Makanan Sehat Penting Bagi Tubuh

Makanan Sehat Penting Bagi Tubuh 4.77/5 (95.47%) 102 votes

Mendengar kata sehat maka tidak lain dan tidak bukan merupakan idaman setiap orang. Tubuh yang tampil sehat akan bisa melakukan berbagai aktivitas dengan penuh vitalitas. Sebenarnya untuk menjadi sehat saja itu kadang gampang kadang susah. Di dalam diri kita ini memiliki tuntutan untuk melakukan beberapa hal yang nampaknya sederhana akan tetapi secara realistiknya tidak begitu mudah, misalkan saja beristirahat yang cukup, memenuhi Makanan Sehat yang bergizi, dan rajin berolahraga. Kita perlu memahami bahwa tubuh juga harus berpantang dengan hal yang berbau ancaman bagi kesehatan kita.

Tubuh membutuhkan makanan yang sehat

Image Courtesy of stockimages / FreeDigitalPhotos.net

Makanan adalah suatu bahan yang sangat utama dan dibutuhkan setiap manusia. Hal ini berguna demi kelangsungan hidup. Sehingga Makanan Sehat memiliki fungsi yang penting dalam tubuh manusia dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari.

Fungsi Makanan Sehat

1)  Sebagai sumber energi

Asupan makanan sangat dibutuhkan oleh tubuh guna memperoleh energi. Sumber energi inilah yang membuat tubuh dapat melakukan banyak aktivitas dan sesuai apa yang diinginkan. Energi ini berasal dari pembakaran zat karbohidrat dan lemak. Kedua zat makanan tersebut merupakan bahan-bahan yang ada dalam tubuh. Sedangkan untuk pembakaran 1 gram karbohidrat bisa menghasilkan kalori sebanyak 4,1 dan pembakaran 1 gram lemak dapat menghasilkan 9,1 kalori. Maka dari itulah, semua dari zat makanan tersebut memiliki hubungan erat dalam membuat dan membantu tubuh bisa beraktivitas secara bebas serta berfungsi dengan baik.

2)  Sebagai pembangun tubuh

Zat-zat makanan yang terkandung pada tubuh difungsikan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan serta penggantian sel tubuh yang rusak. Di mana zat makanan yang berperan sebagai pembangun tubuh ini seperti protein dan beberapa mineral.

3)  Sebagai pelindung

Zat makanan yang berguna untuk menjaga keseimbangan pada proses metabolisme dan biologis dalam tubuh adalah vitamin, protein, air dan mineral. Contoh proses metabolisme itu seperti bagaimana cara pengatur kerja hormon dan pertumbuhan tulang, bagaimana cara mempengaruhi aktivitas jantung dan juga mengatur cara penghantaran impuls ke sel syaraf.

Zat makanan kaya karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi

Image Courtesy of  amenic181 / FreeDigitalPhotos.net

Unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu sebagai berikut :

a.    Oksigen

b.    Hidrogen

c.    Karbon

d.    Nitrogen

Pada unsur-unsur di atas ternyata masih banyak lagi unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun unsur-unsur yang sebelumnya terbilang sedikit akan tetapi memiliki fungsi yang utama bagi tubuh dan dapat berjalan sesuai fungsi kenormalannya serta tak dapat diganggu lagi. Unsur-unsur tersebut terkandung pada makanan yang memiliki peran dalam membantu dan menjalankan proses metabolisme dan tak lupa pula untuk membantu sebagai pertukaran zat yang ada.

Makanan Sehat

Tubuh manusia membutuhkan unsur-unsur penting seperti oksigen, hidrogen, karbon, dan nitrogen

Image Courtesy of  farconville / FreeDigitalPhotos.net

Konsumsi pada pola Makanan Sehat yang seimbang adalah sebuah anjuran serta perintah dasar yang bersifat ringan dan hakiki untuk semua orang. Dimana dalam asupan zat makanan yang bergizi akan menentukan beragam aspek kesehatan nutrisi pada setiap individu. Melihat perkembangan dalam makanan seimbang, maka hal itu merupakan penjelasan makanan-makanan yang memiliki kandungan gizi yang sesuai dengan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dapat diketahui bahwa dalam memahami terhadap kebutuhan asupan gizi untuk setiap orang jelaslah berbeda-beda tergantung dari terpautnya usia individu, dapat dilihat juga pada jenis kelamin dan mengenai kapasitas beraktivitas kesehariannya dan masih banyak lagi perbedaan yang bisa kita pahami.

Makanan yang berkecukupan merupakan makanan yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh pada kondisi dan usia tertentu. Maka untuk dapat memenuhi persyaratan pokok, senantiasa diperlukan dan diperhatikan juga cara memasak makanan, mengamati secara seksama mengenai suhu makanan pada saat disajikan, dan mengonsumsi bahan makanan yang mudah dicerna oleh tubuh kita sehingga penyerapan sari-sari makanannya dapat berfungsi secara normal.

Setiap orang di hamparan bumi ini membutuhkan makanan yang kaya gizi. Secara kenyataan bahwa usia remaja merupakan tahap dalam mengalami proses pertumbuhan. Mulai dari pertumbuhan fisik dan kemampuan berpikir. Kadang pula , manusia suka cuek terhadap asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh lewat makanan. Kemungkinan besar bahwa ada masalah pada kebiasaan yang terjadi di usia tersebut, contohnya saja mengemil makanan yang berkalori tinggi, mengkonsumsi fast food secara berlebihan, melewatkan atau mengacuhkan sarapan pagi dan melakukan diet sembarangan sehingga akan menimbulkan efek buruk bagi kebutuhan gizi manusia.

Makanan sehat mengandung gizi bermanfaat dan bebas mengandung zat-zat berbahaya

Image Courtesy of Rawich / FreeDigitalPhotos.net

Ada beberapa bahaya yang akan timbul apabila kita tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh, yaitu :

1. Mengalami kesulitan berpikir

2. Pertumbuhan fisik berjalan secara lambat

3. Kehilangan zat besi akibat menstruasi

4. Mengalami karies gigi jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat serta bisa pula berefek pada penyakit osteoporosis ketika tua nanti.

Apa yang kita makan itu sangat mempengaruhi kondisi kesehatan bagi tubuh. Mengonsumsi Makanan Sehat sudah pasti organ tubuh kita dapat menjalankan fungsinya dengan baik, Dan sebaliknya pula, makanan yang kita konsumsi dengan banyak mengandung lemak jenuh, gula, kolestrol dan kalori akan mengakibatkan berbagai penyakit yang bisa terdeteksi.


makanan seimbang harus mengandung zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin & mineral , lemak dan serat

Image Courtesy of KEKO64 / FreeDigitalPhotos.net

Jadi, Makanan Sehat merupakan makanan yang mengandung gizi bermanfaat oleh tubuh dan bebas mengandung zat-zat berbahaya. Zat berbahaya bisa meliputi bahan pengawet, pewarna, dan pemanis buatan. Makanan yang kandungan gizinya seimbang dan mengandung serat serta zat-zat yang diperlukan oleh tubuh guna sebagai proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Makanan Sehat bagi tubuh kita bertujuan untuk menjaga agar badan bisa tetap sehat dan tumbuh serta berkembang secara baik. Makanan yang sehat dan bergizi seimbang juga bukan berarti termasuk makanan yang enak dan mahal. Karena makanan sehat menurut ahli gizi mengandung empat macam makanan meliputi makanan pokok (nasi, gandum, sagu, dan sebagainya), lauk pauk (misalkan ikan, telur, tempe, tahu, daging ayam atau daging sapi dan lain-lainnya), sayur-sayuran dan buah.

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi