Pengertian Global Warming

Tentunya istilah global warming sudah tak asing lagi Anda mendengarnya namun mungkin sebagian besar ada yang belum mengetahui tentang global warming. Baiklah artikel kali ini akan menerangkan mengenai Pengertian Global Warming atau disebut sebagai pemanasan global. Kita ketahui bahwa kini planet bumi terus mengalami peningkatan suhu yang sangat mengkhawatirkan dari tahun ke tahun.

Selain itu, kita semakin menyadari bahwa makin banyaknya bencana dan fenomena alam yang cenderung tidak dapat dikontrol yang dimulai dari kejadian alam seperti banjir, tanah longsor, puting beliung, hingga curah hujan yang tidak begitu menentu dari tahun ke tahun. Jadi dapat dikatakan bahwa ini merupakan tanda-tanda alam yang menunjukkan bahwa planet bumi sedang mengalami suatu proses kerusakan yang kemungkinan akan menuju dampak kehancuran. Secara singkat, Pengertian Global Warming atau pemanansan global adalah peningkatan suhu dengan rata-rata permukaan bumi.

Pengertian Global Warming beserta penyebabnya

Penelitian yang sudah dilakukan oleh beberapa ahli ini menunjukkan bahwa ternyata semakin panasnya bumi kita terkait langsung terhadap gas-gas rumah kaca yang dihasilkan dari kegiatan manusia. Untuk tiap tahun sekali, ribuan para ahli dan peneliti-peneliti yang terbaik di dunia tergabung dalam IPCC ( International Panel on Climate Change ) dan mereka mengadakan pertemuan untuk saling mendiskusikan tentang penemuan-penemuan terbaru yang langsung berhubungan pada pemanasan global serta menarik sebuah kesimpulan dari laporan, kemudian penemuan baru yang telah berhasil itu dikumpulkan dan akan membuat otorisasi untuk menangani beberapa solusi dari masalah tersebut . Salah satu hal yang mereka temukan yaitu ada beberapa jenis gas rumah kaca yang bertanggung jawab secara langsung kepada pemanasan yang dialami ternyata manusia sendirilah yang menjadi kontributor paling utama dari terciptanya gas-gas rumah kaca ini.

Pengertian Global Warming

Pengertian Global Warming

Images courtesy of Mapichai / FreeDigitalPhotos.net

Pengertian Global Warming merupakan sebuah fenomena alam di mana suhu planet bumi yang secara bertahap semakin memanas hingga mencapai titik yang mengganggu adanya keseimbangan global. Maka penyebab utama dari kejadian ini ialah meningkatnya karbon dioksida yang diperoleh dari  hasil terhadap mesin pabrik dan kendaraan bermotor, pembakaran sampah, dan sebagainya. Sedangkan untuk hutan dan pohon-pohon yang bisa menyerap karbon dioksida terus berkurang yang diakibatkan oleh penebangan hutan secara liar dari kegiatan manusia yang kurang pengawasan dari pemerintah. Selain itu global warming ini dapat menyebabkan terjadinya pergeseran cuaca. Sehingga hal ini akan mengubah pola cuaca di seluruh dunia dan menyebabkan kekeringan di berbagai daerah serta banjir pun akan terjadi seiringnya pergantian waktu untuk tempat yang lain, seperti halnya yang sekarang kita rasakan. Penyebab dari Pengertian Global Warming juga adanya es di kutub mencair menjadi lebih cepat. Dan hal ini bisa membanjiri garis pantai di dunia dan juga akan menurunkan salinitas lautan serta mengganggu arus laut yang berguna untuk mengatur suhu di seluruh dunia sehingga akan mengakibatkan perubahan drastis pada iklim setempat.

Akibat dari Pengertian Global Warming terjadi terhadap beberapa efek yang tentunya kita tidak ingin masalah tersebut menjadi lebih parah. Maka setiap orang di dunai ini dapat membantu untuk mencegah terjadinya pemanasan global. Jadi saat ada perubahan terkecil yang kita buat dalam hidup, maka akan dapat membantu secara signifikan mencari solusi terhadap masalah serius ini.

Pada Pengertian Global Warming, ada beberapa cara yang mudah kita lakukan untuk mengurangi terjadinya peristiwa tersebut, yaitu :

1. Padamkan listrik sesuai kebutuhan

Apabila kita telah atau tidak lagi memakai alat listrik, maka jangan sesekali meninggalkan alat elektronik dalam keadaan standby. Jadi tindakan kita semestinya segera mencabut beberapa alat-alat listrik seperti charger telepon genggam dari stop kontak. Meskipun listrik tak mengeluarkan emisi karbon, pembangkit listrik dari PLN menggunakan bahan bakar fosil untuk penyumbang besar emisi.

2. Mengganti bohlam lampu

Lebih baik kita yang semula menggunakan bohlam lampu yang menguras banyak listrik, maka beralihlah pada bohlam lampu yang sejenis CFL dan sesuai dengan daya listrik. Walaupun harganya cukup mahal, namun jenis lampu tersebut lumayan lebih hemat listrik dan bersifat awet.

3. Membersihkan lampu

Senantiasa cara ini dianggap biasa, namun perlu diketahui bahwa debu dapat mengurangi tingkat penerangan hingga mencapai 5%.

4. Mengatur suhu AC jika memang ada

Sebaiknya ruangan yang ber-AC memperhatikan seluruh keadaan ruangan, mulai dari penutupan pintu dan jendela selama AC menyala serta mengatur suhu yang sejuk secukupnya sekitar 21-24 derajat celcius.

5. Menanam pohon

Langkah ini sungguh diperlukan bagi kita yaitu dengan menanam berbagai pohon dan tanaman hijau di lingkungan sekitar. Hal ini merupakan salah satu cara yang baik untuk hidup menuju go green dan tanpa adanya polusi udara yang dapat terhindar dari zat emisi karbon dioksida.

6. Menjemur pakaian di luar

Cara ini dilakukan karena angin dan panas matahari itu lebih baik daripada kita memakai mesin yang banyak mengeluarkan zat emisi karbon.

7. Tidak sering memakai bahan-bahan yang terbuat dari plastik atau dapat dikenal dengan sebutan Say no to plastic. Karena hampir semua sampah plastik itu menghasilkan gas yang berbahaya ketika dibakar. Namun bisa juga diantisipasi pada penggunaan plastik yaitu membantu mengumpulkannya untuk didaur ulang kembali.

8. Cara yang terakhir ini dan merupakan langkah yang begitu tepat ialah menyebarkan berita mengenai hal-hal untuk mencegah terjadinya pemanasan global kepada orang-orang di sekitar, agar mereka turut berperan serta menyelamatkan bumi.

Dalam Pengertian Global Warming, ada beberapa pencegahan yang terdapat dalam sisi minuman dan makanan, yaitu :

1. Membatasi mengkonsumsi daging

Hidup secara vegetarian merupakan langkah yang terbaik. Karena berdasarkan penelitian, dalam menghasilkan 1 kg daging, sumber daya yang dihabiskan itu hampir sama dengan 15 kg gandum. Jadi coba dibayangkan bagaimana kita dapat menyelamatkan bumi dari kekurangan pangan apabila hidup kita ini sebagai vegetarian.

2. Masak dan makanlah makanan yang berasal dari bahan yang masih segar.

Dalam menghindari makanan yang telah diolah atau makanan instan itu akan bisa menurunkan energi yang terbuang sehingga berdampak pada sebuah proses dan transportasi yang berulang kali. Maka mengenai makanan yang sungguh segar itu jauh lebih sehat dan baik bagi tubuh kita daripada makanan yang dikemas seperti banyak yang dijual di supermarket.

3. Membeli produl lokal

Dapat diketahui bahwa hasil pertanian lokal memiliki harga yang murah dan sangat menghemat energi, terutama dari segi perhitungan energi dan biaya transportasi. Sedangkan untuk makanan organik lebih bersifat ramah lingkungan, namun tetap diperiksa juga asalnya. Apabila diimpor dari daerah lain, makan ini cenderung mengandung emisi karbon yang lebih besar hasilnya daripada manfaatnya.

7. Menghindari makanan yang berbau fast food

Kita ketahui bahwa fast food merupakan makanan sampah yang terbesar di dunia. Mengenai makanan ini juga sangat berdampak buruk kesehatan Anda. Akan tetapi boleh mengkonsumsinya sekali saja asalkan diimbangi dengan kegiatan fisik yang bermanfaat seperti olahraga.

Tweet about this on TwitterShare on Facebook5Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr0

Nurul Isma