Fungsi Bahasa Indonesia

Fungsi Bahasa Indonesia 4.79/5 (95.70%) 67 votes

Pada dasarnya, Fungsi Bahasa Indonesia digunakan sesuai dengan kebutuhan seseorang, yaitu menjadi sebuah perangkat untuk saling berkomunikasi, untuk mengekspresikan diri, serta melakukan suatu integrasi dan ikut serta dalam beradaptasi sosial di lingkungan.

Jadi, bahasa Indonesia merupakan alat mempersatukan bangsa Indonesia yang mempunyai banyak perbedaan mulai dari segi suku, ras, agama, adat istiadat dan budaya dimana memiliki bahasa daerah tersendiri untuk setiap perbedaan. Dengan demikian bahwa keberadaan Fungsi Bahasa Indonesia begitu penting bagi masyarakat Indonesia.

Bahasa Indonesia mempunyai dua peran yaitu sebagai bahasa negara dan bahasa nasional yang berdasarkan dengan Undang-Undang Dasar 1945.

Fungsi Bahasa Indonesia

Fungsi Bahasa Indonesia

Fungsi Bahasa Indonesia

  1. Sebagai lambang bagi kebangsaan negara;
  2. Sebagai lambang bagi identitas negara;
  3. Sebagai alat komunikasi antar daerah, warga, dan budaya;
  4. Sebagai alat pemersatu dari berbagai suku bangsa serta latar belakang sosial budaya yang berbeda.

Bahasa Indonesia digunakan sebagai alat pengembangan untuk kebudayaan nasional,teknologi dan ilmu pengetahuan. Fungsi Bahasa Indonesia pun berperan serta sebagai alat untuk bahasa media massa demi menopang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebenarnya bahasa Indonesia yang benar yaitu bahasa yang menggunakan dan menjelaskan kaidah secara konsisten. Sedangkan untuk bahasa yang baik yaitu bahasa yang memiliki posisi rasa yang begitu tepat dan berdasarkan dengan kondisi pemakaiannnya. Untuk penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dapat menimbulkan hasil pemikiran yang benar dan baik pula.

Fungsi Bahasa Indonesia

Fungsi Bahasa Indonesia

Dan ternyata Fungsi Bahasa Indonesia bukan hanya bernilai manfaat sebagai bahasa formal dan perantara saja , melainkan berperan sebagai sarana bagi pemersatu bangsa. Sebagai sarana pemersatu dan untuk melakukan interaksi sosial, maka bahasa Indonesia merupakan bahasa yang memiliki peranan vital guna menumbuhkan rasa persatuan antara masyarakat Indonesia. Pada dewasa ini, sebenarnya kita sering dihadapkan pada suatu masalah sosial. Perbedaan suku, golongan, ras maupun agama menjadi pemicu terjadinya sebuah pertikaian ataupun hanya karena ada kesalahpahaman semata.

Sehingga bahasa Indonesia yang digunakan sebagai alat pemersatu bangsa merupakan bentuk solusi yang cukup efektif dalam menyelesaikan masalah sosial untuk dewasa ini. Hal tersebut disebabkan karena bahasa Indonesia dapat digunakan sebagai kontrol sosial yang berdasarkan dengan Fungsi Bahasa Indonesia itu sendiri. Dalam hal ini, bahasa tersebut dapat menjadi alat yang dipergunakan sebagai usaha dalam mempengaruhi tindak tanduk dan tingkah laku orang lain karena bahasa tersebut memang memiliki dasar yang mampu mempengaruhi sikap seseorang serta adanya relasi dengan proses sosialisasi masyarakat.

Sebagai bahasa persatuan dan bahasa nasional bagi bangsa Indonesia, maka bahasa Indonesia pun memiliki kedudukan yang sangat utama dan begitu penting bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Sedangkan untuk Fungsi Bahasa Indonesia yaitu sebagai alat komunikasi sosial. Karena bahasa pada dasarnya telah menyatu pada kehidupan manusia. Beragam kegiatan manusia sebagai anggota masyarakat sangat bergantung terhadap penggunaan bahasa masyarakat. Baik gagasan, ide, pikiran, maupun harapan yang disampaikan melalui bahasa. Bahasa merupakan tanda yang sangat jelas bagi kepribadian manusia. Bahwa melalui bahasa tersebut yang digunakan oleh manusia, maka dapat segera mengetahui dan memahami karakter, motif, keinginan, latar belakang pendidikan, pergaulan, kehidupan sosial, serta terhadap adat istiadat manusia.

Menurut Sumiati Budiman menyatakan bahwa Fungsi Bahasa Indonesia ini dapat dibedakan sesuai dengan tujuannya, yaitu sebagai berikut :

1.  Fungsi kultural

Fungsi bahasa tersebut digunakan menjadi alat untuk menyebarkan, menyimpan, dan mengembangkan kebudayaan.

2. Fungsi praktis

Fungsi bahasa yang dipergunakan sebagai bentuk interaksi dan komunikasi antar anggota masyarakat dalam pergaulan hidup sehari-hari.

3. Fungsi artistik

Fungsi bahasa yang dipergunakan sebagai alat dalam menyampaikan rasa estetika (keindahan) manusia lewat sebuah seni sastra.

4. Fungsi edukatif

    Fungsi bahasa yang digunakan sebagai alat untuk mengembangkan dan menyampaikan ilmu pengetahuan dan teknologi.

5. Fungsi politik

Fungsi bahasa yang digunakan sebagai alat dalam mempusatkan bangsa serta menyelenggarakan administrasi pemerintahan.

Tanpa adanya bahasa kehidupan manusia maka akan begitu terasa hampa dan sungguh tidak berarti. Sehingga melalui peran bahasa ini, manusia bisa menjadikan dirinya sebagai manusia berilmu, berbudi pekerti, dan memiliki martabat tinggi. Lewat bahasa ini pun, manusia dapat berhubungan dan berinteraksi terhadap alam sekitar, terutama pada sesama manusia sebagai makhluk sosial. Dengan demikian manusia bisa memikirkan, mengatur, mengelola dan memberdayakan segala bentuk potensi yang dimiliki demi kepentingan kehidupan umat manusia menuju arah kesejahteraan yang bernilai adil dan makmur. Sekali lagi dapat dikatakan bahwa manusia untuk berkomunikasi tentunya harus turut memperhatikan dan menerapkan berbagai etika maupun moral. Hal tersebut dapat terwujud menjadi masyarakat yang madani serta selamat dunia dan akhirat. Tak ketinggalan pada bahasa ini pula dipergunakan sebagai alat untuk menyatakan ekspresi diri. Karena sebagai alat ekspresi diri, maka bahasa merupakan sarana dalam mengungkapkan tentang segala sesuatu yang ada pada diri seseorang, baik itu dalam bentuk pikiran, perasaan, gagasan, atau pun sebuah keinginan yang dimilikinya. Begitu juga bahasa itu sendiri dapat digunakan dalam menyatakan dan memperkenalkan berkenaan eksistensi diri seseorang terhadap orang lain dalam berbagai kondisi maupun tempat.

Kata Kunci Lainnya

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi