Pengertian Uang

Dalam Pengertian Uang, diartikan sebagai alat tukar yang diterima secara umum. Komoditas-komoditas yang pernah digunakan misalkan gerabah, gandum, jagung, gading dan sebagainya merupakan uang yang disebabkan karena pada saat itu diterima secara umum dan dapat pula disebut sebagai uang apabila benda tersebut berperan sebagai alat tukar-menukar serta berlaku secara umum.

Jenis – jenis Uang

1.  Uang kartal

Pengertian Uang kartal merupakan uang yang dapat dipakai sebagai alat untuk pembayaran dalam kehidupan sehari-hari. Uang kartal ini meliputi uang logam dan uang kertas. Di mana mata uang negara kita adalah rupiah sedangkan lembaga yang bertugas dalam mengawasi peredaran uang rupiah adalah Bank Indonesia atau Bank sentral.

2.  Uang Giral

Pengertian Uang giral merupakan surat berharga yang bisa diuangkan di bank atau juga pada kantor pos. Misalkan uang giral, giro pos, cek, wesel dan surat berharga. Uang giral tersebut pada umumnya dipakai dalam kegiatan transaksi dengan nilai uang yang jumlahnya sangat besar. Uang telah berubah bentuknya seiring dengan perbedaan waktu. Meskipun demikian, Uang selalu menjadi bagian yang terpenting bagi masyarakat dalam dunia perekonomian.

Kata dalam Pengertian Uang yang dapat di ucapkan pada kehidupan sehari-hari mempunyai makna yang bermacam-macam akan tetapi bagi para ahli ekonomi, uang memiliki arti yang sungguh khusus. Di mana untuk menghindari sifat kebingungan, maka kita harus bisa mempunyai kejelasan yang sesuai sebagaimana kata uang yang digunakan para ahli ekonomi berbeda dari kegunaan pada biasanya.

Para ekonom pun mengartikan Pengertian Uang sebagai sesuatu yang bersifat secara umum yang diterima dalam melakukan pembayaran barang dan jasa atau pada pembayaran atas utang. Untuk mata uang tersebut dapat terdiri dari uang kertas dan uang yang berupa koin atau logam. Pengertian Uang sebenarnya semata-mata sebagai mata uang yang sungguh sederhana bagi para ekonom. Oleh karena itulah makna cek juga dapat diterima sebagai alat pembayaran atas pembelian sedangkan pada rekening giro juga dapat dianggap pula sebagai uang. Untuk definisi uang dalam makna luas juga sangat diperlukan karena hal itu merupakan bentuk lainnya seperti misalkan tabungan yang dapat berfungsi sebagai uang apabila tabungan tersebut dapat diubah dengan cepat dan mudah menjadi mata uang ataukah rekening giro. Dengan demikian, tidak ada lagi definisi yang tunggal yang berkaitan dengan definisi yang paling tepat dan benar dari uang atau Pengertian Uang yang beredar.

Pengertian Uang

Pengertian Uang

Image Courtesy of nuttakit FreeDigitalPhotos.net

Pengertian Uang dapat diartikan sebagai benda-benda yang bisa disetujui oleh masyarakat setempat di mana berperan sebagai alat perantara dalam mengadakan sistem tukar-menukar atau transaksi perdagangan. Yang dimaksud dengan kata persetujuan ini dalam definisi tersebut merupakan kata sepakat yang melekat pada anggota-anggota masyarakatnya dalam menggunakan satu ataupun beberapa benda yang digunakan sebagai alat perantara pada saat kegiatan tukar-menukar terjadi.

Peranan pada Pengertian Uang

1. Sebagai kelancaran untuk saling menukar

Dengan adanya uang, transaksi dalam tukar-menukar akan lebih mudah dilakukan apabila dibandingkan dalam kegiatan perdagangan secara barter. Pada tukar-menukar ini akan bisa berlangsung jikalau seseorang dapat menawarkan suatu barang yang diinginkan oleh seseorang dan orang lain tersebut mempunyai barang yang diinginkan oleh orang yang pertama.

2. Sebagai pengukur nilai atau satuan hitungan

Untuk keuntungan selanjutnya dari penggunaan uang pada suatu masyarakat dapat bersumber dari kesanggupannya dalam melakukan tindakan sebagai satuan nilai. Maksud dari satuan nilai ini adalah satuan ukuran yang bisa menentukan berapa besarnya nilai dari berbagai jenis barang. Dengan adanya uang ini maka nilai untuk suatu barang bisa dengan mudahnya dinyatakan, yaitu bahwa dengan menunjukkan jumlah uang yang dibutuhkan dalam memperoleh barang tersebut.

3. Sebagai pengukuran pembayaran yang ditunda

Transaksi-transaksi dalam perekonomian yang sudah berkembang banyak sekali dilakukan dengan pembayaran yang ditunda atau penjualan secara kredit Dengan perkataan lain, mutu benda yang akan diperolehnya pada masa yang akan datang sebagai pembayaran penjualannya, yaitu uang, akan sesuai dengan uang yang diharapkannya pada waktu menjual barangnya.

Ada satu syarat yang utama agar peranan uang di atas dapat dijalankan dengan baik yaitu bahwa nilai uang yang digunakan harus bisa memiliki nilai kestabilan yang baik dan tepat. Di mana nilai uang dapat dikatakan stabil jika sejumlah uang tersebut yang dibelanjakan akan tetap memperoleh barang yang sama banyaknya dan juga terdapat pula tingkat mutu yang sama dari waktu ke waktu.

4. Untuk menyimpan nilai

Dalam penggunaan uang bisa terjadi kemungkinan bahwa kekayaan seseorang dapat disimpan dalam bentuk uang. Apabila harga barang menjadi lebih stabil, maka untuk menyimpan kekayaan dalam bentuk uang akan lebih bernilai untung dari sistem penyimpanannya pada suatu bentuk barangnya.

Di dalam perekonomian yang sudah dikatakan maju ini harus diingat bahwa mengenai jenis uang yang utama yaitu uang bank atau uang giral. Pengertian Uang dalam jenis tersebut tidak memerlukan akan suatu biaya dalam menyimpannya. Ini disebabkan karena apabila seseorang memiliki uang ini, maka pengurusan dan penyimpanan uang tersebut bukan hanya dilakukan oleh pemiliknya saja , melainkan oleh bank umum sendiri selaku pengelola dana pemilik dalam menyimpan  uang tersebut. Meskipun uangnya tidak ada di tangan pihak pemiliknya, akan tetapi uang tersebut dapat dengan mudahnya diambil jika ingin menggunakannya kapan saja. Sehingga kekayaan yang meliputi uang ini akan mengalami penurunan nilai apabila dibandingkan dengan kekayaan yang berbentuk barang. Dengan kondisi tersebut bahwa uang bukan saja alat penyimpanan nilai yang cukup baik. Dan jika keadaan seperti itu berlaku untuk suatu perekonomian, maka masyarakat akan turut beramai- ramai dalam menggantikan kekayaan yang berupa uang menjadi sebuah kekayaan yang berbentuk barang.

Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr0

Nurul Ismhi