Pengertian Sejarah

Sejarah merupakan peristiwa masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa dan tidak boleh lupakan sebab tanpa adanya sejarah kita tidak akan ada pada zaman seperti sekarang ini. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan dibahas tentang informasi tentang Pengertian Sejarah. Secara Etimologi, kata sejarah berasal dari  bahasa Arab yakni sajaratun (syajaroh) yang berarti silsilah atau pohon. Asal mula istilah sejarah digunakan dalam literatur bahasa Indonesia dengan beberapa variasi. Banyak yang mengakui bahwa istilah sejarah berasal dari bahasa Yunani yakni historia sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama history yang berarti yang terjadi.

Secara umum, Pengertian Sejarah merupakan ilmu pengetahuan yang membahas tentang segala peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia. Dalam arti luas, Pengertian Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari kejadian atau peristiwa pada masa lampau dalam kehidupan manusia melalui bukti tertulis misalnya kitab/dokumen kuno dan lisan misalnya tradisi turun temurun dan mitos, bukti berupa benda-benda misalnya artefak dan prasasti serta monumen sejarah. Selain itu, Pengertian Sejarah juga membahas tentang dan peristiwa dan waktu. Dengan demikian, masalah waktu berperan penting dalam memahami suatu peristiwa, maka para sejarawan biasanya mengatasi masalah waktu dengan membuat sebuah periodesasi.

Dalam sejarah terdapat tiga aspek, yaitu masa lampau, masa sekarang dan masa mendatang. Pada masa lampau dijadikan sebagai titik tolak untuk masa mendatang sehingga sejarah tersebut mengandung pelajaran tentang nilai dan moral. Sedangkan pada masa sekarang, sejarah akan bisa dipahami oleh generasi penerus dari masyarakat yang terdahulu sebagai sumber menuju kemajuan dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Peristiwa yang terjadi pada masa lampau akan menunjukkan tentang kehidupan manusia dan kebudayaannya sehingga dapat membuat suatu hubungan sebab akibat mengapa suatu peristiwa dapat terjadi dalam kehidupan tersebut, meskipun belum tentu setiap peristiwa akan tercatat dalam sejarah.

Pengertian Sejarah

Pengertian Sejarah

Image Courtesy of sattva / FreeDigitalPhotos.net

Pengertian Sejarah yang dikemukakan oleh para ahli

  • Moh. Yamin, SH memberikan Pengertian Sejarah yaitu suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan kenyataan.
  • R.G. Collingwood mengemukakan Pengertian Sejarah dengan ungkapan bahwa sejarah adalah pemikiran dan sejarah adalah sejenis penyelidikan atau penelitian.
  • Nouruzzaman Shiddiqie mengemukakan Pengertian Sejarah sebagai peristiwa masa lampau yang tidak hanya memberikan informasi tentang terjadinya peristiwa itu, namun juga memberikan interpretasi atas peristiwa yang terjadi dengan melihat hukum sebab akibat.
  • R. Moh.Ali mengemukakan Pengertian Sejarah mencakup dalam tiga makna yaitu cerita tentang perubahan-perubahan dan kejadian peristiwa realita. Sejumlah perubahan, kejadian dan peristiwa kenyataan. Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian dan peristiwa realitas.
  • Sartono Kartodidjo mengemukakan Pengertian Sejarah dapat dibedakan dalam tiga jenis yaitu sejarah sosial (sosiological history), sejarah struktural (structural history) dan sejarah mentalitas (mentalited history) .
  • Ibnu Khaldun menberikan Pengertian Sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia, tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu.
  • Hegel berpendapat bahwa Pengertian Sejarah dibagi menjadi tiga bagian yaitu sejarah filsafati, sejarah asli dan sejarah reflektif.

Pengertian Sejarah merupakan merekonstruksi masa lalu dengan apa-apa saja yang sudah dikatakan, dipikirkan, dirasakan, dikerjakan dan dialami oleh semua orang. Perlu dijelaskan bahwa memulai kembali masa lalu bukan untuk kepentingan masa lalu itu sendiri tetapi sejarah pun  mempunyai kepentingan masa kini bahkan untuk masa mendatang. Oleh karena itu, tidak ada gunanya jika orang tersebut tidak akan belajar untuk mengetahui sejarah. Dapat dilihat bahwa sejarah masih terus ditulis oleh semua orang, sepanjang waktu dan semua peradaban. Hal inilah menjadi bukti bahwa sejarah itu perlu diingat dan diketahui oleh setiap umat manusia.

Pengertian Sejarah adalah suatu percakapan yang tidak ada akhirnya antara masa lalu dan masa sekarang. Ini dapat dilihat berdasarkan perubahan, kesinambungan melalui dimensi waktu  dan kerangka keragaman. Penulisan sejarah pada mulanya identik dengan kata politik. Bahkan Sir John Seeley, sebagaimana dikutip oleh Mark M.Krug menyatakan bahwa “History is past politics” dan politik merupakan sejarah masa kini. Persepsi ini terbentuk karena dengan kenyataannya dapat dilihat  bahwa sejarah dianggap sebagai sejarah bagi raja-raja, sejarah naik turunnya dinasti-dinasti, sejarah bangun dan runtuhnya rezim-rezim politik, sejarah timbulnya para penguasa dan sebagainya. Kini penulisan sejarah berkembang menjadi tiga jalur yaitu perkembangan sejarah sebagai biografi, teori sejarah orang besar dan perkembangan sejarah politik yang dominan.

Peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam sejarah meliputi :

  • Penemuan-penemuan penting
  • Kepribadian orang-orang yang berpengaruh
  • Peristiwa tertentu yang memiliki dampak bagi masyarakat luas
  • Peristiwa yang menjadi tonggak sejarah bagi seluruh dunia

Ilmu-ilmu dalam sejarah yaitu :

  • Ilmu paleontologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang fosil-fosil
  • Ilmu arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang alat-alat kehidupan pada masa lampau
  • Ilmu geologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang lapisan bumi
  • Ilmu paleoantropologi merupakan ilmu yang mempelajari bentuk-bentuk fisik manusia pra sejarah hingga menjelang masa sejarah.

Pengertian Sejarah dapat disebut sebagai ilmu jika memenuhi beberapa syarat dari ilmu pengetahuan yaitu :

  • Memiliki objek yaitu manusia yang dapat dilihat dari sudut pandang waktu
  • Memiliki teori
  • Memiliki kebenaran yang diakui umum dan generalisasi
  • Memiliki langkah-langkah dan metode dalam penulisan sejarah
  • Bersifat empiris yaitu didasarkan pada pengamatan dan pengalaman.

Dapat disimpulkan secara sederhana bahwa Pengertian Sejarah sebagai ilmu merupakan pengetahuan yang membahas tentang peristiwa masa lampau dalam kehidupan manusia yang benar-benar terjadi dan disusun secara sistematis dan kronologis. Selain itu, dalam kehidupan manusia peristiwa sejarah adalah suatu kejadian/ peristiwa yang abadi, penting dan unik.

Pada Pengertian Sejarah, terdapat ciri utama yaitu sebagai berikut :

  • Peristiwa yang penting
  • Peristiwa yang unik
  • Peristiwa yang abadi
  • Peristiwa masa lampau mempengaruhi arti kehidupan banyak orang
  • Peristiwa yang dapat dijadikan sebagai momentum
  • Peristiwa yang terjadi hanya sekali/tidak akan terulang
  • Peristiwa sejarah yang tidak berubah-ubah dan tetap dikenang selamanya/sepanjang masa.

 

 

 

 

 

 

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook37Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr0

Nurul Ismhi