Menu Makanan Yang Kaya Nutrisi

Menu Makanan Yang Kaya Nutrisi 4.63/5 (92.51%) 114 votes

Artikel kali ini akan membahas tentang menu makanan yang akan mencakup mengenai menu makanan sehat dan bergizi. Oleh karena itu, makanan yang dikonsumsi mesti bergizi dan sehat tentunya. Karena dengan tubuh yang tetap sehat dan bertenaga berarti dilandaskan dengan asupan makanan sehat pula. Saat ini kebanyakan orang tidak mengamati dengan baik berkenaan dengan kandungan gizi pada makanan yang dikonsumsi. Bahkan banyak sekali makanan dicampur dengan berbagai zat-zat kimia yang sangat berbahaya dan berisiko menganggu kesehatan tubuh kita. Jadi itulah mengapa kita  harus melihat dan mengamati seperti apakah makanan sehat dan layak untuk dikonsumsi.

Makanan yang sehat akan menciptakan tubuh yang sehat pula

Makanan yang sehat akan menciptakan tubuh yang sehat pula

Image Courtesy of Piyachok Thawornmat / FreeDigitalPhotos.net

Tak ketinggalan dari deretan beberapa masakan nusantara pun banyak mayarakat bergelut untuk mencicipinya mulai dari gulai kambing, ayam goreng kecap wijen atau ayam bakar bumbu rujak, ikan bawal bakar bumbu rica-rica, mie ayam, iga goreng berkuah dengan beragam rasa misalnya rasa barbeque, sayuran urap khas Bali dan sebagainya yang tak bisa dipaparkan lagi mengenai masakan nusantara  khas dan sungguh digemari. Itulah contoh beberapa masakan nusantara yang terkenal dan memang banyak orang mengonsumsinya karena rasa yang begitu nikmat dan lezat. Selain itu, kita mengetahui bahwa makanan tersebut mengandung gizi yang sangat terjamin dan cenderung baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan jikalau makanan nusantara dibuat sendiri, sistem kesehatan dapat terjamin pula mulai kebersihan pengolahannya maupun saat mulai memasaknya menjadi masakan yang akan dihidangkan.

ikan merupakan salah satu olahan masakan nusantara yang tentunya sangat menyehatkan dan bergizi

ikan merupakan salah satu olahan masakan nusantara yang tentunya sangat menyehatkan dan bergizi

Image Courtesy of  Matt Banks / FreeDigitalPhotos.net

Menu makanan sehat disini diartikan sebagai menu yang tiap hari memiliki kandungan berupa bahan nabati serta serat alami misalnya sayur-sayuran, buah – buahan serta beberapa makanan lainnya. Memang untuk sebagian dari kita menganggap bahwa semua makanan itu sama saja halnya dengan menu makanan yang lain. Namun perlu dipahami jika saja kita beranggapan seperti itu maka sudah salah besar, karena makanan sehat merupakan makanan higienis dan alami pada saat mengolahnya serta mengandung beberapa nutrisi nabati maupun hewani serta kandungan serat alami lainnya yang dibutuhkan untuk tubuh.

Menu makanan sehat yang dikonsumsi setiap hari

1.   Sayuran Hijau

Sayuran yang berwarna hijau sudah jelas begitu penting buat kesehatan tubuh. Sayuran ini mengandung berbagai vitamin misalnya vitamin A dan C serta nutrisi lainnya. Menu makanan ini lebih baik dikonsumsi saat malam hari sebelum tidur supaya asupan makanan esoknya akan seimbang.

2.   Buah – buahan

Buah-buahan adalah salah satu makanan yang begitu penting karena selain mengandung banyak nutrisi, buah-buahan ini pun sungguh sehat dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Buah-buahan termasuk menu makanan diet yang baik dikonsumsi dalam penurunan berat badan sekaligus membentuk badan ideal.

Mengkonsumsi buah-buahan merupakan salah satu menu makanan yang sehat karena mengandung banyak vitamin

Mengkonsumsi buah-buahan merupakan salah satu menu makanan yang sehat karena mengandung banyak vitamin

Image Courtesy of  John Kasawa / FreeDigitalPhotos.net

3.   Seafood

Makanan ini kaya akan nutrisi proteinnya sehingga sangat baik bagi perkembangan anak-anak. Seafood merupakan salah satu menu makanan yang mengandung zat omega-3 dan juga termasuk dalam golongan makanan terbaik untuk pertumbuhan otak seperti udang.

Udang adalah salah satu makanan seafood yang tinggi zat omega-3 dan sangat baik buat pertumbuhan otak anak

Udang adalah salah satu makanan seafood yang tinggi zat omega-3 dan sangat baik buat pertumbuhan otak anak

Image Courtesy of uigi diamanti / FreeDigitalPhotos.net

4.   Susu

Minum susu pada pagi hari akan bisa mengontrol kekuatan berupa stamina tubuh serta menguatkan tulang-tulang kita. Dapat diketahui bahwa untuk semua menu makanan yang berproduk susu mengandung kalsium sehingga sangat dianjurkan meminumnya sebelum melakukan aktivitas terutama bagi anak sekolahan atau para pekerja yang rutinitasnya lumayan banyak karena minuman ini baik bagi tulang.

5.   Telur

Telur ini kaya mengandung zat protein dan berperan penting dalam penguatan otot – otot serta membantu untuk pertumbuhan rambut yang bisa menghasilkan rambut yang sehat dan kuat. Menu makanan ini lebih sehat dan cocok bagi para pekerja yang aktif dalam kegiatannya.

Kita memperoleh makanan yang bergizi dengan porsi yang cukup dengan diimbangi oleh asupan nutrisi. Sehingga apabila kita mengkonsumsi makanan sehat, tubuh akan tampil segar bugar dan tidak mudah lemas. Sedangkan makanan 4 sehat 5 sempurna dapat dikatakan sebagai menu makanan yang telah memenuhi segala kebutuhan zat-zat makanan atau nutrisi oleh tubuh. Menu makanan tersebut mencakup kandungan yang berupa zat karbohidrat, vitamin, protein, mineral, dan lemak tak jenuh yang sekiranya sesuai bagi asupan kebutuhan untuk tubuh.

Namun sekarang menu makanan 4 sehat 5 sempurna sudah tidak tepat diaplikasikan. Hal ini disebabkan karena dikatakan secara tegas bahwa makanan jenis ini telah dinilai tidak terlalu mencapai spesifikasi. Selain itu pula karena adanya tingkat kebutuhan gizi yang mempunyai perbedaan untuk setiap usia yaitu bagi usia balita dengan usia dewasa. Begitu pula dengan kebutuhan gizi bagi balita yang jauh berbeda halnya dengan kebutuhan gizi bagi ibu hamil itu sendiri. Sedangkan pada dasarnya menu makanan 4 sehat 5 sempurna ini hanya cukup menjelaskan zat-zat yang terkandung secara umum saja tanpa adanya penjelasan rincian tentang berapa jumlah kandungan yang dibutuhkan oleh tiap-tiap usia.

Apabila pola makan kita hanya dapat mengacu pada susunan menu makanan yaitu menjadi 4 kelompok saja tanpa perlu untuk mempertimbangkan apakah jenis zat gizi tersebut telah sesuai pada kebutuhan, maka hal ini berarti pola makan kita dianggap menjadi tidak sehat. Sedangkan pada tiap kelompok umur pasti mempunyai kebutuhannya sendiri, contohnya ialah kebutuhan gizi terhadap ibu hamil dengan orang dewasa tentu berbeda dalam hal ini. Demikian pula jauh lebih pentingnya kebutuhan gizi bagi kelompok lanjut usia. Umur yang memasuki usia masa tua sangat rentan terhadap penyakit maka dari itu perlu memperhatikan dengan baik bagaimana asupan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh beserta kandungan nutrisi yang tidak berisiko terhadap kondisi kesehatan.

Bahan makanan yang alami dan seimbang akan memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh

Bahan makanan yang alami dan seimbang akan memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh

Image Courtesy of sailorr / FreeDigitalPhotos.net

Menurut penelitian dari pakar kesehatan dan gizi bahwa apabila seseorang rutin berolahraga tentunya bisa makan yang agak lumayan lebih banyak daripada orang kurang aktif dalam kesehariannya. Setiap orang membutuhkan makanan beraneka ragam. Jadi bukan hanya kita turut memperhatikan dari segi gizinya saja melainkan bisa mempertimbangkan adanya beragam faktor dari luar makanan tersebut yang berpengaruh  untuk kesehatan misalnya segi kebersihan makanan ataukah yang berkaitan pada pola hidup sehat lainnya yang kadang kala tidak sesuai dengan anjuran yang benar.

Pola menu makanan sehat dan bergizi

  • Makan dengan makanan yang memiliki nutrisi sehat dan alami
  • Menghindari dan membatasi makanan yang mengandung lemak agar tidak rentan terhadap penyakit obesitas
  • Jangan lupa memakai garam yang beryodium guna menghindari risiko penyakit
  • Membiasakan untuk sarapan pagi, karena akan membantu untuk mensuplai energi
  • Rajin minum air putih dan memperhatikan pula aspek kebersihan
  • Rajin berolahraga atau beraktivitas fisik lainnya yang teratur
  • Menghindari minuman beralkohol rendah maupun tinggi serta sudah semestinya kita bisa melakukan diet soft drink karena tidak begitu menyehatkan bagi tubuh kita.
  • Makanlah yang aman bagi kesehatan seperti halnya dengan makanan junk food sangat perlu dibatasi dan cukup mengkonsumsinya sekali dalam sebulan
  • Perhatikan secara teliti label makanan yang dikemas atau makanan instan lainnya. Label mengenai kandungan gizi yang termuat dalam makanan tersebut. Jika tidak sehat bagi tubuh sebaiknya untuk tidak mengkonsumsinya.

Oleh karena itu kini saatnya kita bersikap bijak dan tegas dalam memilih menu makanan sehat demi menunjang kesehatan pribadi dan tak ketinggalan pula bagi keluarga tercinta. Jadi ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan  mengimplementasikan pola hidup sehat.

Semoga senang membaca tulisan ini dan menginspirasi bagi kehidupan Anda.

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi