Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran 4.59/5 (91.83%) 126 votes

Manajemen Pemasaran terjadi apabila sekurang-kurangnya satu pihak dari pertukaran memikirkan cara untuk mendapatkan tanggapan dari pihak lain sesuai dengan yang dikehendaki.

Manajemen Pemasaran adalah proses yang melibatkan pada perencanaan, pelaksanaan, penetapan harga, promosi, penyaluran gagasan dan pengendalian yang tergantung  pada pertukaran barang dan jasa dengan tujuan menghasilkan kepuasan bagi pihak yang terlibat (individu dan organisasi).

Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran

Image Courtesy of KROMKRATHOG / FreeDigitalPhotos.net

Manajemen Pemasaran bertugas mempengaruhi tingkat, waktu dan komposisi permintaan dalam mencapai tujuan suatu organisasi. Manajemen Pemasaran yang sebenarnya adalah manajemen permintaan. Manajer pemasaran mengelola permintaan dengan melaksanakan riset pemasaran, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian. Dalam perencanaan pemasaran, pemasar harus memutuskan pasar sasaran, posisi produk dalam pasar, pengembangan produk, penetapan harga, saluran distribusi, komunikasi dan promosi.

Orientasi Manajemen Pemasaran

  • Produksi

Orientasi produksi berfokus pada kemampuan perusahaan yang melebihi dari keinginan dan kebutuhan pasar, dimana manajemen menilai sumber dayanya. Orientasi produksi tidak dijadikan masalah atau bahaya bagi suatu perusahaan dalam mengalami kegagalan tetapi apa yang telah diproduksi oleh perusahaan harus sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pasar. Perusahaan yang berorientasi pada produksi dapat hidup dan berkembang, perusahaan yang berhasil dalam persaingan pasar memiliki pemahaman  yang jelas bahwa harus menentukan terlebih dahulu apa yang diinginkan oleh konsumen kemudian memproduksinya.

Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran

  • Penjualan

Orientasi penjualan sama halnya dengan orientasi produksi yaitu masalah kurangnya pemahaman keinginan dan kebutuhan pasar. Perusahaan yang berorientasi pada penjualan sering ditemukan tetapi kualitas tenaga penjualan menjadi masalah. Orientasi penjualan didasarkan bahwa membeli barang dan jasa yang lebih baik dengan menggunakan teknik penjualan yang tinggi akan mendatangkan keuntungan yang tinggi pula.

  • Pasar

Orientasi pasar membutuhkan kepemimipinan manajemn puncak, berfokus pada konsumen, memahami pesaing dan mengkoordinasi fungsi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perusahaan mengimplementasikan konsep pemasaran dengan orientasi pasar, dimana konsep pemasaran menyatakan bahwa keberadaan sosial dan ekonomi suatu organisasi adalah memuaskan kebutuhan konsumen dan keinginan sesuai dengan sasaran perusahaan. Selain itu juga, berfokus pada kemampuan dan keinginan konsumen sehingga organisasi dapat membedakan produk-produk yang ditawarkan oleh para pesaing.

  • Sosial

Orientasi sosial menyatakan bahwa suatu organisasi tidak hanya memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen saja serta memenuhi tujuan organisasi tetapi melindungi atau meningkatkan kepentingan yang terbaik atas individu dan masyarakatnya dalam jangka panjang.

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi