Pengertian Modem

Pengertian Modem 3.40/5 (68.00%) 5 votes

Pada era globalisasi yang semakin maju dengan dilengkapi jangkauan yang luas terhadap layanan internet ke seluruh pelosok Indonesia, pasti Anda sering mendengar dengan kata modem. Anda tahu bahwa agar komputer dapat tersambung ke jaringan internet, maka harus terdapat perangkat keras yang biasa kita sebut sebagai modem. Selain itu, jaman sekarang kebutuhan akan sebuah barang tentunya menjadi salah satu faktor pendukung berkembangnya upaya dalam mencapai suatu tujuan. Dengan adanya barang yang menjadi salah satu kebutuhan pokok itulah, dimungkinkan suatu tujuan dapat tercapai dan tidak terkecuali kebutuhan pada sebuah alat kecil tapi dapat dikatakan akan sangat membantu dan mendukung usaha kita yang biasa disebut dengan istilah modem. Karena dengan modem, kebutuhan terhadap benda ini bisa berpengaruh terhadap kinerja seseorang yang mempunyai pekerjaan dalam memenuhi kebutuhan akses internet, sehingga pekerjaan tersebut lebih mudah dikerjakan. Sebenarnya apa Pengertian Modem itu dan bagaimana penjelasan mengenai modem tersebut? Kebanyakan dari kita yang tidak mengetahui apa itu Pengertian Modem yang dimana modem tersebut sering kita gunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Pengertian Modem dengan jenis-jenisnya

Pengertian Modem merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mendapatkan akses internet secara langsung di komputer tentunya dengan data internet dari penyedia layanan internet seperti 3G-Net, CBN, Telkomselnet Instant, Indosat M2 dan lain sebagainya. Untuk memahami Pengertian Modem apabila diartikankan secara ilmiah pada umumnya, modem adalah singkatan dari dari dua kata yakni modulator dan demodulator, apa itu modulator dan demodulator? Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa dan siap untuk dikirimkan ke penerima melalui media kabel tertentu atau suatu rangkaian yang berguna untuk melakukan proses modulasi. Dalam modulasi ini, sinyal pesan biasa disebut dengan sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berupa bagian yang memiliki fungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Sedangkan demodulator merupakan bagian yang memisahkan sinyal informasi yang berisi pesan dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik atau sebuah proses untuk mendapatkan kembali data dari sinyal yang diterima dari pengirim (fungsi kebalikan dari modulator). Dalam demodulasi ini, sinyal pesan dipisahkan dari sinyal pembawa frekuensi tinggi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal analog diubah kembali menjadi sinyal digital. Dan untuk Pengertian Modem adalah penggabungan dari kedua sistem tersebut. Jadi dapat disimpulkan bahwa modem adalah alat komunikasi dua arah, yang dimana setiap komunikasi mempunyai jarak jauh dua arah dan biasanya menggunakan alat yang biasa disebut sebagai modem ini yang digunakan untuk berkomunikasi pada komputer. Selain Pengertian Modem, terdapat jenis-jenis modem yang ada pada saat ini. Jenis modem dapat dibedakan berdasarkan pemasangannya dan jaringannya. Jenis modem berdasarkan pemasangannya dibedakan menjadi dua yakni modem internal dan modem eksternal sedangkan berdasarkan jaringannya jenis modem dibedakan menjadi dua yakni modem dengan media kabel dan modem dengan media tanpa kabel.

Pengertian Modem

Pengertian Modem

Image Courtesy of Salvatore Vuono / FreeDigitalPhotos.net

 

Jenis jenis modem berdasarkan pemasangannya

Pada perangkat komputer modem yang berdasarkan pemasangan meliputi dua jenis, yaitu modem internal dan modem eksternal. Modem internal adalah modem yang dipasang pada bagian dalam CPU atau sebuah kartu yang dipasangkan pada slot motherboard, keuntungan pada modem ini ialah cara pemasangannya mudah dan harganya relatif lebih murah, sedangkan modem eksternal adalah modem yang dipasang pada bagian luar CPU dan biasanya dimasukkan pada slot USB.

Jenis jenis modem berdasarkan jaringannya

Pada perangkat komputer modem yang berdasarkan jaringan atau media salurannya meliputi dua jenis, yaitu modem kabel adalah modem yang menggunakan akses berupa jaringan kabel sebagai media perantaranya atau modem yang hanya dapat menerima sinyal langsung dari layanannya melalui TV kabel dan jaringan kabel telepon. Pada awalnya modem kabel hanya ada yang eksternal, namun beberapa tahun kemudian setelah modem menjadi kebutuhan pokok, maka bermunculan modem yang internal. Selain itu, dengan menggunakan jaringan telepon, modem kabel dapat menggunakan jaringan TV kabel. Sedangkan modem wireless adalah bagian dari jaringan komputer yang biasanya tidak disebut sebagai modem atau modem ini menggunakan media tanpa kabel untuk perantaranya, namun menggunakan istilah lain yang telah disepakati seperti modem CDMA, modem GSM dan lain sebagainya.

Dapat disimpulkan bahwa Pengertian Modem merupakan perangkat keras yang memiliki kegunaan sebagai alat untuk berkomunikasi dua arah. Sebenarnya semua alat yang kita gunakan untuk berkomunikasi juga menggunakan komunikasi dua arah dan selalu ada sebuah hardware yang bernama modem. Tetapi kebanyakan hanya modem yang digunakan pada komputer atau sejenisnya sebagai hardware.

Dari Pengertian Modem diatas, tentunya dapat kita paparkan apa saja fungsi modem tersebut. Fungsi yang utama adalah mengubah sinyal digital dari kabel menjadi sinyal suara dan begitupula sebaliknya. Modem berkembang sangat pesat pada sekarang ini dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, salah satunya voice modem yakni fungsi baru dari modem yang tidak hanya memerlukan fasilitas internet tetapi dengan adanya fasilitas ini dapat mengubah fungsi modem bukan hanya sebagai penyambung ke internet tetapi modem dapat dijadikan sebagai penyedia fasilitas bermanfaat lainnya seperti streaming video, audio, saluran radio, percakapan telepon dan masih banyak hal lainnya. Bisa juga diartikan sebagai perantara untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet. Setelah itu, bagaimana jelasnya cara kerja modem tersebut? Pada saat meminta data, komputer akan menyiapkan dan membuat perintah digital yang sesuai dengan perintah, lalu ditujukan kepada modem dan modem akan mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog kemudian sinyal analog tersebut dikirimkan oleh modem sesuai perintah atau tempat tujuan. Setelah sampai, tempat tujuan tersebut akan mengirimkan balasan dari sinyal analog yang sesuai dengan perintah dan kemudian modem mengubahnya kembali dari sinyal analog menjadi sinyal digital yang akan siap ditampilkan.

 

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi