malam kadar kandungan lemak menjadi lebih tinggi. Hal tersebut karena aktivitas di malam hari tidak terasa berat saat pagi dan siang hari. Sehingga akibatnya lemak yang akan masuk tidak menjadi energi melainkan dapat mengendap menjadi lemak di dalam tubuh.

Berbagai cara diet sehat tentang makanan bagi pelaku diet mudah ditemui karena banyaknya sumber daya yang dimiliki oleh negara Indonesia. Apalagi makanan untuk cara diet sehat sudah banyak yang mengenalnya sebagai surga kuliner bagi kesehatan mereka. Ada begitu banyak jenis dan resep makanan serta cita rasa makanan dengan berbagai sumber daya yang melimpah ruah. Namun, sebaiknya kita berhati-hati untuk memilih makanan agar terhindar dari segala penyakit yang timbul kapan saja dan di mana saja.

Berbagai Cara Diet Sehat dalam kehidupan sehari-hari

a)      Menghindari cemilan dan junk food

Cemilan atau dapat dikatakan dengan makanan ringan saja bahwa makanan tersebut tidak begitu menyehatkan. Makanan tersebut mengandung bahan pengawet dan bisa berakibat berat badan menjadi meningkat. Begitupula dengan junk food yang kadar lemak sangat tinggi dan rentan bagi penderita obesitas sehingga perlu untuk membatasinya bahkan menghindari demi kesehatan tubuh.

Cemilan ataupun juck food sangat tidak menyehatkan bila dikonsumsi setiap hari karena rentan untuk kena obesitas

Cemilan ataupun juck food sangat tidak menyehatkan bila dikonsumsi setiap hari karena rentan untuk kena obesitas

Image Courtesy of rakratchada torsap / FreeDigitalPhotos.net

b)      Rajin memperbanyak minum air putih

Air putih bukan hanya minuman semata melainkan makanan sehat bagi pelaku diet yang benar-benar ingin menurunkan berat badan. Air putih sangat menyehatkan bagi tubuh yang sedang masa diet agar perasaan kenyang bisa muncul dan makanan yang dikonsumsi dapat diatur sebaik mungkin.

Rajin minum air putih baik untuk kesehatan tubuh sekaligus untuk pelaku program diet

Rajin minum air putih baik untuk kesehatan tubuh sekaligus untuk pelaku program diet

Image Courtesy of  Danilo Rizzuti / FreeDigitalPhotos.net

c)      Mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan

Keduanya begitu berharga sekaligus bisa tersiksa di mata pelaku diet karena kebiasaan yang tak diterapkan sehingga mengonsumsinya butuh proses dan komitmen yang kuat. Dapat diketahui pula keduanya itu mempunyai kadar gizi yang seimbang dan sangat menyehatkan.

Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan pada malam hari sangat baik untuk masa diet

Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan pada malam hari sangat baik untuk masa diet

Image Courtesy of Marin / FreeDigitalPhotos.net

Oleh karena itu inti dari cara diet sehat tentang makanan merupakan makan dengan makanan yang tepat serta dalam waktu tepat dengan jumlah yang tepat pula.  Jadi untuk jenis makanan sehat bagi pelaku diet sudah cukup mudah ditemui di mana saja sehingga tak sulit untuk bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook2Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr0

Nurul Ismhi