Manajemen Operasi

Manajemen Operasi 4.64/5 (92.88%) 155 votes

Manajemen Operasi sangat penting dipelajari karena kita dapat mengetahui bagaimana barang dan jasa dioperasikan, memahami apa saja yang dilakukan oleh seorang manajer operasi dan mengawasi sebuah organisasi dalam mengeluarkan biaya.

Manajemen Operasi merupakan fungsi utama dalam kelangsungan hidup sebuah organisasi dan berhubungan secara menyeluruh dengan fungsi bisnis lainnya. Semua jenis organisasi menjalankan tiga fungsi utama yaitu  pemasaran atau penjualan, produksi atau operasi dan keuangan. Dapat disimpulkan bahwa Manajemen Operasi (operation management) adalah segala kegiatan produksi yang berlangsung dalam organisasi yang menghasilkan nilai dengan mengubah input menjadi output.

manajemen operasi

manajemen operasi

Pengertian Manajemen Operasi

Manajemen Operasi merupakan ilmu yang kaya  dan menarik, dimana adanya peningkatan dalam kehidupan kita dan disiplin ilmu disebabkan inovasi dan kontribusi pemikiran banyak orang. Selain itu, ilmu Manajemen Operasi selalu ditujukan terhadap kondisi yang selalu berubah baik pendekatan maupun hasil dari keputusan manajemen operasi.

Ada  beberapa keputusan penting dalam manajemen operasi dengan menunjukkan bahwa setiap keputusan ini membutuhkan fungsi-fungsi dasar dalam proses manajemen (management process) yaitu penerapan perencanaan, pengorganisasian, pengaturan, pengarahan dan pengendalian.

Menurut Barry Render, ada sepuluh keputusan dalam strategi Manajemen Operasi yaitu :

  1. Perancangan produk dan jasa : produk dan jasa apa yang harus kita tawarkan?, bagaimana kita merancang produk-produk ini?
  2. Pengelolaan kualitas : bagaimana kita mendefinisikan  kualitas?, siapa yang bertanggung jawab dalam hal kualitas?
  3. Strategi proses : proses apa yang akan dibutuhkan oleh produk ini?, peralatan dan teknologi apa yang diperlukan oleh proses-proses ini?
  4. Strategi lokasi : bagaimana cara kita memilih tempat untuk fasilitasnya?, kriteria apa kita harus mengambil keputusan mengenai lokasi?
  5. Strategi tata letak : bagaimana kita menata fasilitasnya?, seberapa besar seharusnya fasilitasnya agar dapat memenuhi rencana kita?
  6. Sumber daya manusia : bagaimana kita menyediakan lingkungan kerja yang layak?, berapa banyak yang dapat kita harapkan dapat dihasilkan oleh para pegawai?
  7. Manajemen rantai pasokan : haruskah kita membuat komponen ini?, siapa para pemasok kita dan dapat menggabungkan semuanya ke dalam program e-commerce?
  8. Manajemen persediaan : berapakah persediaan dari setiap barang yang harus kita miliki?, kapan kita harus memesan ulang?
  9. Penjadwalan : apakah kita sebaiknya mengupah orang-orang tetap selama bisnis menurun?, pekerjaan apa yang akan kita lakukan selanjutnya?
  10. Perawatan : siapa yang bertanggung jawab dalam hal perawatan?, kapan kita melakukan perawatan?

Sepuluh keputusan kritis dari Manajemen Operasi ini merupakan aktivitas yang harus dilaksanakan oleh seorang manajer operasi. Kemampuan manajer operasi untuk mengambil keputusan baik dalam bidang-bidang ini dan mengalokasikan sumber daya yang efektif merupakan proses yang penting untuk mendapatkan operasi yang efisien. Dan juga Manajemen Operasi mempunyai kesempatan untuk mengisi posisi yang sesuai dalam semua bidang. Selain itu, manajemen operasi akan terus berkembang dengan adanya sumbangsih dari disiplin ilmu lainnya yang telah berkontribusi terhadap peningkatan produktivitas dan kemajuan manajemen operasi sehingga keputusan dalam manajemen operasi membutuhkan orang-orang yang ahli dalam ilmu manajemen, ilmu informatika dan ilmu pasti (biologi, kimia, fisika, anatomi).

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook1Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi