Cara Menghilangkan Jerawat Yang Sederhana

Cara Menghilangkan Jerawat Yang Sederhana 4.70/5 (94.09%) 111 votes

Setiap orang berkeinginan memiliki wajah putih yang bersih dan pastinya akan bisa meningkatkan rasa percaya diri kepada orang tersebut. Cara menghilangkan jerawat sampai sekarang sudah beraneka ragam bentuknya. Akan tetapi tidak sedikit dari sekian banyak orang yang cenderung memiliki problema tentang jerawat di wajah dan hal tersebut sangat mengganggu dengan penampilan. Maka saat rasa kurang percaya diri muncul, tentunya kita akan segera ingin mengetahui  bagaimana cara menghilangkan jerawat secara instan dan kini sudah banyak cara yang dilakukan oleh kaum hawa demi tampil cantik tanpa memikirkan dampak buruk dari kesehatan kulit.

Wajah yang berjerawat tidak diinginkan oleh semua orang terutama kaum wanita sehingga beragam cara perawatan wajah dilakukan

Wajah yang berjerawat tidak diinginkan oleh semua orang terutama kaum wanita sehingga beragam cara perawatan wajah dilakukan

Image Courtesy of imagerymajestic / FreeDigitalPhotos.net

Tidak heranlah untuk saat ini saja telah bermunculan berbagai jenis obat yang bisa mengupas tuntas tentang cara menghilangkan jerawat. Namun perlu kita ketahui di zaman sekarang sebaiknya kita banyak berhati-hati, karena krisisnya ekonomi dapat menyebabkan setiap orang melakukan hal-hal yang bisa meraup uang sebanyak-banyaknya tanpa melihat efek negatif yang akan terjadi. Tidak sedikit pun dari obat-obatan maupun krim sebagai cara menghilangkan jerawat memiliki efek samping berbahaya dan kemungkinan akan terjadi dalam jangka waktu yang lama. Maka sebelum saya memaparkan tentang cara menghilangkan jerawat, ada baiknya kita mengenal lebih detail definisi jerawat dan faktor penyebabnya serta tujuan kita mengatasi masalah tersebut.

Untuk definisi jerawat ternyata memiliki banyak makna, maka disini hanya peringkasannya saja. Jadi jerawat merupakan suatu keadaan yang bersifat umum, di mana pori-pori kulit menjadi tersumbat sehingga akan terbentuk kantung-kantung minyak dan mulai melekat serta terpadu bersama kotoran dan sel-sel kulit yang mati. Bakteri penyebab jerawat ini akan tumbuh berkembang di dalam paduan tersebut kemudian perlahan-lahan mengalami masa pertumbuhan. Apabila kondisi tersebut diacuhkan maka pori-pori yang telah tersumbat tadi akan membengkak dan terbentuk suatu timbunan nanah, kemudian jika permukaan kulit telah matang maka akan pecah dan mengeluarkan nanah.

Cara Menghilangkan Jerawat

Penggunaan kosmetik yang mengandung bahan kimia yang tinggi dapat berpotensi timbulnya jerawat, maka sebaiknya memperhatikan kandungan kosmetik sebelum memakainya

Image Courtesy of imagerymajestic / FreeDigitalPhotos.net

Mengenai keadaan kulit kita yang tidak normal sehingga yang menjadi penyebabnya pun dikarenakan adanya produksi dari kelenjar minyak secara berlebihan sehingga dapat menimbulkan penyumbatan pada saluran folikel rambut serta pori-pori kulit dan kondisi seperti ini juga dapat dijelaskan sebagai masalah jerawat. Biasanya daerah yang sering terserang yaitu pada daerah wajah. Dan ingatlah jangan sekali-kali memakai bahan kosmetik yang berbahan kimia tinggi. Karena hal tersebut dapat memicu munculnya jerawat. Keadaan seperti inilah yang kadang kita merasa kurang percaya diri dengan adanya jerawat di wajah kita. Sehingga biaya untuk menuntaskan masalah tersebut tak tanggung-tanggung kita keluarkan dengan banyak namun perlu dipahami bahwa jerawat itu sering balik lagi seiring dengan habisnya obat yang dipakai yang diberikan oleh dokter maupun salon –salon kecantikan yang kini sudah bisa memecahkan sedikit risiko jerawat yang sering terjadi.

Cara mengatasi timbulnya jerawat dari resep dokter atau salon kecantikan sering mengalami sedikit masalah, maka sebaiknya mengarah kepada perawatan secara alami

Cara menghilangkan jerawat dari resep dokter atau salon kecantikan sering mengalami sedikit masalah, maka sebaiknya mengarah kepada perawatan secara alami

Image Courtesy of Ambro/ FreeDigitalPhotos.net

Adapun tips cara menghilangkan jerawat secara alami, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

  • Tomat

Penggunaan buah alami ini dilakukan dengan cara melumatkannya. Setelah bahan terlihat hancur, taburi sedikit demi sedikit pada bagian wajah yang sedang berjerawat secara merata. Untuk cara menghilangkan jerawat dengan buah tomat senantiasa harus dilakukan setiap hari.

  • Madu

Pemakaian madu ini ternyata sangat baik menghilangkan jerawat. Caranya pun mudah sekali, hanya dengan mengolesnya pada wajah dan kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu cuci muka dengan air bersih secara merata. Madu ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan daerah berminyak yang penuh kotoran.

Madu sangat baik mengatasi timbulnya jerawat dan mudah sekali untuk mendapatkannya

Madu sangat baik mengatasi timbulnya jerawat dan mudah sekali untuk mendapatkannya

Image Courtesy of graur razvan ionut / FreeDigitalPhotos.net

  • Belimbing wuluh

Pemakaian bahan alami ini bisa menggunakan daun atau buah belimbing wuluhnya  dan jangan lupa dibersihkan terlebih dahulu setelah itu buah atau daunnya pun digiling sampai halus menjadi bubur. Dan oleskan atau tempelkan pada bagian yang sedang berjerawat.

  • Lengkuas

Penggunaan bahan alami ini diambil sekiranya seperti ibu jari anak-anak. Dibersihkan sebelumnya lalu digiling sampai menjadi halus dan setelah itu tambahkan sedikit minyak kelapa. Kemudian oleskan di kulit Anda yang sedang berjerawat.

Nah, itulah beberapa tips cara menghilangkan jerawat secara alami. Kemudian cara tersebut  dilakukan secara tekun agar terhindar dari penyebab timbulnya jerawat. Maka setelah kita mengetahui cara menghilangkan jerawat, tujuan dalam mengatasi jerawat juga perlu kita pahami sedetail mungkin, yaitu sebagai berikut :

  1. Mencegah jerawat yang muncul agar tidak kelihatan begitu parah atau timbulnya jaringan parut yang biasa kita mengenalnya dengan istilah bopeng.
  2. Mencegah terjadinya penyakit keloid yang menetap dan ini sungguh sulit diobati akibat adanya pengobatan yang salah. Maksud dari terjadinya keloid seperti penusukan jarum atau alat listrik yang tidak tepat pada wajah yang berjerawat.
  3. Mencegah timbulnya gangguan psikis manusia seperti malu, mudah tersinggung dan merasa rendah diri yang berdampak akibat ada keburukan pada wajah yang cenderung akan sering mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang bahkan kepribadian.

Sedangkan ada pula tips cara menghilangkan jerawat berdasarkan pola makan yang sehat dan  masalah jerawat tidak datang berulang lagi. Maka dari itulah dengan kebiasaan yang sehat ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri karena kulit wajah menjadi sehat dan alami.

Cara menghilangkan jerawat dengan membiasakan pola hidup sehat , yaitu :

1)    Banyak mengkonsumsi makanan yang berserat

Makanan berserat sudah pasti terkandung pada sayuran dan buah-buahan. Bukan hanya melancarkan organ pencernaan melainkan bisa membantu menjadikan kulit menjadi kencang dan segar serta bisa membantu membuang zat yang beracun serta lemak. Jadi jika keadaan kulit bermasalah dapat segera diatasi oleh makanan berserat karena bermanfaat dalam pengeluaran kotoran maupun zat racun.

Sayuran dan buah-buahan merupakan makanan yang sarat akan kandungan seratnya dan sangat baik dikonsumsi bagi wajah yang berjerawat

Sayuran dan buah-buahan merupakan makanan yang sarat akan kandungan seratnya dan sangat baik dikonsumsi bagi wajah yang berjerawat

Image Courtesy of supertrooper / FreeDigitalPhotos.net

2)    Istirahat secukupnya

Kebiasaan ini sering dianggap remeh padahal perlu kita ketahui bahwa proses regenerasi sel dalam tubuh terjadi saat kita beristirahat. Dengan beristirahat yang cukup ini dapat menekan munculnya stress yang cenderung bisa berjerawat. Ini merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat yang mudah dilakukan.

3)    Menghindari makanan yang berlemak

Makanan berlemak ini seperti santan, yoghurt, keju, coklat dan kacang-kacangan yang berpotensi menimbulkan jerawat.  Selain itu, makanan gorengan pula dapat memicu terjadinya jerawat pada wajah serta minuman seperti kopi pun perlu dihindari karena mengandung kafein yang bisa menimbulkan jerawat. Kebiasaan sehat tanpa mengkonsumsi makanan berlemak merupakan cara menghilangkan jerawat yang cenderung sulit diaplikasikan.

4)    Berolahraga secara teratur

Berolahraga yang baik dan rajin akan membantu tubuh kita dalam pembakaran lemak secara alami dan menstabilkan hormon sehingga hal ini dapat menghindari timbulnya masalah jerawat.

Itulah cara menghilangkan jerawat secara alami dan berpadu pada pola hidup sehat. Maka sebaiknya kita lebih menghidupkan kebiasaan-kebiasaan yang sehat dan menghindari segala pantangan yang berdampak akan kesehatan kulit. Oleh karena itulah, kita sebagai wanita harus memiliki prinsip secara baik untuk mengatur cara hidup menjadi lebih bermakna.

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi