Fungsi Internet

Ketahuilah jika berbicara tentang internet memang telah zamannya. Di era globalisasi, ilmu pengetahuan dan teknologi sudah semakin modern sehingga masalah yang kian terjadi juga semakin kompleks. Maka dari itu artikel kali ini akan membahas mengenai fungsi internet itu sendiri. Salah satu alat sebagai penyedia informasi baik lokal maupun interlokal serta sebagai fasilitas untuk ajang promosi dan sebagai komunikasi merupakan fungsi internet. Selain itu, Internet kini telah menjadi alat penghubung dengan berbagai pihak berbagai lokasi di manca negara. Misalnya mengirim data atau surat dengan menggunakan email (Electronic Mail) dan fasilitas untuk mengobrol dalam internet atau melalui chatting.

Fungsi Internet dalam dunia bisnis yaitu digunakan untuk menghubungkan komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan,tanpa harus dipikirkan lokasi dan waktu. Saat ini banyak situs yang melakukan transaksi barang dan jasa lewat internet dan pastinya apabila ingin membeli barang tersebut harus menggunakan kartu kredit, jadi penjualan terjadi lewat internet. Ada banyak orang di manca negara sering berbelanja barang melalui internet. Akan tetapi Di Indonesia masih jarang yang melakukan pembelian lewat internet yang ada hanya penjualan, penyedia jasa dan penyedia informasi di mana informasi tersebut tentang pendidikan, berita atau yang lainnya.

Beberapa Fungsi Internet yang harus diketahui bersama dan khususnya bagi pelajar yang akan menunjang dan mendukung dalam proses kegiatan belajar. Internet memiliki  dampak yang positif dan negatif, selain itu pula internet tersebut dari semua aspek manapun yang terlibat di dalamnya memiliki  dampak positif dan negatif tetapi semua itu kembali pada diri kita masing-masing yaitu bagaimana memanfaatkannya dengan baik dan benar. Terpenting bagi kalangan awam atau orang-orang yang berada di pedalaman yang berpendapat bahwa di dalam dunia internet identik dengan hal-hal yang berbau negatif. Sehingga ini semakin mencuat adanya isu seperti itu bahkan kebanyakan para orang tua bersikap tegas dengan banyak melarang anak-anak mereka untuk mengakses dunia maya atau internet tersebut secara bebas.

Fungsi Internet

Fungsi Internet

Image Courtesy of  Salvatore Vuono / FreeDigitalPhotos.net

Fungsi Internet bagi pelajar

  1. Sebagai Sarana komunikasi
  2. Memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan
  3. Melatih para pelajar untuk mengetahui cara penggunaan komputer
  4. Sebagai sumber tambahan pelajar

Fungsi Internet bagi masyarakat

  1. Dengan adanya internet, para pengusaha maupun pegawai/ pekerja dapat mempermudah suatu pekerjaan.
  2. Internet mempunyai peranan besar dalam hal pergaulan sehingga dapat menjalin pertemanan serta saling bersosialisasi.
  3. Internet sebagai sumber informasi yang mengangkat tentang hal-hal apapun yang sangat bermanfaat dalam kehidupan masyarakat.
  4. Media internet merupakan media untuk berpromosi baik itu bisnis secara online maupun offline atau juga usaha yang dibuat dengan situs pribadi dan dikenal oleh banyak orang serta dapat pula dijalankan melalui media internet tersebut.
  5. Selain dari sisi para pebisnis, fungsi internet dapat digunakan oleh para konsumen yang tidak perlu repot keluar rumah dan ingin belanja barang-barang yang diinginkan lewat internet. Barang jualan online dapat dipesan kemudian bayar sesuai dengan kesepakatan setelah itu menunggu pesanan.

Pengguna Fungsi  Internet untuk kepentingan yang positif, seperti sebagai sarana bisnis dan komunikasi, mencari berbagai informasi mengenai pendidikan maupun info lainnya, menjalin pertemanan yang positif, dan masih banyak lagi Fungsi Internet  yang bisa kita dapatkan. Beberapa dampak positif dan dampak negatif dalam dunia internet dapat diketahui bersama sebagai berikut :

Dampak Positif dalam Fungsi internet

  1. Media untuk mencari data atau informasi, sumber informasi yang akurat dijadikan sebagai perkembangan internet yang pesat dan penting.
  2. Media untuk berkomunikasi dengan para pengguna di seluruh mancanegara.
  3. Media pertukaran data dengan cepat dan murah melalui email, jaringan situs web dan newsgroup.
  4. Mudah dalam berbisnis di bidang perdagangan.
  5. Dapat digunakan sebagai bahan informasi dalam bidang pendidikan, sosial budaya dan sebagainya.
  6. Mudah dalam memperoleh informasi yang terdapat di internet.

Dampak Negatif dalam Fungsi Internet

  1. Internet tidak luput adanya penipuan,
  2. Internet identik dengan hal-hal yang berbau pornografi,
  3. Internet menampilkan hal-hal yang tabu, dan
  4. Meluasnya situs perjudian di dalam jaringan internet,
Tweet about this on Twitter0Share on Facebook1Share on Google+1Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr0

Nurul Ismhi