Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari mengenai tingkah laku manusia yang membuat beberapa pilihan dengan menggunakan sumber terbatas serta adapun beberapa cara maupun pertimbangan yang baik itu guna memperoleh barang atau jasa sebagai alat pemuas kebutuhan manusia yang cenderung relatif tak terbatas. Barang dan jasa pun akan segera didistribusikan atau dialihkan sebagai konsumsi pada masa kini dan masa yang akan datang.

Bentuk Analisis Ilmu Ekonomi

  • Ekonomi Deskriptif adalah salah satu dari corak analisis Ilmu Ekonomi yang mendeskripsikan tentang keadaan yang secara nyata dalam wujud perekonomian. Dalam hal ini yang menjadi peran pokoknya yaitu sebagai pengumpul dan penyedia berbagai keterangan secara fakta yang relevansi mengenai masalah-masalah ekonomi.
  • Teori ekonomi disini menunjukkan untuk memberikan pandangan mengenai perilaku yang berhubungan dengan wujud pada kegiatan Ilmu Ekonomi serta berupa ramalan yang mempelajari tentang kejadian dan peristiwa jika suatu keadaan tersebut yang dipengaruhinya itu mengalami sedikit dan bahkan banyak mengalami perubahan. Yang menjadi tugas utama teori ekonomi adalah untuk memberikan sebuah ketidaknyataan dari kenyataan yang terjadi dalam suatu perekonomian dan kenyataan ini memiliki sifat yang kompleks , maka dari itu dibutuhkan suatu bentuk kesederhanaan dan keabstrakan yang dapat dilihat dan dituangkan dalam teori tersebut.
  • Ekonomi terapan biasa dikenal dengan sebutan ekonomi kebijakan, ekonomi ini dimaksudkan melalui pengambilan konsep-konsep dalam teori ekonomi dan mencoba dalam terapannya mengacu pada kebijakan ekonomi akan tetapi tetap saja memperhatikan data beserta faktanya oleh ekonomi deskritif.

Tujuan Kebijakan Ilmu Ekonomi, yaitu:

Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi

  1. Mewujudkan kecapaian dalam harga yang stabil
  2. Mengatasi berbagai masalah pengangguran
  3. Menciptakan pertumbuhan ekonomi yang pesat
  4. Menciptakan distribusi pendapatan yang stabil dan merata secara keseluruhan

Penggolongan pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian Indonesia , yaitu sebagai berikut:

ilmu ekonomi

ilmu ekonomi

1)      Rumah Tangga Produksi

Rumah tangga produksi ini disebut sebagai perusahaan, yang dimaknai sebagai tempat berlangsungnya suatu produksi dan juga merupakan bentuk organisasi yang didirikan untuk menghasilkan barang dan jasa yang memang dibutuhkan oleh masyarakat. Adapun yang menjadi peran perusahaan adalah sebagai berikut :

  1. Dari segi produsen yaitu untuk menghasilkan barang dan jasa
  2. Dari segi para pengguna faktor produksi yaitu untuk menggunakan faktor produksi.
  3. Dari segi mitra bagian pembangunan yaitu untuk membantu pemerintah dalam melakukan kegiatan pembangunan.

2)   Rumah Tangga Konsumsi

Ini merupakan bagian dari pelaku ekonomi yang terkecil. Rumah tangga konsumsi merupakan sang penyedia jasa. Faktor produksi ini dari rumah tangga yang akan dipakai untuk perusahaan dalam menghasilkan barang atau jasa. Penggunaan barang dan jasa yang telah digunakan oleh rumah tangga konsumsi ini diperoleh untuk memenuhi kebutuhan.

3)   Pemerintahan

Pada pihak ini merangkum tentang semua lembaga atau badan pemerintahan baik pusat maupun daerah yang mencakup tanggung jawab dan peran dalam mengatur perekonomian Indonesia. Pemerintah disini juga akan terus aktif untuk kegiata ekonomi yang berkenaan langsung pada perusahaan negara. Sebagai pelaku ekonomi maka yang menjadi perannya yaitu :

  • Sebagai aspek pengatur yaitu menjelaskan untuk mengatur segala bentuk perekonomian negara sehingga dapat menciptakan ekonomi yang stabil. Dengan demikian masyarakat tidak akan mengalami kerugian. Karena berperan sebagai pengatur maka terbagi menjadi dua bagian dalam perekonomian , yaitu Pengatur ekonomi secara langsung dan pengatur ekonomi secara tidak langsung.
  • Sebagai aspek konsumen bahwa ini menunjukkan sebagai bentuk dari pengguna kebutuhan akan barang dan jasa dalam menjalankan tugas.
  • Sebagai aspek produsen yaitu dengan menjelaskan sebagai penghasil barang atau jasa yang langsung melalui pada BUMN dan BUMD.
  • Sebagai aspek masyarakat luar negeri ini menunjukkan bahwa peranannya adalah untuk pertukaran tenaga kerja , sebagai bentuk perdagangan, penanaman modal dan juga sebagai pemberi pinjaman atau bantuan.
Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr0

Nurul Ismhi