Contoh Biodata Lengkap | Definisi dan Contoh Biodata Riwayat Hidup

Contoh Biodata Lengkap | Definisi dan Contoh Biodata Riwayat Hidup 4.53/5 (90.58%) 104 votes

Dalam artikel ini, penulis akan memberikan Definisi dan Contoh Biodata. Biodata adalah sebuah data yang berisi informasi mengenai seseorang terkait dengan dirinya. Biasanya ditulis agar orang lain yang membacanya mengetahui identitas yang bersangkutan. Seringkali dalam kehidupan kita biodata sangat dibutuhkan ketika kita melakukan pendaftaran atau melamar sebuah pekerjaan. Kemanapun dan dimanapun ketika kita akan mendaftar dan melamar pekerjaan pasti akan diminta mencamtumkan biodata diri yang kemudian dikirim atau diserahkan sebagai salah satu syarat.

Contoh Biodata

Dalam contoh biodata yang baik biasanya memiliki kelengkapan data yang cukup kompleks, walaupun sebenarnya informasi yang penting hanya sekedar nama, tanggal lahir, alamat dan nomor telpon saja. Namun, semakin kompleks isi biodata akan semakin baik dan tentunya memiliki nilai keakuratan yang tinggi.

Untuk penulisan biodata itu sendiri ada berbagai macam versi tergantung penulisan masing-masing yang menulisnya. Tidak ada format tetap yang mengharuskan ditulis seperti yang sudah ditentukan. Hanya saja pada umumnya isi biodata diantaranya seperti gambar di bawah ini.

Snap_2013.06.24_15h21m36s_001_Microsoft Word Document

Itu untuk penulisan biodata secara umum yang diisi sesuai dengan keadaan penulis biodata. Bisa dilihat bahwa ada tiga data, diantaranya data pribadi, keluarga dan pendidikan. Bagian data pribadi berisi informasi yang terkait dengan diri yang menulisnya. Kemudian data keluarga diisikan dengan tujuan memberikan informasi bahwa penulis biodata adalah anak dari orangtuanya juga sebagai informasi yang mewakili dari kartu keluarga. Sedangkan bagian pendidikan diisi untuk memberitahukan jenjang pendidikan yang sudah dan sedang dilalui. Selain contoh biodata di atas, adapula contoh biodata seperti di bawah ini.

Snap_2013.06.24_15h47m26s_002_Contoh Biodata Diri Terbaru dan Lengkap - INFO ASIK - Mozilla Firefox

image: Google.com

Model contoh biodata di atas ini biasanya ada di form pendaftaran. Format lebih rapih dimana isi dari biodata ditulis di dalam kotak yang sudah disediakan.

Nah dari dua contoh biodata di atas, biodata tokoh dan daftar riwayat hidup, biasanya jauh lebih kompleks. Untuk daftar riwayat hidup, penulisan lebih sedikit ringan dari biodata tokoh. Karena dalam daftar riwayat hidup biasanya hanya terdiri dari biodata umum dan rincian aktivitas dan pengalaman, baik pengalaman kerja maupun organisasi. Sedangkan biodata tokoh lebih padat dan jelas. Dalam biodata tokoh selain biodata secara umum  dijelaskan juga perjalanan tokoh dari awal hingga wafat. Adapun masing-masing contoh kedua biodata tersebut sebagai berikut:

Daftar Contoh Biodata dan Contoh Riwayat Hidup

Contoh Biodata dan Contoh Riwayat Hidup

daftar riwayat hidup
(klik untuk memperbesar)

Dari contoh di atas bisa kita lihat, bahwa biodata atau daftar riwayat hidup lebih kepada detail data pribadi, pendidikan, dan pengalaman sebagai penunjang dalam melamar pekerjaan.

Sedangkan biodata tokoh seperti di bawah ini:

Nama
Asma Zahidah
Kelahiran
Jakarta, 1 Jan 1994
Kewarganegaraan
Indonesia
Usia 19 tahun
Asal Jakarta
Anak ke- 1 dari 1
KARIR
2003 – 2006
Pelajar SDIT Al-Huda
2007 – 2009
Guru Privat Mengaji
2009 – sekarang
Fokus Kursus
PRESTASI
2006
Lulusan Terbaik
2009
Juara Nasional Karya Tulis Ilmiah
2010
Juara I Menulis Surat
2011
Juara III Asal-Asalan
2012
Juara II Ngarang-Ngarangan

Asma Zahidah yang dikenal dengan panggilan Asma adalah anak tunggal dari pasangan  atlet Hendra Setiawan dan Santiana Sansan. Lahir di Jakarta, 20 Januari 1994. Pada masa kecilnya Asma tinggal di Bandung selama dua tahun kemudian kembali ke tanah kelahirannya saat ia berusia dua tahun.

Semenjak Ayahnya tugas dinas ke luar negeri, Asma memulai karirnya di SDIT Al-Huda sebagai pelajar dalam lingkup islamiah. Selama di AL-Huda, Asma termasuk salah satu siswa yang berprestasi di kelasnya. Ia meraih juara 1 disetiap tingkat di sekolah dasar itu. Yang kemudian diakhir tahun ajaran ia keluar sebagai lsiswa lulusan terbaik dan terbukti lolos masuk ke jenjang berikutnya di sekolah negeri.
Sekolah Menengah Pertama nya adalah di SMP 97 Jakarta. Selama di sekolah ini Asma mencetak prestasi sebagai juara nasional menulis karya tulis ilmiah yang bertema Al-Qur’an pada tahun 2009. Yang kemudian pada tahun 2010 Asma kembali merebut gelar juara I sebagai penulis surat terbaik. Pada tahun-tahun di SMP Asma mengambil pekerjaan sambilan sebagai guru privat mengaji. Salah satu muridnya adalah blogger terkenal bernama Raditya Dika. Ia mengajar mengaji hanya selama 3 tahun dari  2007 sampai 2009 dikarenakan setelah lulus dia harus melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 50 Jakarta di daerah Cipinang, Jakarta Timur.
Lalu semenjak masuk ke SMA, Asma lebih fokus ke prestasinya akademiknya dan lulus dari SMA dengan hasil yang membanggakan.
(hanya sekedar contoh)

Itulah contoh-contoh biodata yang kita ketahui. Adapula berbagai versi lainnya yang bisa lebih banyak atau lebih sedikit isinya dari contoh di atas. Yang pasti, perlu disadari bahwa dalam mengisi biodata selain harus baik dan  benar juga harus bersifat jujur. Dengan sifat ini tentunya membuat biodata kita lebih baik lagi dan tentunya akurat.

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook3Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Hasan Asyari Arief