Pengertian Kebudayaan

Rate this post

Artikel ini akan menerangkan tentang Pengertian kebudayaan. Sebelum mengetahui seluk beluknya yang berkenaan dengan kebudayaan, maka coba kita perhatikan arti kata budaya menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), budaya diartikan sebagai akal budi, pikiran atau adat-istiadat. Jadi jika dikatakan menurut tata bahasa, arti dari kebudayaan ini diturunkan dari makna kata budaya dan cenderung mengarah kepada pola pikir manusia. Sehingga Pengertian Kebudayaan sendiri adalah sebagai segala sesuatu yang berkaitan pada akal atau pikiran manusia serta bisa pula menunjuk terhadap perilaku, pola pikir dan karya fisik untuk sekelompok manusia.

Pengertian Kebudayaan

Sedangkan Pengertian Kebudayaan menurut Koentjaraningrat yang sebagaimana telah dikutip oleh Budiono K yaitu menegaskan bahwa, “menurut antropologi, kebudayaan ialah seluruh sistem gagasan, rasa, tindakan dan karya yang dihasilkan oleh manusia dalam kehidupan masyarakat, yang dijadikan miliknya dengan belajar”. Maka berdasarkan pengertian tersebut ini berarti bahwa ada pewarisan budaya-budaya leluhur lewat sebuah proses pendidikan.

Budaya dan kebudayaan sudah ada ketika manusia berpikir, berkarya dan berkreasi. Bahkan akan senantiasa menunjukkan mengenai pola pikir dan interpretasi manusia pada lingkungannya. Dalam kebudayaaan ini pula terkandung nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat setempat dan hal ini menuntun untuk memaksa manusia dalam berperilaku yang sesuai dengan budayanya. Di antara kebudayaan yang satu dengan lainnya ternyata mempunyai sebuah perbedaan dalam menentukan nilai-nilai hidup dan berperan serta pada adat istiadat atau tradisi yang dihormati. Adat istiadat atau tradisi yang berbeda inilah antara yang satu dengan lainnya tak dapat dikatakan tentang benar atau salahnya, karena hal ini merupakan sebuah penilaian yang selalu terikat pada kebudayaan tertentu.

Kebudayaan sangat berpengaruh besar pada kepribadian seseorang. Dan sebaliknya juga yaitu bahwa dalam pengembangan kepribadian manusia dibutuhkan kebudayaan dan  kebudayaan ini akan terus berkembang lewat kepribadian tersebut. Jadi untuk sebuah masyarakat yang maju, yang menjadi kekuatan penggeraknya ialah individu-individu yang ada di dalamnya. Maka semakin tinggi sebuah kebudayaan masyarakat akan bisa dilihat melalui karakter, kualitas dan kemampuan individunya.

Manusia dan kebudayaan merupakan dua hal yang saling berkaitan erat. Seseorang yang memiliki perilaku berdasarkan nilai-nilai budaya, terutama nilai moral dan etika maka akan disebut sebagai manusia yang berbudaya. Kemudian berkenaan pada perkembangan diri manusia juga tidak bisa terlepas oleh nilai-­nilai kebudayaan yang berlaku. Kebudayaan dan masyarakat mempunyai kekuatan yang mampu dalam pembentukan dan pengontrolan individu. Bahkan ditambah lagi manusia yang sebagaimana sebagai makhluk individu juga merupakan makhluk sosial, sehingga perkembangan dan perilaku individu cenderung dipengaruhi oleh kebudayaan. Atau dapat dikatakan juga sebagai peran untuk membentuk karakter manusia yang tepat dengan menggunakan pendekatan budaya.

Pengertian Kebudayaan

Pengertian Kebudayaan

Image Courtesy of cbenjasuwan / FreeDigitalPhotos.net

Kebudayaan tidak akan pernah ada jika tidak terdapat sebuah sistem yang mendukung untuk terbentuknya suatu kebudayaan dan sistem ini dikenal sebagai unsur yang membentuk sebuah budaya, yang dimulai dari bahasa, pengetahuan, teknologi dan sebagainya. Hal itu merupakan faktor yang begitu penting dan harus dimiliki oleh setiap kebudayaan dalam menunjukkannya.

1. Bahasa

Bahasa dalam unsur kebudayaan ialah sistem perlambangan secara arbitrel dan dibentuk atas unsur bunyi ucapan oleh manusia dan berfungsi sebagai gagasan dalam sarana interaksi atau komunikasi bersama.

2. Sistem pengetahuan

Sistem pengetahuan ini bermaksud bahwa semua hal diketahui oleh manusia dalam suatu kebudayaan tentang lingkungan alam dan sosialnya yang berdasarkan pada asas – asas susunan yang tertentu.

3. Organisasi sosial

Organisasi ini merupakan  sistem secara keseluruhan yang mengatur semua aspek kehidupan masyarakat dan juga salah satu dari unsur kebudayaan yang bersifat universal.

4. Sistem teknologi dan peralatan hidup

Merupakan sebuah rangkaian dengan konsep dan segala aktivitas yang berkaitan pada pemeliharaan, pengadaan dan penggunaan sarana hidup manusia dengan kebudayaannya.

5. Sistem mata pencarian hidup

Merupakan suatu rangkaian kegiatan masyarakat dengan bertujuan untuk memenuhi segala kebutuhan hidup yang secara langsung maupun tidak langsung berada dalam konteks kebudayaan.

6. Kesenian

Merupakan sistem keindahan yang diperoleh dari hasil kebudayaan dan memiliki makna serta nilai yang begitu mendukung akan eksistensi kebudayaan tersebut.

7. Sistem religi

Merupakan serangkaian akan sebuah keyakinan yang berkaitan pada alam gaib, kegiatan upacara dan sarana lainnya yang mendukung serta memiliki fungsi untuk melaksanakan komunikasi sesama manusia dengan kekuatan alam gaib tersebut.

Dalam Pengertian Kebudayaan, terdapat beberapa tujuan yaitu :

  1. Berusaha untuk melakukan kepekaan pada pola pikir kita dengan lingkungan budaya, sehingga bisa lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, khususnya demi kepentingan setiap individu.
  2. Senantiasa memberikan kesempatan bagi kita semua dalam rangka untuk memperluas wacana mengenai masalah yang dihadapi oleh manusia dan juga berbagai persoalan dengan budaya.
  3. Mengkader agar dapat menjadi individu toleran dan tidak terjerumus pada sifat-sifat yang mengacu fanatisme agama dan ras maupun golongan. Sehingga hal ini dikarenakan bahwa turut menghindari adanya ruang lingkup pendidikan yang dirasakan saat ini yang cenderung membuat setiap manusia memiliki pandangan secara sempit dan mementingkan golongan.

Model budaya mempunyai sifat yang memaksa sehingga hal ini akan membekali anggota-anggotanya pada pedoman yang berkenaan terhadap perilaku yang layak serta menetapkan dunia sebagai makna dan nilai yang logis  serta dapat pula dipinjam melalui anggota-anggotanya yang paling bersahaja untuk memperoleh sebuah rasa yang terdapat dasar martabatnya dan pertalian hidup manusia. Dengan demikian, budayalah yang akan menyediakan suatu kerangka secara koheren untuk mengorganisasikan berbagai aktivitas manusia dan cenderung akan mampu meramalkan perilaku orang lain.

Komponen utama dalam Pengertian Kebudayaan

        1. Kebudayaan material

Pengertian Kebudayaan ini menunjukkan bahwa semua ciptaan masyarakat begitu nyata. Bahkan yang termasuk dalam kebudayaan ini ialah temuan-temuan yang dihasilkan oleh suatu penggalian arkeologi misalnya perhiasan, mangkuk tanah liat, senjata, dan seterusnya. Selain itu, kebudayaan inilah juga mengandung barang-barang seperti radio, televisi, pesawat terbang, stadion olahraga, pakaian, dan mesin cuci.

        2. Kebudayaan nonmaterial

Pengertian Kebudayaan ini merupakan ciptaan yang begitu abstrak dan diwariskan melalui generasi ke generasi selanjutnya seperti yang berupa cerita rakyat, dongeng dan lagu maupun tarian tradisional.

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Isma