Fungsi Komputer

Komputer menjadi alat primer dan sekunder bagi semua kalangan baik dunia perusahaan maupun pemerintahan. Kini komputer memiliki banyak variasi sehingga menjadi peluang bagi para pengusaha untuk mempromosikan barang-barang ilmu teknologi ini. Fungsi Komputer sangat dibutukan bagi setiap orang dan menjadi bagian terpenting dalam kehidupan manusia, karena dengan adanya komputer dapat melakukan berbagai aktivitas sehingga pekerjaan menjadi mudah dan waktu yang cepat. Selain itu, Fungsi Komputer tidak hanya digunakan oleh orang dewasa, tetapi kalangan anak-anak pun dapat menggunakannya. Anak-anak dapat menggunakan komputer dengan belajar maupun sambil bermain.

Pada era saat ini Fungsi Komputer sangat bermanfaat dalam bidang pendidikan maupun dunia kerja, dimana komputer itu sendiri memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia seperti menjalankan pekerjaan di sekolah maupun di tempat kerja dengan hasil pekerjaan yang cepat dan akurat atau komputer merupakan sarana penting untuk mempercepat dan mempermudah proses pekerjaan. Selain mempermudah suatu pekerjaan, Fungsi Komputer juga sebagai alat komunikasi dan hiburan, sarana informasi dan penyimpanan data.

Pada zaman dulu, kebanyakan orang tidak mengetahui dan mengerti akan bidang komputer itu sendiri sehingga sarana komputer tidak terlalu penting dalam dunia pendidikan. Selain itu, ilmu pengetahuan dan pendidikan lebih jelas diperoleh dari komputer melalui media internet dibandingkan dengan ilmu atau pelajaran di sekolah maupun di kampus. Ini sudah menjadi sebuah masalah akibat hidup di era moderenisasi yang kini semakin jelas bahwa komputer merupakan sebuah kebutuhan.

Fungsi Komputer

Fungsi Komputer

Image Courtesy of  Sujin Jetkasettakorn / FreeDigitalPhotos.net

Ada beberapa Fungsi Komputer, yaitu:

1. Sebagai sarana untuk komunikasi

Pada zaman dulu, telepon digunakan untuk berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita tetapi dengan Fungsi Komputer ini, kita dapat bicara dengan saudara atau teman melalui webcam atau skype. Menulis surat melalui email maupun chatting dan sebagainya juga dapat dijadikan alat komunikasi melalui internet.

2. Sebagai alat pendidikan

Pada zaman dulu, anak-anak di sekolah mendapatkan sumber informasi melalui koran, televisi, radio dan tempat kursus. Tetapi dengan menggunakan komputer akan terhubung melalui media internet sehingga memperoleh informasi dalam bidang ilmu pengetahuan maupun pendidikan.

3. Sebagai sarana dalam mempermudah dunia kerja

Dahulu mesin ketik digunakan untuk mengetik beberapa surat dan apabila terjadi kesalahan maka surat tersebut di ketik ulang kembali dan file dokumen yang telah diketik tidak dapat di edit kembali. Dengan menggunakan komputer, kita dapat mengetik beberapa surat setelah itu menyimpan dokumen tersebut.

4. Sebagai sarana informasi

Informasi yang kita butuhkan dapat diperoleh dengan menggunakan komputer, yaitu diantaranya : Mencari produk yang diinginkan melalui informasi produk, mencari lowongan kerja melalui informasi pekerjaan, mencari berita dalam maupun luar negeri melalui informasi berita, mencari tempat-tempat pendidikan melalui informasi pendidikan, mencari tempat-tempat hiburan melalui informasi hiburan, mencari tips kesehatan dan tempat pengobatan melalui informasi kesehatan, mencari peluang untuk membuka dunia usaha melalui informasi usaha, mengetahui keadaan cuaca melalui informasi cuaca dan sebagainya.

5. Sebagai sarana usaha

Komputer digunakan sebagai alat untuk melakukan banyak kegiatan usaha yang dapat mendatangkan pendapatan kita sehari-hari, yaitu diantaranya  : membuat warnet, membuat jasa website, membuat rental komputer, membuat buku online yang dapat dijual, membuat usaha percetakan, sablon, kursus komputer, membuat desain komputer, arsitektur dan grafis untuk periklanan, membuat usaha programer keuangan dan akuntansi dan lain sebagainya.

6. Sebagai sarana hiburan

Dahulu seperti televisi dan radio digunakan sebagai alat hiburan, sementara dengan komputer terdapat beragam fasilitas yang menghibur yaitu bermain game dengan menggunakan game online melalui internet, menonton video melalui media internet seperti youtube, menonton TV channel online dengan internet, mendengar music mp3 melalui internet dan berhubungan dengan teman maupun saudara melalui webcam maupun chating.

7. Sebagai sarana kesehatan

Pada zaman sekarang dengan teknologi yang canggih sesuai efektivitas dan efisiensinya, bidang kesehatan telah menggunakan alat kedokteran melalui aplikasi komputer yang biasa disebut dengan Ultra Sonografi atau USG.

8. Sebagai sarana keamanan

Dalam bidang keamanan, komputer digunakan sebagai bagian kepentingan suatu negara dalam menghadapi serangan dari luar dengan memperkuat pertahanan negara. Dengan mengendalikan komputer, suatu negara dapat menggunakan alat-alat yang canggih.

Itulah beberapa fungsi komputer yang dapat kita ketahui, semoga tulisan ini bermanfaat buat para pembaca.

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook6Share on Google+3Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi