Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer 4.61/5 (92.24%) 150 votes

Pengertian Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komputer dan perangkat jaringan lainnya yang saling terhubung dan didesain dengan menggunakan protokol komunikasi agar dapat bekerja bersama-sama dalam mencapai tujuan dan manfaat utama.

Secara sederhana, Pengertian Jaringan Komputer didefinisikan sebagai dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain sehingga dapat berkomunikasi/berinteraksi dengan komputer lainnya, mengakses informasi, dapat bertukar data untuk menggunakan sumber daya secara bersama-sama dan juga memberikan maupun menerima layanan yang digunakan pada seluruh jaringan komputer.

Selain itu,  jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu jaringan tersentralisasi yang merupakan jaringan komputer yang metodenya memiliki perbedaan baik server maupun client. Komputer server adalah pusat jaringan komputer yang tersentralisasi.

Sedangkan jaringan terdistribusi merupakan jaringan komputer yang metodenya dilakukan oleh semua perangkat komputer di dalamnya. Pada Pengertian Jaringan komputer memiliki peranan penting dalam mengumpulkan beberapa perangkat komputer dalam suatu organisasi. Banyak pula manfaat yang dapat diperolah apabila suatu perusahaan merangkai sebuah jaringan komputer. Jaringan komputer ini banyak digunakan oleh perusahaan untuk keperluan dalam berbagi sebuah informasi.

Pengertian Jaringan Komputer menurut beberapa ahli

  • Madcoms

Jaringan komputer adalah kumpulan dari beberapa komputer dan peralatan penunjang lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan dan saling terkoneksi.

  • Melwin Syafrizal

Jaringan komputer adalah kumpulan interkoneksi antara dua komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel.

  • Techi Wire House

Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang terhubung.

  • Izaas El Said

Jaringan komputer adalah sebuah sistem dimana komputer yang terhubung untuk berbagi informasi dan sumber daya.

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Image Courtesy of jscreationzs / FreeDigitalPhotos.net

Dalam mencapai tujuan bersama, setiap bagian dalam sebuah jaringan komputer bisa menerima dan memberikan layanan, yang biasa disebut sebagai desain jaringan komputer client-server. Dalam mendesain sebuah jaringan komputer maka harus ada lebih dari satu komputer dan perangkat jaringan sesuai yang dibutuhkan.

Secara luas, internet merupakan jaringan komputer global yang memiliki cakupan yang besar, dimana dengan layanan internet maka jaringan komputer dapat browsing, menerima dan mengirim email, berbagi link ke internet global dunia dan lain sebagainya.  Perkembangan dalam dunia teknologi akan semakin cepat dalam berbagai hal lainnya, dimana tujuannya untuk meningkatkan produktivitas manusia dan memudahkan dalam bekerja dan kegiatan lainnya yang memungkinkan menggunakan sarana tersebut. Jaringan komputer muncul dari rangkaian komputer lebih dari satu dengan dihubungkan dan disertai perangkat penunjang lainnya yang mampu memberikan keuntungan yang sangat banyak bagi manusia.

Jaringan komputer memiliki manfaat yang utama yaitu internet yang bersifat mendunia , karena pada dasarnya internet itu  sendiri  adalah serangkaian  komputer yang menghubungkan  satu sama lain. Dari waktu ke waktu sangat berkembang, sehingga membentuk satu jaringan komputer yang kompleks. Pada Pengertian Jaringan Komputer, terdapat beberapa manfaatnya yaitu:

  1. Mampu memberikan akses informasi yang up to date, handal dan cepat.
  2. Mampu berkomunikasi secara efektif ataupun bertransaksi lebih efisien.
  3. Membantu dalam mengakses sebuah informasi yang terpadu.
  4. Menghemat biaya pemeliharaan dan pengembangan.
  5. Dapat menjaga keamanan data lebih terjamin.
  6. Mudah dalam pertukaran data antar komputer dalam sebuah jaringan.
  7. Berbagi manajemen sumber daya yang lebih efisien.
  8. Dapat sharing program, data maupun perangkat komputer.
  9. Sistem komputer menjadi fleksibel dan lebih mudah dioperasikan.

Jaringan komputer dengan berbagai manfaatnya sangat membantu dan mempermudah bekerja dalam suatu perusahaan. Namun demikian, tidak di sadari dari awal terdapat juga beberapa kerugian. Berikut ini beberapa kerugian dari Pengertian Jaringan Komputer yaitu  :

  1. Manajemen dalam administrasi sistem dan perangkat keras (hardware).
  2. Masalah dalam keamanan jaringan yaitu aplikasi virus dan metode hacking.
  3. Pengaturan pada sharing file atau folder yang tidak diinginkan.
  4. Pembiayaan yang semakin tinggi.

Dalam Pengertian Jaringan Komputer, terbagi atas empat jenis yaitu antara lain :

1. Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauan

  • Metropolitan Area Network (MAN)

Jenis jaringan ini memberikan layanan hingga wilayah yang luas dan mampu mentransfer data dengan kecepatan yang sangat tinggi. Pada dasarnya, MAN merupakan kumpulan LAN yang berjarak dan berukuran lebih besar.

  • Wide Area Network (WAN)

Jenis jaringan ini memberikan layanan lebih luas dibandingkan dengan MAN. Jaringan ini dapat menghubungkan suatu wilayah sampai negara lain. WAN ini merupakan rangkaian beberapa LAN yang terdapat di beberapa lokasi sehingga dibutuhkan sebuah device untuk menghubungkannya yang biasa disebut sebagai router.

  • Local Area Network (LAN)

Jenis jaringan ini sering ditemukan di kampus, perkantoran dan warnet. Jaringan ini dapat menghubungkan lebih dari dua komputer di ruangan terbatas (jarak dekat) hingga beberapa KM saja. Jaringan ini meliputi printer, komputer dan perangkat lainnya.

2. Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan media transmisi

  • Jaringan nirkabel (Wireless Network)

Jaringan ini menggunakan gelombang elektromagnetik dalam setiap kiriman sinyal informasinya, namun tidak menggunakan media kabel dalam menghubungkan setiap komputer.

  • Jaringan berkabel ( Wired Network)

Jaringan ini mengunakan media kabel sebagai alat penghubungnya pada setiap komputer dalam jaringannya.

3. Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan fungsi

  • Peer-to-Peer

Jenis jaringan ini merupakan jaringan komputer yang setiap hostnya dapat dijadikan sebagai client secara bersamaan atau sebagai server.

  • Client-Server

Jenis jaringan ini merupakan jaringan komputer yang dikhususkan sebagai client dan server, dimana layanannya dapat diberikan pada satu atau lebih komputer.

4. Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan topologi

  • Topologi Mesh
  • Topologi Linier
  • Topologi Bus
  • Topologi Ring
  • Topologi Tree
Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi