Cara Membuat Coklat

Cara Membuat Coklat 4.73/5 (94.68%) 189 votes

Makanan dan minuman yang dihasilkan dari coklat ini menjadi populer di semua golongan usia. Baik anak-anak, orang dewasa maupun orang tua tentunya menjadikan coklat ini menjadi makanan dan minuman favorit. Selain makanan favorit, coklat juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Berikut ini, mari kita bahas tentang Cara Membuat Coklat, terlebih dulu saya akan memaparkan beberapa masalah coklat.

Dapat dikatakan bahwa coklat menjadi cemilan favorit oleh banyak orang. Pada mulanya, Cara Membuat Coklat telah ditemukan oleh Suku Maya sebagai minuman dengan cara ditumbuk dan dicampur air. Kemudian bangsa Spanyol menambahkan beberapa gula sehingga minuman coklat enak dinikmati. Coklat dapat menjadi bisnis besar, banyak masyarakat di dunia mulai menanam dan mengembangkan tanaman kakao, sehingga biji kakao ini mulai ditanam di beberapa negara.

Seperti di Indonesia yang merupakan salah satu negara penghasil coklat terbesar di dunia. Coklat merupakan olahan dari buah tanaman Cocoa, tumbuh di daratan Amazon dan lembah Orinoko di Amerika Selatan. Kakao adalah biji yang dihasilkan oleh tanaman kakao yang telah difermentasikan, dibersihkan dan dikeringkan. Coklat merupakan makanan yang terbuat dari biji tanaman tropis yang disebut sebagai biji kakao.

Coklat diartikan ke dalam bahasa suku Aztec yang berasal dari kata xocolatl, yang artinya minuman pahit. Sedangkan suku Indian Mexico memberikan istilah chocolate yang berasal dari kata choco artinya busa dan atl artinya air. Pada awalnya, Cara Membuat Coklat dijadikan sebagai minuman yang dibuat berbuih, biasanya ditambahkan sedikit lada hitam, madu, vanila, ataupun rempah-rempah lain. Rasa dari minuman coklat itu terasa pahit dan berlemak. Pada akhirnya penggunaan rempah-rempah dihilangkan dan mulai ditambahkan gula, susu, santan, telur dan sebagainya.

Cara Membuat Coklat

Cara Membuat Coklat

Image Courtesy of  Simon Howden FreeDigitalPhotos.net

Pada dasarnya, Cara Membuat Coklat akan menghasilkan dua jenis eating chocolate, yaitu Chocolate Compound beraroma coklat yang kurang kuat karena memiliki kandungan coklat yang lebih rendah dan ditambahkan sejenis minyak sayur yang bertujuan agar pembuatan coklat lebih tahan terhadap hawa yang panas, sehingga mudah dalam penyimpanan dan transportasi karena tidak mudah lumer di dalam mulut dan juga lebih mudah dibentuk. Sedangkan Chocolate Couverture memiliki aroma coklat yang kuat dan mempunyai titik leleh yang rendah, sehingga cepat lumer di ruangan yang hangat atau dalam mulut.

Coklat memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan kandungan cokelat seperti methyl-xanthine, kafein, phenylethylalanine dan theobromine yang dapat mengurangi kelelahan dan memperbaiki keadaan mood sehingga coklat digunakan sebagai obat anti depresi. Selain itu, beberapa manfaat coklat bagi kesehatan :

  1. Coklat untuk diabetes. Dapat diketahui bahwa makan coklat hitam dalam jumlah yang sedang akan meningkatkan pengolahan gula darah dan mengurangi risiko diabetes.
  2. Coklat untuk tekanan darah tinggi. Kakao dan coklat yang mengandung flavanols, memiliki kualitas baik dan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.
  3. Coklat untuk penyakit hati. Cokelat mengandung senyawa yang kaya antioksidan. Diketahui bermanfaat untuk mengurangi kerusakan pada pembuluh darah hati dan mengurangi tekanan darah tinggi dalam hati.
  4. Coklat untuk kelelahan kronis. Dengan makan coklat persegi, maka bermanfaat dalam meningkatkan tingkat energi yang dimiliki. Dalam dosis kecil, kandungan kafein yang terdapat dalam coklat akan memberikan manfaat untuk mencegah kelelahan kronis.
  5. Coklat untuk batuk. Para ahli mengatakan bahwa theobromine adalah senyawa yang ditemukan pada kakao, memiliki manfaat yang dapat mengurangi batuk dengan mempengaruhi ujung saraf sensorik dari saraf vagus yang lewat melalui saluran udara pada paru-paru.

Berikut ini, sajian tentang Cara Membuat Coklat praline dengan ragam jenis bentuk dan hiasan.

Cara Membuat Coklat praline

Bahan-bahan :

  • Coklat pekat sebanyak 250 gr
  • Coklat putih sebanyak 250 gr
  • Pewarna makanan setengah sendok (pewarna yang digunakan bisa berupa pink, merah, kuning, hijau, biru, ungu atau warna apa saja sesuai kesukaan)
  • Cetakan berbentuk bulat, lonjong, hati, kotak ataupun bentuk yang unik

Bahan untuk isian :

  • Susu cair sebanyak 250 ml (ditambahkan dengan variasi almond ataupun blueberry)
  • Selai sebanyak 250 gr (jenis selai yang digunakan mulai dari rasa strawberry, kacang, nanas ataupun rasa buah yang lainnya)
  • Coklat batangan putih sebanyak 250 gr

Cara Mengolah :

  • Coklat putih dilelehkan dengan teknik tim. Cara melelehkannya yaitu coklat disimpan dalam panci ukuran kecil kemudian masukkan panci tersebut ke dalam panci ukuran besar yang di dalamnya air mendidih. Agar coklat dapat meleleh lebih mudah, maka terlebih dulu coklat batangannya dipotong kecil-kecil. Kemudian tambahkan sedikit pewarna makanan sesuai warna yang disukai. Aduk hingga rata dan larut.
  • Begitu pula dengan coklat pekat dilelehkan dengan cara di tim. Seperti pengolahan coklat putih sebelumnya.
  • Untuk bahan isinya, terlebih dulu susu cair dipanaskan sampai mendidih kemudian campur dengan selai sesuai selera dan coklat putih sambil diaduk-aduk sampai larut.
  • Setelah itu, tuangkan coklat pekat dan coklat putih ke dalam cetakan yang telah disiapkan dan diamkan sampai dingin dan menjadi keras.
  • Lalu isilah dengan bahan isian coklat yang sudah dibuat dan dinginkan coklat tersebut dalam lemari pendingin (freezer).

 

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi