Definisi Manajemen

Definisi Manajemen 4.75/5 (95.00%) 169 votes

Kata manajemen mungkin sudah tidak asing untuk mendengarnya, Apalagi bagi mereka yang memiliki peran dalam mengontrol keadaan perusahaannya sendiri. Bahkan kini manajemen telah membawa di setiap sudut pandang sehingga banyak makna yang terkandung di dalamnya.

Untuk itulah artikel ini akan membahas mengenai definisi manajemen Manajemen merupakan proses dalam pencapaian tujuan yang senantiasa selalu bekerja bersama melalui orang sekitarnya dan sumber daya organisasi lainnya. Selain itu manajemen mengarahnya kepada sekelompok individu yang berhak menerima tanggung jawab di sebuah organisasi. Mereka pun akan merencanakan , mengatur, mengarahkan, serta mengawasi untuk semua kegiatan yang utama.

Manajemen tidak dapat melakukan pekerjaannya sendiri, mereka mendorong orang lain dalam melakukan pekerjaan dan saling berhubungan untuk semua pekerjaannya dalam mewujudkan tujuan organisasi. Maka dapat disimpulkan bahwa Definisi Manajemen merupakan seni yang tahap penyelesaiannya dalam pekerjaan dikaitkan melalui orang lain yang merujuk kepada hasil dan cenderung akan bersifat dinamis.

Definisi Manajemen

Definisi Manajemen

Definisi Manajemen

Adapun beberapa proses Definisi Manajemen yang akan dijelaskan yaitu sebagai berikut:

  • Perencanaan merupakan Definisi Manajemen yang berhubungan dengan upaya yang dilakukan dalam mengantisipasi kemungkinan di masa yang akan datang dan menentukan beberapa strategis yang tepat sasaran guna menciptakan tujuan organisasi.
  • Pengorganisasian merupakan sebuah proses manajemen yang menyangkut kepada kegunaan stategi dan taktik yang telah diformulasikan demi perencanaan yang diatur dan diolah untuk sebuah pola organisasi yang tepat dan penuh kendali serta tangguh , lingkungan organisasi yang mendukung, dan juga bisa memastikan dengan semua pihak di dalam organisasi bekerja secara maksimal demi pencapaian tujuan organisasi.
  • Pengarahan merupakan Definisi Manajemen yang berwujud pada aplikasi sebuah program guna untuk dapat dijalankan oleh semua pihak pada organisasi dan proses motivasi supaya seluruh jejeran pihak yang terlibat dapat menjalankan tanggung jawab penuh kesadaran dan sanggup berproduktivitas yang baik.
  • Pengendalian merupakan Definisi Manajemen untuk suatu bentuk kontrol yang dilakukan agar dapat memastikan beberapa serangkaian kegiatan yang telah direncanakan , dibentuk, dan diwujudkan (diaplikasikan) bisa terlaksana sesuai target dan beragam perubahan yang terjadi di lingkungan organisasi atau lingkungan bisnis yang ada.

 Jenis-jenis Manajemen

definisi manajemen

definisi manajemen

  • Manajemen Operasional

Merupakan suatu kegiatan manajemen yang berdasarkan fungsi dalam menghasilkan produk yang dapat menyesuaikan pada standar dengan bersifat kepada keinginan pihak konsumen , pada teknik produksi yang begitu efisien mungkin, serta dari pilihan-pilihan lokasi produksi hingga produksi akhir yang telah dihasilkan pada proses produksi.

  • Manajemen Keuangan

Merupakan kegiatan manajemen yang berkaitan dengan fungsi yang ditekankan pada titik yang berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan itu dapat menciptakan tujuan secara ekonomis yang dalam artian disini bahwa untuk mencapai tujuan yang berdasarkan pada profit. Proses ini sudah merencanakan dari mana pembiayaan bisnis dapat diperoleh dan bagaimana modal yang telah diperoleh tersebut bisa dialokasikan dengan tepat untuk kegiatan bisnisnya.

  • Manajemen Sumber Daya Manusia

Merupakan proses manajemen yang berdasarkan fungsinya ini guna untuk memperoleh sumber daya manusia yang paling baik bagi bisnis yang dijalankan dan melontarkan bagaimana sumber daya manusia ini yang paling baik dapat terpelihara dan bisa berkoordinasi dengan pihak yang terlibat pada kualitas pekerjaan yang memungkinkan dapat berada di posisiyang konstan ataupun bertambah dan berkurang.

  • Manajemen Pemasaran

Proses manajemen ini merupakan kegiatan yang berkaitan dengan fungsinya yang pokoknya berada dengan berusaha dalam mengelompokkan apakah yang sesungguhnya dibutuhkan oleh pihak konsumen dan bagaimana pula dapat diwujudkan proses pemenuhannya.

Yang menjadi sifat dan karakteristik utama pada manajemen adalah sebagai berikut :

1)      Penuh disiplin terhadap alam,

2)      Hasil ilmunya sungguh berseni dan penuh orientasi,

3)      Mendapatkan sesuatu yang bernilai melalui orang,

4)      Tidak pernah berakhir pada prosesnya,

5)      Mengikuti pada aturan yang telah ditetapkan,

6)    Dibantu akan tetapi tidak dapat digantikan dengan       komputer,

7)      Tidak perlu menjadi sebuah kepemilikan,

8)      Bersifat yang penuh situasi dan dinamis dengan alam,

9)      Sebuah kelompok (bukan kegiatan individu),

10)    Manajemen merupakan sebuah proses

Twitter0Facebook0Google+0Reddit0StumbleUpon0tumblr

Nurul Ismhi