Pengertian Masyarakat

Pengertian Masyarakat 4.60/5 (92.08%) 83 votes

Pengertian Masyarakat dapat diklasifikasikan menurut cara utamanya dalam menemukan dan memperoleh penghasilan demi kebutuhan hidupnya. Beberapa ahli dalam ilmu sosial membagi kelompok masyarakat sebagai masyarakat yang pastoral nomadis, masyarakat pemburu, masyarakat bercocok tanam dan masyarakat agrikultural intensif yang disebut juga sebagai masyarakat peradaban. Dalam sebagian pakar dalam bidang tertentu memiliki pernyataan bahwa masyarakat industri dan post-industri sebagai kelompok suatu masyarakat  yang terpisah dari kelompok masyarakat yang bersifat agrikultural tradisional. Masyarakat dapat pula diorganisasikan atas dasar struktur politiknya.

Pengertian Masyarakat merupakan sekumpulan  orang dengan membentuk sistem yang bersifat semi tertutup atau sebaliknya. Kebanyakan interaksi adalah hubungan antara individu yang saling melekat  dalam suatu kelompok tersebut.  Kata dari Pengertian Masyarakat sendiri asal muasalnya dari bahasa Arab, yaitu musyarakah. Dengan bermakna yang lebih luas yaitu untuk sebuah masyarakat yang merupakan jaringan hubungan antar pelakunya.

Masyarakat pun berarti suatu komunitas yang dimana individu-individu saling bergantung dan berhubungan antar sesama. Pada umumnya kata masyarakat ini digunakan untuk dapat mengacu pada sekelompok individu dan hidup secara bersama dalam satu komunitas yang penuh keteraturan.

Syarat-syarat Terbentuknya Masyarakat

> Sekumpulan orang hidup bersama dalam kurun waktu yang relatif lama,

> Masyarakat ini merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan,

 Masyarakat adalah sistem hidup secara bersama, di mana maksud dari hidup bersama ini bahwa dapat menimbulkan kebudayaan sehingga setiap anggota masyarakatnya pun merasa dirinya masing-masing bisa melekat dan terikat pada kelompoknya tersebut.

Pada Pengertian Masyarakat dikatakan bahwa sejumlah manusia ini merupakan satu kesatuan golongan yang berhubungan dengan tetap dan memiliki dasar kepentingan yang sama. Misalkan saja yaitu pada sekolah, keluarga, perkumpulan atau komunitas, serta negara di mana semuanya adalah masyarakat. Pada ilmu sosiologi dapat kita mengetaui bahwa ada dua macam masyarakat, yaitu pertama masyarakat paguyuban dan masyarakat petambayan. Maksud keduanya adalah masyarakat paguyuban ini terdapat sebuah hubungan secara pribadi antara anggota- anggotanya sehingga menimbulkan ikatan batin antar pelaku-pelakunya. Dan sedangkan pada masyarakat petambayan tersebut adalah masyarakat yang memiliki hubungan pamrih dan murni dari para pelakunya serta ada saling keterkaitan antara pelakunya.

Pengertian Masyarakat

Pengertian Masyarakat

Unsur-unsur Pada Pengertian Masyarakat

a. Harus terdapat perkumpulan manusia,

b. Telah bertempat tinggal dalam kurun waktu yang lama untuk suatu daerah tertentu.

c. Adanya aturan dengan mengatur masyarakat dalam mencapai pada kepentingan dan tujuan secara bersama.

Ada beberapa komponen dari Pengertian Masyarakat yaitu di antaranya :

a. Populasi dengan berbagai aspek yang bersifat genetik dan demografik

b. Kebudayaan yang berperan sebagai produk dari aktivitas cipta rasa, karya dan karsa manusia.

Masyarakat tidak begitu saja hadir seperti sekarang ini, tetapi dengan adanya perkembangan yang diawali dengan masa lampau sampai sekarang ini dan terdapat bahwa ada masyarakat yang mewakili masa tersebut. Masyarakat ini lalu berkembang dengan mengikuti perkembangan zaman sehingga ada kemajuan yang diperoleh dari masyarakat selaras dengan perubahan yang terjadi secara global, akan tetapi ada pula masyarakat yang berkembang tidak mengikuti dengan adanya perubahan zaman melainkan masyarakat tersebut berubah berdasarkan dengan konsep mengenai perubahan itu sendiri. Untuk mempertahankan kehidupannnya maka masyarakat berinteraksi atau kah beradaptasi dengan lingkungannya. Adaptasi ini dapat dibedakan menjadi dua , yaitu :

1.  Adaptasi genetik

Adaptasi ini bermakna bahwa setiap lingkungan hidup biasanya dapat merangsang para pelaku untuk dapat membentuk struktur tubuhnya secara spesifik, bersifat turun temurun dan juga permanen atau tetap.

2.  Adaptasi somatis

Adaptasi ini merupakan penyesuaian secara fungsional dan bersifat sementara atau tidak secara turun temurun. Bila dapat dibandingkan dengan makhluk lainnya bahwa manusia memiliki daya adaptasi yang cukup lebih luas cakupannya.

Dalam Pengertian Masyarakat pun berperan sebagai organisasi manusia yang memiliki hubungan antara satu dengan lainnya dan terdapat pula unsur-unsur pokok yaitu sebagai berikut :

  1. Orang-orang dalam jumlah relatif besar akan saling berinteraksi baik secara individu dengan kelompok maupun antar kelompok.
  2. Adanya kerja sama secara otomatis yang terjadi dalam setiap masyarakat, baik mengarah pada skala kecil atau antar individu maupun skala luas atau antar kelompok. Kerja sama ini dapat berupa dari berbagai aspek kehidupan misalnya seperti ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, serta keamanan dan ketertiban.
  3. Berada dalam suatu wilayah dengan memiliki batas-batas tertentu yang merupakan wadah sebagai tempat berlangsungnya tata kehidupan yang bersama
  4. Berlangsung dalam waktu yang relatif lama dan memiliki norma sosial tertentu yang menjadi acuan pada sistem tata kelakuan serta hubungan warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya.

Dalam konsep Pengertian Masyarakat bahwa masyarakat tidak dapat berdiri sendiri, akan tetapi memiliki hubungan yang erat pada lingkungannya. Hal tersebut mengartikan bahwa ketika seseorang saling berinteraksi dengan sesamanya, maka lingkungan akan menjadi faktor yang begitu mempengaruhi pada sikap, perasaan, perlakuan maupun kebiasaan-kebiasaan yang terdapat di lingkungannya. Contohnya saja yaitu lingkungan keluarga, para remaja yang berusia sebaya, lingkungan kerja serta lingkungan kampus. Untuk  masing-masing lingkungan itulah yang akan termasuk sebagai anggota kelompoknya. Oleh karena itulah, hal tersebut  dapat menyertakan dan memainkan sifat serta kehendak anggota kelompoknya bahkan terkadang dapat juga menciptakan, meniru dan memperkenalkan tentang perilaku yang berbeda dalam suatu masyarakat.

Kata Kunci Lainnya

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi