Pengertian Ilmu

Menurut bahasa, arti kata ilmu berasal dari bahasa Arab (ilm), bahasa Latin (science) yang berarti tahu atau mengetahui atau memahami. Sedangkan menurut istilah, ilmu adalah pengetahuan yang sistematis atau ilmiah. Perbedaan ilmu dan pengetahuan yaitu : Secara umum, Pengertian Ilmu merupakan kumpulan proses kegiatan terhadap suatu kondisi dengan menggunakan berbagai cara, alat, prosedur dan metode ilmiah lainnya guna menghasilkan pengetahuan ilmiah yang analisis, objektif, empiris, sistematis dan verifikatif. Sedangkan pengetahuan (knowledge ) merupakan kumpulan fakta yang meliputi bahan dasar dari suatu ilmu, sehingga pengetahuan belum bisa disebut sebagai ilmu, tetapi ilmu pasti merupakan pengetahuan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pengertian Ilmu diartikan sebagai pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara sistematis menurut metode ilmiah tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan kondisi tertentu dalam bidang pengetahuan. Sedangkan  dalam Wikipedia Indonesia, Pengertian Ilmu/ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menemukan, menyelidiki dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai bentuk kenyataan dalam alam manusia.

Pengertian Ilmu

Pengertian Ilmu

Image Courtesy of  renjith krishnan / FreeDigitalPhotos.net

Beberapa ahli telah menuliskan Pengertian Ilmu, yaitu sebagai berikut :

1. Karl Pearson

Ilmu merupakan keterangan yang konsisten dan komprehensif tentang fakta pengalaman dengan istilah yang sederhana.

2. Ralp Ross dan Ernest Van Den Haag

Ilmu merupakan umum, rasional, empiris dan sistematik serta serentak.

3. Afanasyef

Ilmu merupakan pengetahuan manusia yang meliputi masyarakat, pikiran dan alam. Selain itu, ilmu mencerminkan alam dan kategori, konsep-konsep dan hukum-hukum, dimana kebenaran dan ketetapannya diuji dengan pengalaman yang praktis.

4. Ashely Montagu

Ilmu merupakan pengetahuan disusun dalam satu sistem yang berasal dari studi, pengamatan dan percobaan untuk menentukan dasar prinsip tentang hal yang sedang dikaji.

5. John G. Kemeny

Ilmu merupakan semua pengetahuan yang dikumpulkan dengan menggunakan metode ilmiah. Dari pernyataan tersebut dapat dikatakan bahwa ilmu merupakan produk atau hasil dari sebuah proses yang dibuat dengan menggunakan metode ilmiah sebagai suatu prosedur/cara.

6. The Liang Gie

Ilmu merupakan suatu rangkaian kegiatan manusia yang bersifat rasional dan kognitif dengan metode berupa prosedur dan langkah sehingga menghasilkan kumpulan pengetahuan yang sistematis mengenai gejala alam, masyarakat, atau keorangan guna mencapai kebenaran. memperoleh pemahaman dan memberikan penjelasan.

7. Shapere

Pengertian Ilmu mencakup adanya rasionalitas, generalisasi dan sistematisasi.

8. Schulz

Pengertian Ilmu mencakup logika, adanya interpretasi subjektif dan konsistensi dengan realitas sosial.

 

Dalam Pengertian Ilmu, ada lima sifat ilmiah sebagai syarat-syarat ilmu yaitu antara lain :

  1. Sistematis. Ilmu harus memiliki keterkaitan dan terumuskan dalam hubungan yang logis dan teratur sehingga suatu sistem akan membentuk secara utuh, terpadu , menyeluruh dan mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat yang menyangkut objeknya.
  2. Objektif. Ilmu harus memiliki objek kajian yang meliputi golongan masalah yang sama dengan sifat hakikatnya, tampak dari luar maupun bentuknya dari dalam. Kajian objeknya bersifat ada atau mungkin ada karena masih harus diuji keberadaannya (bukan hasil prasangka/dugaan).
  3. Analisis/metodis. Secara umum, metodis diartikan sebagai metode tertentu yang digunakan dan merujuk pada metode ilmiah atau upaya yang dilakukan untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya penyimpangan yang bertujuan mencari kebenaran ilmiah.
  4. Universal. Ilmu bersifat umum atau kebenaran yang hendak dicapai.
  5. Empiris. Ilmu hasil percobaan atau panca indera.

Dalam Pengertian Ilmu, terdapat beberapa bidang-bidang keilmuan yaitu :

  1. Ilmu ekonomi  adalah ilmu tentang distribusi, konsumsi dan produksi barang, serta berbagai masalah yang bersangkutan seperti pembiayaan, keuangan dan tenaga kerja.
  2. Ilmu ekonomi makro adalah ilmu ekonomi yang meliputi peranan dan perkembangan unsur ekonomi secara keseluruhan seperti pendapatan nasional, pengaruh pengeluaran pemerintah, jumlah uang yang beredar dan indeks harga.
  3. Ilmu ekonomi mikro adalah ilmu ekonomi  yang meliputi perilaku subjek dan barang ekonomi secara individual seperti hubungan dengan perkembangan harga barang, tingkat gaji/penghasilan, faktor ekonomi dan laba perusahaan.
  4. Ilmu administrasi adalah ilmu tentang berbagai hasil pengalaman yang berhubungan dengan masalah pemerintahan (negara maupun swasta)
  5. Ilmu anatomi adalah ilmu yang meliputi organisme manusia, tumbuhan ataupun binatang untuk mencapai susunan dan fungsi bagian-bagiannya.
  6. Ilmu faal adalah ilmu pengetahuan tentang gejala hidup pada alat tubuh manusia seperti alat pernapasan, peredaran darah, jasad bintang dan tumbuhan (fisiologi).
  7. Ilmu bedah adalah ilmu pengetahuan tentang mengoperasi atau membedah bagian tubuh.
  8. Ilmu aqidah adalah ilmu pengetahuan tentang kepercayaan dan keyakinan.
  9. Ilmu agama adalah ilmu pengetahuan tentang ajaran agama.
  10. Ilmu fiqih adalah ilmu pengetahuan tentang kewajiban yang diperintahkan dalam agama islam.
  11. Ilmu gizi adalah ilmu pengetahuan tentang bagaimana cara memanfaatkan makanan untuk kepentingan kesehatan tubuh manusia.
  12. Ilmu hukum adalah ilmu yang meliputi norma kehidupan masyarakat, aturan dan adat istiadat yang dibuat oleh pemimpin dalam suatu masyarakat.
  13. Ilmu iklim adalah ilmu pengetahuan tentang keadaan cuaca (klimatologi).
  14. Ilmu eksakta adalah ilmu yang berdasarkan kecermatan dan ketetapan dalam metode analisis dan penelitian.
  15. Ilmu bisnis adalah ilmu dalam berjual beli (perdagangan).
Tweet about this on TwitterShare on Facebook25Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr0

Nurul Ismhi