Pengertian HAM

Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) secara umum

Hak asasi berasal dari Tuhan Yang Maha Esa dan diberikan kepada tiap-tiap manusia. Namun, hak asasi sering kali dilanggar oleh manusia untuk mempertahankan hak pribadinya. Pengertian HAM berawal dari keyakinan manusia itu sendiri yang mana semua manusia selaku makhluk ciptaan Tuhan merupakan sama dan sederajat. Manusia mempunyai martabat dan hak-hak yang sama. Oleh karena itulah, manusia harus diperlakukan dengan adil dan beradab. Pada kesempatan kali, artikel ini akan membahas tentang Pengertian HAM atau Hak Asasi Manusia.

Pengertian HAM adalah hak-hak yang dimiliki pada setiap manusia dimulai sejak awal dilahirkan dan berlaku sepanjang hidup dan tidak dapat dipisahkan oleh siapa pun. Karena itu, kita sebagai warga negara yang baik seharusnya hak asasi diakui oleh semua orang dan menjunjung tinggi nilai hak asasi manusia tanpa adanya perbedaan berdasarkan atas agama, suku, ras, golongan, status, jabatan, keturunan dan sebagainya yang dapat dikatakan sebagai hak asasi manusia bersifat universal.

Seseorang yang melanggar HAM bertentangan pada hukum yang berlaku di Indonesia. Hak asasi manusia mempunyai tempat perkumpulan yang mengurus berbagai masalah tentang hak asasi manusia yakni Komnas HAM. Di Indonesia, kasus pelanggaran HAM masih banyak yang belum tuntas atau terselesaikan sehingga diharapkan perkembangan dunia HAM di Indonesia dapat terwujud lebih baik lagi. Dalam Pengertian HAM, terdapat macam-macam ataupun jenis hak asasi manusia.

Pengertian HAM

Gambar diambil dari apapengertianahli.com

Secara umum, hak-hak asasi manusia dapat digolongkan menjadi enam macam yaitu sebagai berikut :

  1. Hak Asasi Hukum meliputi hak mendapatkan perlindungan dan layanan hokum, hak mendapatkan perlakuan yang sama dalam pemerintahan dan hukum dan hak untuk menjadi pegawai negeri sipil.
  2. Hak Asasi Pribadi meliputi hak kebebasan memilih dan aktif di organisasi, hak kebebasan untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan sesuai keyakinan masing-masing, hak kebebasan untuk bepergian, bergerak dan berpindah tempat dan hak kebebasan untuk menyatakan pendapat.
  3. Hak Asasi Sosial Budaya meliputi hak mendapatkan pengajaran, hak untuk mengembangkan budaya yang sesuai dengan minat maupun bakat dan hak untuk memilih, menentukan dan mendapatkan pendidikan.
  4. Hak Asasi Peradilan meliputi hak persamaan atas perlakuan penangkapan, penggeledahan, penyelidikan dan penahanan di mata hukum dan hak untuk mendapatkan pembelaan hukum di pengadilan.
  5. Hak Asasi Politik meliputi hak untuk membuat dan mengajukan suatu usulan petisi, hak untuk memilih dan dipilih dalam suatu pemilihan, hak untuk ikut serta dalam kegiatan pemerintahan dan hak membuat dan mendirikan partai politik serta organisasi politik lainnya.
  6. Hak Asasi Ekonomi meliputi hak kebebasan untuk memiliki susuatu, hak untuk mendapatkan dan memiliki pekerjaan yang layak, hak kebebasan melakukan kegiatan jual beli, hak kebebasan mengadakan perjanjian kontrak dan hak kebebasan menyelenggarakan sewa-menyewa, hutang-piutang dan lain sebagainya.
Pengertian HAM

Gambar diambil dari anime230798.blogspot.com

Secara khusus, hak asasi manusia memiliki ciri-ciri yakni sebagai berikut :

  1. Universal (menyeluruh) yang berarti hak asasi manusia berlaku untuk semua orang tanpa memandang gender, status, suku bangsa atau perbedaan lainnya. Kesamaan merupakan salah satu dari ide-ide hak asasi manusia yang bersifat mendasar.
  2. Tidak dapat dibagi yang berarti semua orang berhak untuk mendapatkan semua hak baik itu hak ekonomi, hak sosial dan budaya serta hak sipil dan politik.
  3. Tidak dapat dicabut yang berarti hak asasi manusia tidak dapat diserahkan atau dihilangkan.
  4. Hakiki yang berarti hak asasi manusia merupakan hak asasi semua umat manusia yang sudah ada sejak lahir.

Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) Menurut Para Ahli yaitu sebagai berikut :

  1. Koentjoro Poerbopranoto menyatakan bahwa Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) adalah suatu hak yang bersifat mendasar atau asasi. Hak-hak yang dimiliki pada setiap manusia tersebut dengan berdasarkan kodratnya yang pada hakikatnya tidak akan dapat dipisahkan sehingga bersifat suci.
  2. Haar Tilar menyatakan bahwa Pengertian HAM adalah hak-hak yang sudah ada atau melekat pada setiap manusia dan juga tanpa mempunyai hak-hak itu maka pada setiap manusia itu tidak dapat hidup selayaknya manusia serta hak ini didapatkan sejak lahir ke dalam dunia.
  3. Peter R. Baehr menyatakan bahwa Pengertian HAM adalah hak dasar yang bersifat mutlak dan harus dimiliki pada tiap insan untuk perkembangan dirinya tersebut.
  4. Mahfudz M.D. menyatakan bahwa Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) adalah hak yang sudah ada dan melekat pada martabat setiap manusia , dimana hak ini sudah dibawa sejak lahir ke dalam dunia sehingga pada dasarnya hak ini bersifat kodrati.
  5. John Locke menyatakan bahwa Pengertian HAM adalah hak-hak yang secara langsung diberikan Tuhan Yang Maha Esa pada setiap manusia sebagai hak yang kodrati. Oleh karena itu , tidak ada kekuatan pada dunia ini yang dapat mencabutnya. Selain itu, hak asasi manusia tersebut bersifat fundamental atau mendasar bagi setiap kehidupan manusia serta pada hakikatnya sangat suci.
  6. Miriam Budiarjo menyatakan bahwa Pengertian HAM adalah hak yang dimiliki pada setiap orang yang dibawa sejak lahir ke dunia dan bersifat menyeluruh dikarenakan dimiliki tidak dengan adanya perbedaan agama , suku, budaya, ras, kelamin dan lain-lain.
  7. Austin-Ranney menyatakan bahwa Pengertian HAM adalah ruang kebebasan individu yang dirumuskan secara jelas dalam konstitusi dan dijamin pelaksanaannya oleh pemerintah.
  8. Muladi menyatakan bahwa Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) adalah segala hak dasar atau hak pokok yang sudah melekat pada diri manusia di dalam kehidupannya.
  9. Oemar Seno Adji menyatakan bahwa Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) adalah hak yang melekat pada martabat manusia sebagai insan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang sifatnya tidak boleh dilanggar oleh siapapun.
  10. Dalam Undang-Undang No 39 Tahun 1999 menyatakan bahwa Pengertian HAM adalah seperangkat hak yang sudah ada pada diri manusia yakni sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dimana hak ini merupakan anugerah yang wajib untuk dihargai oleh setiap orang untuk dapat melindungi harkat serta martabat manusia.

 

 

Tweet about this on TwitterShare on Facebook7Share on Google+2Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr0

Nurul Isma