Kegiatan Ekonomi

Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial karena tidak bisa hidup sendiri. Dengan demikian manusia hidup saling bergantungan dan membutuhkan bantuan dari orang lain.

Dalam Kegiatan Ekonomi, sebenarnya kebutuhan manusia sangat beraneka ragam. Adapun yang menjadi kebutuhan manusia itu antara lain yang dikenal dengan sebutan pangan, sandang dan papan. Di antaranya pun ada juga kebutuhan manusia misalnya kebutuhan kesehatan, pendidikan, sarana transportasi, hiburan dan sarana telekomunikasi. Dengan mengingat bahwa keadaan alam dari negeri Indonesia sangat berbeda. Ada yang pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi sehingga dapat mengakibatkan lapangan pekerjaan menjadi bermacam-macam yang sesuai dengan keadaan alam di suatu tempat.

Kegiatan Ekonomi

Kegiatan Ekonomi

Image Courtesy of digitalart / FreeDigitalPhotos.net

Dalam Kegiatan Ekonomi untuk kehidupan sehari-hari tidak dapat lepas dari proses produksi, distribusi dan konsumsi. Ketiganya pun saling berkoordinasi dan berkesinambungan serta saling melengkapi antara satu dengan lainnya.

Proses Kegiatan Ekonomi

1. Kegiatan Produksi

Produksi merupakan suatu Kegiatan Ekonomi yang menghasilkan barang dalam memenuhi kebutuhan manusia. Seseorang yang melakukan kegiatan produksi sering dikenal dengan sebutan produsen. Maka yang termasuk kegiatan produksi yaitu kerajinan, periklanan, dan industri. Sedangkan yang menjadi jenis produksi dari hasil olahan bahan teknologi adalah sebagai berikut :

  • Untuk jenis produk makanan , seperti tempe ,tahu, tape, terasi, selai dan sebagainya
  • Untuk jenis produk minuman, seperti minuman ringan atau sering disebut sortdrink, teh , sirup, minuman herbal, dan lainnya.
  • Untuk jenis produk dalam kebutuhan sehari-hari ,seperti minyak rambut, parfum, obat-obatan, sabun, dan lain-lain.

Kegiatan produksi bertujuan untuk memenuhi segala kebutuhan manusia dalam mewujudkan kesejahteraan dan juga secara khusus berguna jika dipandang dari segi kepentingan pihak produsen adalah untuk meningkatkan laba serta melindungi kesinambungan antara kehidupan perusahaan. Sedangkan segi kepentingan pihak konsumen adalah untuk menyiapkan atau menyediakan berbagai benda sebagai alat pemuas kebutuhan para konsumen

2. Kegiatan Distribusi

Distribusi merupakan suatu kegiatan penyaluran dan penyebaran hasil produksi kepada pihak konsumen. Di mana produk yang telah dihasilkan oleh produsen akan segera disalurkan kepada konsumen melalui sebuah mediator. Mediator atau orang yang akan menyalurkan hasil produksi ini ke pihak konsumen dikenal dengan sebutan distributor.
Tujuan kegiatan distribusi adalah untuk menyampaikan dan menyalurkan barang atau jasa dari suatu tempat produksi (produsen) ke tempat pemakai (konsumen). Sedangkan yang menjadi fungsi distribusi yaitu :

  • Menyalurkan barang dan jasa dari pihak produsen ke tangan konsumen.
  • Mempermudah atau memperlancar segala arus bentuk penyaluran barang atau jasa kepada pihak konsumen,

3. Kegiatan Konsumsi

Konsumsi merupakan kegiatan yang menghasilkan barang guna memenuhi dan melengkapi kebutuhan baik yang berupa barang maupun bentuk jasa. Konsumen adalah orang yang telah menggunakan hasil produksi di mana merekalah yang sudah memakai dan menghabiskan olahan dari berbagai hasil produksi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Contoh kegiatan konsumsi yaitu seperti kegiatan yang telah menggunakan bahan makanan untuk keperluan seharinya, kegiatan dalam penggunaan kendaraan, dan pakaian  yang dipakai oleh konsumen untuk menutup tubuh atau sekaligus sebagai bahan pokok untuk kebutuhannya serta rumah (bahan papan) yang ditempati sebagai perlindungan dari gangguan dalam atau dari luar. Kegiatan konsumsi ini tentu saja bertujuan untuk memenuhi dan melengkapi segala kebutuhan Kegiatan Ekonomi manusia. Sedangkan fungsi dari kegiatan konsumsi adalah memenuhi semua kebutuhan yang diperlukan oleh pihak konsumen dan menjaga serta melindungi segala kelangsungan hidup Kegiatan Ekonomi manusia.

Tweet about this on TwitterShare on Facebook18Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr0

Nurul Ismhi