Pengertian Marketing

Pengertian Marketing 4.52/5 (90.39%) 163 votes

Dalam Pengertian Marketing atau dikenal sebagai kata pemasaran merupakan salah satu bagian dari penjualan atau permintaan. Pengertian Marketing atau pemasaran berperan penting bagi semua usaha, karena pemasaran mempunyai kedudukan sebagai penghubung antara perusahaan pembuat produk dengan konsumen atau masyarakat sebagai pemakai produk.

Oleh karena itu, perusahaan selalu memberikan perhatian yang maksimal terhadap hal ini agar tujuan perusahaan bisa tercapai dengan baik. Selain itu juga, pemasaran adalah suatu proses kegiatan menyeluruh dan terpadu yang terdapat di dalamnya individu maupun kelompok untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan dengan cara membuat produk, menetapkan harga, mengkomunikasikan sebuah informasi atau mempromosikan dan menyalurkan melalui kegiatan pertukaran untuk memberikan kepuasan terhadap konsumen dan perusahaan. Pemasaran dapat bertindak sebagai pembeli maupun penjual. Misalnya seseorang ingin membeli sebuah rumah yang baru saja akan dijual. Masing-masing calon pembeli berusaha memasarkan diri kepada penjual.

Pengertian Marketing

Pengertian Marketing

Image Courtesy of Stuart Miles / FreeDigitalPhotos.net

Konsep Pemasaran

  • Kebutuhan, keinginan dan permintaan

Dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia, maka manusia membutuhkan udara, air, makanan, pakaian, harga diri dan tempat berlindung untuk bertahan hidup. Dengan demikian kebutuhan ini pun tak diciptakan oleh masyarakat melainkan pada kondisi manusia itu sendiri serta untuk kebutuhan biologis. Selain itu, manusia menginginkan pendidikan, rekreasi, dan jasa-jasa lainnya serta keinginan manusia dengan memuaskan kebutuhan yang secara spesifik. Sedangkan permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik didukung oleh kesediaan untuk membelinya. Sehingga keinginan inilah yang akan menjadi permintaan jika daya beli yang mendukung.

  • Produk

Produk dapat dikatakan sebagai penawaran yang dibedakan dengan tiga jenis yaitu barang, jasa dan gagasan. Produk merupakan suatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan.

  • Nilai, biaya dan kepuasan

Nilai adalah perkiraan konsumen terhadap seluruh kemampuan produk yang dapat memuaskan kebutuhan. Misalnya seseorang ingin memuaskan kebutuhannya dalam melakukan perjalanan ke tempat kerjanya, dengan menggunakan beberapa produk seperti sepeda, mobil, motor, taksi. Masing-masing produk memiliki kemampuan yang berbeda dalam memuaskan kumpulan kebutuhan itu. Sepeda lebih ekonomis, lambat dan membutuhkan lebih banyak tenaga dibandingkan mobil dan motor.

  • Pertukaran dan transaksi

Pertukaran akan terjadi apabila kedua belah pihak dapat menyetujui beberapa syarat pertukaran. Pertukaran sering digambarkan sebagai proses penciptaan nilai karena pada umumnya pertukaran membuat kedua belah pihak menjadi lebih baik. Pertukaran harus dapat dilihat sebagai proses bukan sebuah kejadian. Kedua pihak terlibat dalam pertukaran apabila mengarah pada sebuah kesepakatan. Pada saat dicapai kesepakatan, maka dapat mengatakan bahwa sebuah transaksi telah terjadi.

  • Hubungan dan jaringan

Pemasaran hubungan adalah pemasaran transaksi yang memuaskan dengan pihak-pihak pelanggan dan pemasok guna mempertahankan bisnis dalam jangka panjang. Hasil dari pemasaran hubungan yang utama adalah pengembangan aset unik perusahaan yang biasa disebut jaringan pemasaran terdiri dari perusahaan dan pihak-pihak yang berkepentingan seperti pelanggan, pemasok, pekerja, penyalur, pengecer dan pihak lain yang bersama-sama dengan perusahaan membangun hubungan bisnis yang menguntungkan.

  • Pasar

Pasar yang terdiri semua pelanggan yang memiliki kebutuhan dan keinginan yang sama dan mampu melaksanakan pertukaran. Ukuran pasar bergantung pada jumlah orang yang memuaskan kebutuhan dan keinginan, memiliki sumber daya yang menarik dan bersedia menawarkan sumber daya ini untuk ditukar sesuai dengan keinginan.

  • Pemasar dan calon pembeli

Pemasar adalah seorang yang bekerja dalam mencari satu atau lebih calon pembeli guna memuaskan kebutuhan dan keinginan. Sedangkan calon pembeli adalah seorang yang diidentifikasi oleh pemasar sebagai orang yang mungkin bersedia dan mampu terlibat dalam pertukaran nilai.

Peranan dalam Pengertian Marketing, yaitu sebagai berikut :

  1. Pada Pengertian Marketing terdapat peranan penting dalam masyarakat yaitu : contohnya di negara Amerika bahwa penduduk Amerika dalam melakukan transaksi setiap hari dibutuhkan  seperti makanan, minuman, pakaian dan rumah untuk jumlah penduduk yang besar. Karena itu, pemasaran membuat makanan tersedia ketika dibutuhkan, dalam jumlah yang diharapkan, tempat yang mudah untuk dijangkau dan bersih serta paket dengan bentuk bervariasi yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Pemasaran berperan penting dalam dunia bisnis karena memberikan kontribusi secara langsung dalam mencapai kelangsungan hidup dan pertumbuhan. Yang penting dalam organisasi bisnis adalah menilai keinginan dan kepuasan dari konsumen pada saat ini dan calon konsumen, mendesain dan mengatur penawaran produk, menentukan harga dan kebijakan harga, mengembangkan strategi pelayanan dan melakukan komunikasi dengan konsumen atau calon konsumen.
  3. Dalam Pengertian Marketing, disebutkan dapat menawarkan peluang karier yang disebabkan karena pemasaran menawarkan kesempatan  karier dalam bidang-bidangnya seperti penjualan professional, riset pemasaran, periklanan, pembelian eceran, manajemen produk, pengembangan produk dan perdagangan grosir.
Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi