Ekonomi Manajerial

Ekonomi Manajerial 4.95/5 (99.00%) 166 votes

Dalam Ekonomi Manajerial, tugas manager adalah membuat keputusan yang langsung berkaitan pada masalah bisnisnya. Masalah yang timbul pun pasti dihadapi oleh tiap manager mengenai kegiatan bisnisnya, sehingga suatu keputusan yang diambil akan cenderung pada pencapaian tujuan oleh perusahaan secara optimal.

Masalah-masalah yang dihadapi memiliki kesenjangan pada apa yang diharapkan oleh manager dengan kondisi di lapangan. Adapun masalah –masalah yang mungkin biasa terdapat di wajah seorang manager adalah sebagai berikut:

1)  Masalah investasi dan pendanaan,

2)  Masalah inventaris (tingkat persediaan),

3) Masalah produktivitas yang menurun , baik itu berkaitan pada pemilihan tekonologi     maupun keputusan pada teknik produksinya,

Ekonomi Manajerial

Ekonomi Manajerial

4) Masalah promosi dan pemilihan media (media cetak, media massa ataupun media elektronik)

5) Masalah penjualan yang menurun serta peningkatan harga maupun tingkat keluaran produknya,

6)   Masalah biaya produksi yang bertambah , baik mengenai pembuatan produk yang dibuat sendiri maupun pembelian dari pihak lain (pemasok),

Nah , masalah-masalah di atas akan segera terselesaikan dan teratasi bilamana pihak manager berhak memerlukan pengambilan suatu keputusan yang betul-betul efektif dalam artian bahwa sebuah keputusan yang optimal (paling baik). Yang dimaksud dengan keputusan optimal disini adalah memaksimalkan keuntungan (laba) dan meminimkan biaya ataupun tingkat risiko. Untuk mewujudkan keputusan optimal tersebut maka biasanya pihak manajer akan bergantung dengan informasi-informasi yang diperoleh langsung dari sebuah analisis data yang dikenal dengan sebutan data kuantitatif dan sebuah pengalaman atau intuisi bisnisnya. Dan pendekatan yang perlu digunakan oleh manager dalam penyelesaian masalah manajerialnya yaitu Ekonomi Manajerial.

Pengertian Ekonomi Manajerial

Ekonomi Manajerial merupakan sebuah studi yang menerapkan akan konsep dan teori dalam ilmu ekonomi serta teknik dalam menyelesaikan masalah manajerial secara maksimal. Ekonomi manajerial ini adalah penggabungan dari ilmu ekonomi dan ilmu pengambilan keputusan. Dalam artian mengenai ilmu keputusan adalah suatu ilmu yang digunakan berkaitan pada alat dan teknik analisis matematis, dugaan dengan adanya jumlah terinci, teori permainan dan teknik yang lebih optimal.

Ekonomi Manajerial merupakan aplikasi perangkat analisis ilmu keputusan dan teori ekonomi yang membahas akan suatu perusahaan dalam pencapaian tujuan dengan efektif. Penerapan ilmu ini mengarah pada implementasi teori ekonomi dan perangkat ilmu keputusan untuk segera mencari penyelesaian yang begitu optimal dalam masalah keputusan manajerialnya.

Beberapa proses yang dilalui berkaitan pada pengambilan keputusan yaitu sebagai berikut :

a)  Mencari dan menetapkan tujuan perusahaan,

b) Mencari maksud dan tujuan pada masalah yang dihadapi dan mendefinisikan masalah tersebut,

c)  Mengelompokkan beragam solusi,

d)  Mengambil pilihan dengan solusi yang terbaik dari yang tersedia,

e)  Mengaplikasikan keputusannya,

Maurice dan Thomas (1995) menyatakan bahwa adanya studi Ekonomi Manajerial ini akan segera membantu untuk jenjang karir pada bidang sebagai berikut :

  • Pemerintahan

Beberapa pekerjaan di bidang pemerintahan perlu mengharapkan adanya analisis ekonomi. Para ekonom di pemerintahan cenderung menganalisis dan meramalkan akan sebuah dampak dari perubahan kebijakan dan peraturan publik. Adanya pemahaman pada Ekonomi Manajerial ini bisa membantu dalam analisis tersebut.

  • Bisnis

Pada bisnis ini memerlukan akan sebuah pemahaman mengenai teori ekonomi, matematis yang begitu kuat, keterampilan statistik dan komunikasi yang efektif. Dengan ilmu ekonomi manajerial ini akan membantu untuk memahami beberapa teori ekonomi serta kemampuan dalam aplikasi alat kuantitatifnya mengenai pengambilan keputusan

  • Organisasi nirlaba

Yang dimaksud disini adalah termasuk pada badan-badan negara yang membutuhkan sebuah keterampilan analitik yang utama untuk memberikan pelayanan dan keputusan pubilk secara optimal serta yang berkualitas. Dengan demikian dibutuhkan adanya pemahaman pada studi Ekonomi Manajerial.

Perusahaan merupakan suatu organisasi dengan kombinasi beragam sumber daya guna pencapaian tujuan dalam memproduksi barang dan jasa untuk segera dijual. Perusahaan akan menuju suatu posisi dimana biaya-biaya dalam menyiapkan pelayanan tambahan dari dalam perusahaan untuk membeli layanan dari perusahaan lain. Yang menjadi fungsi dari perusahaan tersebut , perusahaan berfungsi untuk membeli sumber daya yang berupa tenaga kerja, modal, dan bahan mentah yang akan diubah menjadi barang jadi atau jasa yang akan segera diperdagangkan.

Kendala yang membatasi terjadi kemungkinan atas tindakan perusahaan dan membatasi nilai perusahaan ke tingkat lebih kecil daripada jikalau tak ada kendala sedikit pun. Maka ada beberapa kendala yang dihadapi oleh perusahaan adalah sebagai berikut :

a)  Adanya minim kemampuan dalam memiliki bahan mentah sebanyak yang diperlukan,

b)  Terbatasnya inventaris pada input yang utama misalnya pengambilan dan memilih tenaga ahli sebanyak mungkin pada waktu yang sedikit,

c)  Keterbatasan gudang, pabrik, dan dana modal pada suatu proyek,

d) Adanya hukum mengenai upah minimum, standar emisi polusi, standar keselamatan dan kesehatan, serta peraturan yang melarang adanya perusahaan untuk melakukan praktik bisnis dalam posisi kecurangan.

Kata Kunci Lainnya

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook6Share on Google+1Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi