Penyakit Batu Ginjal

Penyakit Batu Ginjal 4.81/5 (96.26%) 91 votes

Batu ginjal biasa disebut dengan Nephrolithiasis yang artinya massa keras yang berbentuk kristal seperti batu-batu kecil yang terbentuk pada bagian saluran kencing. Kristal tersebut yang terbentuk dalam ginjal maupun dalam kandung kemih akan bergerak turun ke dalam ureter yang akan menyebabkan terjadi penyumbatan dan dapat merusak jaringan pada ginjal sehingga penderita Penyakit Batu Ginjal ini akan mengalami rasa nyeri dan terjadi pendarahan pada saat buang air.

Penyakit Batu Ginjal kronis menjadi penyebab penyakit gagal ginjal. Penyebabnya terjadi apabila ginjal mengalami kegagalan dalam melakukan fungsinya seperti mengatur tekanan darah, mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit, merangsang produksi sel darah merah dalam tubuh serta menyaring dan membuang sisa metabolisme tubuh yang bersifat racun dalam bentuk air seni. Batu ginjal memiliki ukuran yang bervariasi, ada yang berukuran besar dan tunggal dan ada pula yang berukuran kecil dan ganda.

Penyakit Batu Ginjal adalah suatu penyakit yang memiliki jumlah penderita yang relatif tinggi. Penyakit ini lebih banyak terjadi pada pria daripada wanita. Dapat diketahui dari penelitian bahwa Penyakit Batu Ginjal terkait dengan obstruksi saluran kencing pada pria, dimana terjadi penyumbatan batu besar yang akan merusak jaringan ginjal dan mendapat tekanan pada saat buang air. Sebagai informasi untuk diketahui bahwa ginjal merupakan salah satu organ yang penting dalam tubah kita dan memiliki fungsi yaitu menyaring dan mengeluarkan racun maupun kelebihan mineral dari dalam tubuh melalui urin. Apabila terjadi gangguan fungsi ginjal akibat adanya batu ginjal atau peradangan maka tubuh akan mengalami keracunan dengan sendirinya. Oleh karena itu, gangguan atau penyakit apapun yang terjadi pada ginjal harus segera diobati sebaik mungkin.

Penyakit Batu Ginjal

Penyakit Batu Ginjal

Image Courtesy of ddpavumba FreeDigitalPhotos.net

Penyebab Terjadinya Penyakit Batu Ginjal

  1. Mengkonsumsi makanan yang berlebihan. Di mana bahan makanan yang kaya akan kalsium, garam, oksalat dan purin secara berlebihan dapat menyebabkan risiko bagi penderita batu ginjal. Pada umumnya, batu ginjal yang asam urat diderita oleh orang yang selalu mengkonsumsi makanan seperti seafood, jeroan dan daging. Sedangkan batu ginjal yang kalsium diderita oleh orang yang banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan oksalat seperti softdrink, kopi, the, sayur bayam dan kokoa.
  2. Kelebihan kadar asam urat dan vitamin D dan jumlah urin yang dikeluarkan sedikit diakibatkan karena kurangnya minum air putih.
  3. Terlalu banyak zat kimia dalam urin dan kadar garam yang terdapat dalam urin pekat sehingga akan terjadi endapan batu dalam saluran kemih. Urin menjadi pekat disebabkan karena sering menahan kencing terlalu lama.
  4. Kurangnya pelatihan berat tanpa adanya penggantian cairan yang cukup. Kekurangan dehidrasi menyebabkan ginjal akan bereaksi dengan menahan sebanyak mungkin cairan dalam tubuh sehingga urin berwarna pekat dan jumlahnya sedikit, sebagai akibatnya akan mudah membentuk adanya batu ginjal.
  5. Adanya faktor genetik. Apabila salah satu saudara atau orang tua kita menderita penyakit batu ginjal, maka akan cenderung lebih besar mengalami serangan penyakit yang sama dibandingkan orang lain.

Ada beberapa gejala yang disebabkan oleh penyakit batu ginjal, yaitu sebagai berikut :

  1. Sering mengalami rasa nyeri pada bagian bawah perut saat buang air kencing karena batu tersebut terletak dekat kandung kemih. Batu yang menyumbat ureter dapat menyebabkan rasa nyeri pada punggung, timbul karena terletak pada daerah antara tulang pinggang dan tulang rusuk yang menjalar ke perut, pada daerah kemaluan dan pada paha bagian dalam.
  2. Biasanya demam, menggigil, perut merasa mual atau sering muntah. Apabila keluarnya darah pada saat buang air kencing, maka dikarenakan adanya luka yang terjadi akibat gesekan batu dengan saluran kemih yang dilewati.
  3. Terjadi infeksi pada saluran kemih. Apabila batu menyumbat adanya aliran kemih, bakteri tersebut akan terperangkap dalam air kemih yang terkumpul di atas penyumbatan. Tetapi apabila penyumbatan ini berlangsung lama, maka air kemih mengalir balik ke saluran  dalam ginjal, yang akan mengalami penggelembungan ginjal dan akhirnya terjadi kerusakan pada ginjal.
  4. Tidak pernah tuntas dengan baik dan mengalami kesulitan pada saat buang air kencing.
Penyakit Batu Ginjal

Penyakit Batu Ginjal

Pengobatan Pada Penyakit Batu Ginjal

Batu yang berukuran kecil tidak menyebabkan gejala maupun infeksi, biasanya tidak perlu diobati. Pengobatannya adalah cukup dengan minum banyak air, batu ginjal ini akan terbuang dengan sendirinya lewat urin. Tetapi apabila batu ginjal berukuran besar, biasanya cara menanganinya adalah dengan terapi khusus, seperti terapi farmakologi dengan obat-obatan. Sedangkan batu yang berukuran kurang pada bagian ureter dapat dipecahkan dengan prosedur yang disebut lithotripsy. Untuk cara ini, digunakan gelombang-gelombang yang kejut untuk melakukan pemecahan batu yang besar ke dalam potongan-potongan yang lebih kecil kemudian dapat lewat melalui urin.

Image Courtesy of  rakratchada torsap FreeDigitalPhotos.net

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi