Pengertian Manajemen

 

Pengertian Manajemen Secara Umum

Pada kesempatan kali ini, artikel akan membahas tentang Pengertian Manajemen dan menurut beberapa para ahli mengenai Pengertian Manajemen yang telah disimpulkan. Pengertian Manajemen merupakan suatu proses dalam ilmu yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, pengarahan, dan penyusunan.

Pengertian Manajemen berasal dari bahasa Inggris yakni manage yang artinya mengatur, mengurus, mengusahakan, mengendalikan dan memimpin.  Sedangkan secara etimologis, Pengertian Manajemen merupakan suatu seni mengatur dan melaksanakan. Selain itu juga dilihat sebagai ilmu disiplin yang mengajarkan tentang proses mencapai tujuan organisasi dalam upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber milik organisasi.

 

Pemaparan tentang Pengertian Manajemen menurut para ahli

  1. Menurut Encylopedia of the Social Science mengemukakan bahwa Pengertian Manajemen ialah suatu proses yang pelaksanaan tujuan tertentu diawasi dan diselenggarakan.
  2. Menurut Hilman mengemukakan bahwa Pengertian Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui aktivitas orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang bersama.
  3. Menurut William   Newman mengemukakan bahwa Pengertian Manajemen adalah fungsi yang berhubungan dengan memdapatkan hasil tertentu melalui orang lain.
  4. Menurut Richard   Daft mengemukakan bahwa Pengertian Manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan efektif dan efisien melalui perencanaan, pengorganisasian, pengendalian sumber daya organisasi dan kepemimpinan.
  5. Menurut Drs. Oey Liang Lee mengemukakan bahwa Pengertian Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, penyusunan dan pengawasan dari sumber daya manusia dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  6. Menurut Mulayu   P.  Hasibuan mengemukakan bahwa Pengertian Manajemen adalah ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien dalam mencapai suatu tujuan.
  7. Menurut James A.F Stoner mengemukakan bahwa Pengertian Manajemen ialah proses perencanaan, pengorganisasian, dan penggunaan sumber daya organisasi yang lain agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
  8. Menurut Lawrence A. Appley mengemukakan bahwa Pengertian Manajemen ialah seni dalam pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.
  9. Menurut George.R. Terry mengemukakan bahwa Pengertian Manajemen ialah suatu kerangka kerja yang melibatkan pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuan organisasional atau maksud yang nyata.
  10. Menurut Mary Parker Follet mengemukakan bahwa Pengertian Manajemen ialah seni untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain (management is an art).
Pengertian Manajemen

Gambar diambil dari disukai.com

Unsur-unsur Manajemen adalah sebagai berikut :

  1. Manusia
  2. Tujuan yang hendak dicapai
  3. Organisasi sebagai tempat orang-orang melakukan kerja sama
  4. Sarana untuk mencapai tujuan
  5. Kegiatan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, penyusunan dan pengawasan

 

Konsep Manajemen yaitu sebagai berikut :

  1. Manajemen sebagai profesi, dimana manajemen adalah suatu kegiatan yang dikerjakan oleh banyak orang yang mempunyai keahlian dan keterampilan sebagai manajer pada perusahaan tertentu atau pemimpin pada sebuah organisasi.
  2. Manajemen sebagai proses, dimana manajemen adalah sebuah proses yang terdiri dari sebuah tindakan yang direncanakan, diorganisasikan, dilaksanakan, dikendalikan, diawasi dan diarahkan untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditentukan.
  3. Manajemen sebagai ilmu pengetahuan, dimana manajemen selalu berusaha secara sistematis agar dapat memahami bagaimana cara dan mengapa manusia harus bekerja bersama sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan & membuat sebuah sistem kerjasama ini bisa bermanfaat bagi kepentingan manusia.
  4. Manajemen sebagai seni, dimana manajemen adalah sebuah seni untuk terwujudnya hasil yang optimal dengan usaha yang standar sehingga tercapainya sebuah kesejahteraan dan kebahagiaan yang optimal bagi pekerja maupun pemimpin serta mampu memberikan pelayanan yang sangat baik bagi masyarakat.

 

Jenis-jenis Manajemen yaitu sebagai berikut :

  1. Manajemen Keuangan meliputi kegiatan manajemen bertujuan untuk memastikan bahwa aktivitas usahan yang dilakukan dapat mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu dilihat dan diukur berdasarkan keuntungan. Selain itu, tugasnya adalah merencanakan dari mana pembiayaan usaha didapatkan dan bagaimana caranya modal yang telah diperoleh dapat dialokasikan secara tepat dalam aktivitas usaha yang dijalankan.
  2. Manajemen Sumber Daya Manusia meliputi kegiatan manajemen bertujuan untuk mendapatkan sumber daya manusia yang terbaik bagi usaha yang dijalankan dan bagaimana sumber daya manusia yang terbaik itu terpelihara dan tetap bekerja bersama dengan kualitas pekerjaan yang selalu bertambah.
  3. Manajemen Operasional meliputi kegiatan manajemen bertujuan untuk memperoleh produk yang sesuai dengan standar ketetapan dan berdasarkan keinginan konsumen dimana dimulai dengan teknik produksi yang efisien.
  4. Manajemen Pemasaran meliputi kegiatan manajemen bertujuan untuk mengidentifikasi apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh konsumen dan bagaimana metode pemenuhannya dapat diperoleh.
Pengertian Manajemen

Gambar diambil dari informasi-pendidikan.com

Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli

Menurut Hendry  Fayol terdapat lima fungsi manajemen yakni :

  1. Perencanaan (Planning) adalah penetapan tujuan-tujuan organisasi dan penentuan strategi kebijaksanaan program, proyek, prosedur, sistem, metode, anggaran dan standar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.
  2. Pengorganisasian (Organizing) meliputi penugasan tanggung jawab tertentu, penentuan sumber daya dan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi, pendelegasian wewenang yang diperlukan kepada tiap individu untuk melaksanakan tugasnya serta pengembangan dan perancangan suatu organisasi yang akan dapat membawa hal-hal tersebut ke arah tujuan.
  3. Penyusunan (Staffing) adalah penarikan latihan dan pengembangan serta penempatan dan pemberian orientasi pada karyawan dalam lingkungan kerja yang menguntungkan dan produktif.
  4. Pengarahan (Leading) adalah bagaimana cara mendapatkan para karyawan dengan melakukan apa yang diinginkan dan apa yang harus dilakukan.
  5. Pengawasan (Controlling) adalah penemuan dan penerapan cara untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan yang telah ditetapkan.

Menurut George Terry terdapat empat fungsi manajemen yakni :

  1. Planning (Perencanaan) sebagai dasar pemikiran dari tujuan dan penyusunan langkah-langkah yang akan digunakan untuk mencapai tujuan.
  2. Organization (Pengorganisasian) sebagai cara untuk mengumpulkan orang-orang dan menempatkannya menurut kemampuan dan keahliannya dalam pekerjaan yang sudah direncanakan.
  3. Actuating (Pergerakan) sebagai cara untuk menggerakan organisasi agar berjalan sesuai dengan pembagian kerja masing-masing dan menggerakan seluruh sumber daya yang ada dalam organisasi agar kegiatan yang dilakukan bisa berjalan sesuai rencana serta mencapai target.
  4. Controlling (Pengawasan) sebagai cara untuk mengawasi apakah gerakan dari organisasi sudah sesuai dengan rencana serta mengawasi penggunaan sumber daya dalam organisasi agar dapat digunakan secara efektif dan efisien.

Menurut James A. F. Stoner terdapat empat fungsi manajemen yakni :

  1. Perencanaan menyatakan bahwa para manajer memikirkan tujuan dan kegiatannya sebelum melaksanakan yang biasanya meliputi berdasarkan suatu cara, rencana, atau logika.
  2. Pengorganisasian menyatakan bahwa para manajer itu mengkoordinir sumber daya manusia dan sumber daya bahan yang dimiliki suatu organisasi.
  3. Pemimpin menunjukan bahwa bagaimana cara para manajer mempengaruhi dan mengarahkan bawahannya serta menggunakan orang lain untuk melaksanakan tugas tertentu.
  4. Pengendalian menyatakan manajer berusaha untuk meyakinkan bahwa organisasi bergerak dalam arah tujuan yang benar.

Menurut Harold Koontz dan Cyril O’Donnell terdapat lima fungsi manajemen yakni :

  1. Planning merupakan proses yang membahas tentang upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan dimasa akan datang dan penentuan starategi serta taktik yang tepat untuk mencapai tujuan organisasi.
  2. Organizing merupakan proses yang membahas tentang bagaimana starategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan diatur dalam sebuah struktur organisasi yang dapat bekerja secara efektif dan tepat.
  3. Staffing merupakan suatu fungsi manajemen yang meliputi penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya guna maksimal kepada organisasi.
  4. Directing merupakan proses pelaksanaan kegiatan agar dapat dilaksanakan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasinya.
  5. Controlling merupakan proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan dan dilaksanakan bisa berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr0

Nurul Isma