Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan 4.95/5 (98.95%) 108 votes

Sebuah perusahaan memiliki tujuan yang jelas dalam mencapai keuntungan atau laba maksimal yang mengandung konsep bahwa perusahaan harus melakukan aktivitasnya secara efektif dan efisien. Tujuan perusahaan dalam Manajemen Keuangan adalah ingin memakmurkan pemilik perusahaan, dimana pemilik perusahaan merupakan seorang investor atau pihak yang menanamkan dananya di perusahaan.

Selain itu juga, tujuan perusahaan adalah memaksimalkan nilai perusahaan, dimana nilai perusahaan menunjukkan nilai aktiva yang dimiliki oleh perusahaan seperti saham perusahaan.

Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan

Image Courtesy of Vichaya Kiatying-Angsulee/ FreeDigitalPhotos.net

Manajemen Keuangan

Menurut Martono berpendapat bahwa tujuan perusahaan dapat dilihat secara menyeluruh. Tujuan perusahaan ada tiga macam, yaitu :

  1. Memperoleh laba yang maksimal untuk kemakmuran pemilik perusahaan
  2. Menjaga kelangsungan hidup perusahaan
  3. Mencapai kesejahteraan masyarakat sebagai tanggung jawab sosial perusahaan

Ketiga tujuan perusahaan ini saling mempengaruhi satu sama lain. Perusahaan yang didirikan diharapkan dapat hidup terus-menerus agar dapat mencapai laba yang sebesar-besarnya dan kelangsungan hidup perusahaan harus dijaga semaksimal mungkin agar memperoleh keuntungan yang maksimal. Perusahaan memperoleh laba yang tinggi dan kelangsungan hidup perusahaan dapat terjaga maka akan berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat yang berada dalam perusahaan maupun luar perusahaan. Dan hal inilah merupakan keunggulan manajemen dalam mengelola perusahaan yang sebagai tanggung jawab sosial perusahaan. Perusahaan harus menjalankan tujuan-tujuannya dengan baik, apakah dalam bidang keuangan, pemasaran, sumber daya manusia dan operasional. Keempat bidang ini, pelaksanaannya saling berkaitan dan memiliki peranan  dalam perusahaan.

Pengertian Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan dapat dikatakan sebagai pembelanjaan, pendanaan atau pembiayaan. Manajemen keuangan merupakan manajemen yang membahas tentang kegiatan perusahaan dalam memperoleh dana, menggunakan dana dan mengelola dana secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan perusahaan. Dalam manajemen keuangan, ada tiga fungsi keuangan yang terdiri atas keputusan investasi (Investment Decision) merupakan keputusan yang terdapat pada aktiva lancar dan aktiva tetap yang akan dikelola oleh perusahaan. Keputusan pendanaan (Financing Decision) merupakan keputusan yang membahas unsur-unsur dana yang terdapat pada pasiva terdiri dari hutang dan modal sendiri. Sedangkan keputusan pengelolaan asset (Assets Management Decision) merupakan keputusan yang membahas masalah-masalah yang terdapat pada aktiva lancar dan aktiva tetap.

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook14Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi