Makna Ekonomi

Kata dari Makna Ekonomi sudah menjadi bahan perbincangan dari segala bidang. Adapun yang dimaksud dengan ekonomi adalah salah satu ilmu sosial yang mencakup kegiatan manusia berkaitan dengan aspek produksi , distribusi dan konsumsi pada suatu barang dan jasa. Istilah “ekonomi” sendiri pun berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos berarti keluarga rumah tangga dan nomos berarti peraturan atau hukum.

Makna Ekonomi

 

Pada hakikatnya manusia itu sebagai makhluk sosial ekonomi yang selalu menghadapi masalah-masalah ekonomi. Inti dari Makna Ekonomi tersebut adalah sebuah kenyataan atau kebenaran bahwa kebutuhan manusia itu jumlahnya tidak terbatas sedangkan alat pengguna atau pemuas kebutuhan manusia jumlahnya sangat terbatas. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi sehingga jumlah kebutuhan manusia berbeda dengan yang lainnya , yaitu sebagai berikut:

Makna Ekonomi

Makna Ekonomi

  1. Faktor ekonomi
  2. Faktor lingkungan,
  3. Faktor sosial
  4. Faktor budaya
  5. Faktor fisik
  6. Faktor pendidikan dan moral

Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi disini diartikan sebagai tiap usaha manusia yang berdasarkan pada pilihan yang baik dan menguntungkan. Tindakan ekonomi terbagi menjadi dua aspek , yaitu sebagai berikut :

  1. Tindakan ekonomi bersifat rasional ( berlandaskan dengan kenyataan dan tentunya pilihan yang paling menguntungkan )
  2. Tindakan ekonomi yang bersifat irrasional ( berlandaskan dengan pilihan yang paling menguntungkan akan tetapi tidak pada kenyataannya )
Makna Ekonomi

Makna Ekonomi

Motif Ekonomi

Arti dari motif ekonomi yaitu suatu tujuan manusia sehingga manusia itu sendiri melakukan tindakan ekonomi. Sedangkan motif ekonomi ini terdiri atas dua bagian, yaitu :

  • Motif ekonomi intrinsik

Motif ini dikenal sebagai sebuah keinginan dalam melakukan tindakan ekonomi yang berdasarkan kemauannya.

  • Motif ekonomi ekstrinsik

Motif ini dikenal sebagai sebuah keinginan dalam melakukan tindakan ekonomi yang berdasarkan motivasi atau dorongan orang lain.

Secara prakteknya ada beberapa macam motif ekonomi, yaitu sebagai berikut :

  1. Motif memenuhi kebutuhan
  2. Motif memperoleh penghargaan dan keuntungan
  3. Motif memperoleh kekuasaan
  4. Motif membantu sesama manusia atau sering disebut motif sosial
Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi