Pengertian Komputer

Komputer banyak digunakan di bidang pekerjaan mulai dari instansi pemerintah sampai swasta. Pekerjaan akan menjadi lebih cepat dan mudah dengan menggunakan komputer dibandingkan dengan menggunakan buku. Pengertian Komputer adalah suatu alat yang digunakan untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang telah dirumuskan.

Arti dari komputer itu sendiri berasal dari bahasa latin yaitu computare yang berarti menghitung. Pada awalnya, Pengertian Komputer telah mengalami banyak perkembangan. Yang mulanya komputer ditujukan pada orang yang bekerja dalam menghitung aritmetika tanpa adanya alat bantu dan setelah berjalannya waktu, komputer mengarah pada sebuah mesin alat hitung itu sendiri.

Pada zaman modern, komputer mengacu pada sebuah rangkaian alat elektronik yang memiliki banyak fungsi dan mampu melakukan banyak tugas serta melakukan berbagai hal yang menakjubkan. Pengertian Komputer didefinisikan sebagai kumpulan alat elektronik yang saling bekerja satu sama lain dan terkoordinasi dibawah pengawasan program dengan kemampuan yang dapat menerima data dan mengolah data dengan menghasilkan informasi.

Pada masa sekarang, komputet dijadikan sebagai bagian yang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia baik untuk membantu berbagai kegiatan, pekerjaan ataupun untuk multimedia hiburan. Saat ini, banyak orang yang telah menggunakan komputer dalam kesehariannya. Komputer menjadi hal penting karena adanya internet, yang dimana internet adalah jaringan luas yang menghubungkan komputer di seluruh penjuru dunia. Apabila sudah terhubung ke internet ataupun jaringan komputer, maka yang perlu diperhatikan dan diwaspadai yakni adanya perpindahan virus dan variannya yang dapat merusak sistem komputer yang akan berakibat fatal. Oleh karena itu, menggunakan antivirus terbaik pada setiap komputer agar lebih nyaman dan aman dalam menggunakan komputer dan menelusuri dunia maya melalui media internet.

Pengertian Komputer

Pengertian Komputer

Image Courtesy of kangshutters / FreeDigitalPhotos.net

Pengertian Komputer menurut para ahli

  • Menurut McGraw Hill

Komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input secara digital, lalu memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan didalam memorinya dan kemudian menghasilkan output atau keluaran berupa informasi.

  • Menurut Robert H. Bilssmer

Komputer merupakan suatu alat elektronik yang bisa melakukan serangkaian tugas yaitu menerima dan memproses input sesuai dengan intruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

  • Menurut Donald H. Sanders

Komputer merupakan suatu sistem elektronik yang dapat memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang sudah tersimpan di dalam sebuah memori.

  • Menurut Elias M. Awad

Komputer merupakan sebuah alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.

  • Menurut Larry Long dan Nancy Long

Komputer merupakan alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentasikan dan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan dan operasi-operasi logik.

  • Menurut V C. Hamacher ZG

Komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang bisa dengan cepat menerima informasi input digital, memproses sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memori dan menghasilkan output informasi.

  • Menurut William M Fuori

Komputer merupakan suatu pemroses data yang bisa melakukan perhitungan yang besar dan cepat termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika tanpa campur tangan dari manusia selama pemrosesan.

  • Menurut Gordon B. Davis

Komputer merupakan tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

Pengertian Komputer menurut para ahli tersebut diatas dapat dijadikan sebagai bahan dalam memahami komputer lebih luas lagi yang dimulai dengan melihat awal penggunaan komputer yang ternyata ditujukan kepada orang yang memiliki pekerjaan dalam menghitung lalu berkembang seiring dengan waktu, komputer menunjukkan kepada alat yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Secara umum, Pengertian Komputer dapat diartikan sebagai suatu peralatan elektronik yang dapat menerima dan mengolah input dengan menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, memberikan output yang berupa informasi dan dapat menyimpan program serta hasil pengolahan data dalam media penyimpanan serta bekerja secara otomatis.

Jenis-jenis komputer berdasarkan elemen, yaitu :

  1. Perangkat keras (hardware) adalah komponen nyata yang dapat terlihat dan disentuh secara langsung oleh manusia.
  2. Perangkat lunak (software) adalah komponen yang secara fisik tidak dapat disentuh dan tidak tampak ataupun tidak berwujud tetapi dapat dioperasikan. Selain itu, program yang berisi perintah dalam melakukan pengolahan data.
  3. Brainware adalah manusia yang mengendalikan dan mengoperasikan sistem komputer tersebut.

 Jenis-jenis komputer berdasarkan kapasitas dan ukuran, yaitu :

  1. Komputer besar
  2. Komputer super
  3. Komputer menengah
  4. Komputer kecil
  5. Komputer mini
  6. Komputer mikro

Jenis-jenis komputer berdasarkan data yang diolah, yaitu :

  1. Komputer digital
  2. Komputer analog
  3. Komputer hybrid

Jenis-jenis komputer berdasarkan penggunaan

  1. Komputer untuk tujuan umum
  2. Komputer untuk tujuan khusus

Jenis-jenis komputer lainnya yang digunakan adalah sebagai berikut :

  1. Laptop/notebook (komputer jinjing)
  2. Netbook maupun subnetbook
  3. Personal Computer (PC)
  4. Mainframe
  5. Server
  6. Macs
  7. Palmtop

 

 

 

 

 

Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr0

Nurul Ismhi