Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia 4.68/5 (93.62%) 65 votes

Besar atau kecil suatu organisasi, tingkat efektivitas Manajemen Sumber Daya Manusia dipandang mempengaruhi kinerja organisasi. MSDM memiliki peranan besar bagi kesuksesan suatu organisasi dan telah mempengaruhi persaingan dari organisasi tersebut.

Manajemen Sumber Daya Manusia berhubungan pada sistem perancangan formal dalam organisasi untuk menentukan tingkat efektivitas dan efisiensi dapat dilihat pada kemampuan seseorang umtuk mewujudkan sasaran suatu organisasi. Dalam suatu organisasi, MSDM mencakup tentang perekrutan, kompensasi, pelatihan dan pengembangan.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia

Penelitian yang dilakukan oleh Hudson Institute telah menitikberatkan pada masalah-masalah penting yang menyangkut pada tenaga kerja.

Tantangan-tantangan Terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia

  1. Perekonomian dan perkembangan teknologi
  2. Ketersediaan dan kualitas tenaga kerja
  3. Kependudukan dengan masalah
  4. Restrukturisasi organisasi

Fokus utama dalam Manajemen Sumber Daya Manusia adalah memberikan kontribusi pada kesuksesan suatu organisasi. Hal yang penting untuk meningkatkan kinerja suatu organisasi adalah memastikan aktivitas Manajemen Sumber Daya Manusia mendukung usaha organisasi yang terfokus pada produktivitas (produktivitas tenaga kerja pada suatu organisasi dipengaruhi oleh usaha, program dan sistem manajemen), pelayanan (sumber daya manusia dipengaruhi pada proses produksi barang dan jasa, karena itu manajemen sumber daya manusia harus dilibatkan pada perancangan proses operasional) dan kualitas (kualitas barang dan jasa sangat mempengaruhi kesuksesan jangka panjang organisasi).

Untuk mencapai sasaran suatu organisasi, Manajemen Sumber Daya Manusia harus memiliki aktivitas-aktivitas yang terkait satu sama lain tetapi kinerja  aktivitas sumber daya manusia harus dalam konteks organisasi. Selain itu juga, sumber daya manusia harus menimbang faktor-faktor lingkungan seperti hukum, ekonomi, sosial, budaya dan teknologi informasi. Faktor lingkungan inilah penting dalam melakukan suatu aktivitas sumber daya manusia lintas internasional.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia

Aktivitas Manajemen Sumber Daya Manusia

  • Perencanaan dan analisis sumber daya manusia
  • Kesetaraan kesempatan bekerja
  • Perekrutan atau staffing
  • Pengembangan sumber daya manusia
  • Kompensasi dan keuntungan
  • Kesehatan, keselamatan dan keamanan
  • Hubungan tenaga kerja dan buruh
Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi