Penyakit Liver

Penyakit Liver 5.00/5 (100.00%) 177 votes

Penyakit Liver merupakan sebuah penyakit yang berhubungan dengan organ hati atau dapat disebut hepatitis. Seperti diketahui bahwa hepatitis merupakan peradangan pada hati yang disebabkan karena mengkonsumsi racun yang banyak mengandung bahan kimia atau dapat disebabkan karena adanya infeksi atau virus.

Liver atau hati adalah organ yang sangat penting bagi tubuh dan kelangsungan hidup kita. Hati akan melakukan proses karbohidrat, lemak, protein dan mineral agar tubuh dapat berfungsi dengan normal. Hati manusia diperkirakan memiliki berat 2 kg dilengkapi dengan banyak fungsi dan kewajiban dari kinerja hati itu sendiri. Hati berfungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi energi yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas. Hati juga berfungsi sebagai tempat pembentukan zat pembekuan darah dan plasma darah, sebagai tempat penyimpanan cadangan air dan pembakaran gula, serta penyimpanan zat-zat mineral. Selain itu, hati berkewajiban untuk membuang dan menghancurkan toksin dari darah kemudian dikeluarkan melalui feses. Apabila kita bertahan hidup tanpa hati, dimana hati merupakan fungsi organ yang penting pada tubuh maka kita tidak dapat melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Liver atau hati ini merupakan organ yang terletak pada bagian kanan atas perut yang terdiri dari dua bagian yakni lobus kanan dan lobus kiri. Selain itu, liver adalah kelenjar yang terbesar dalam tubuh. Liver ini merupakan satu-satunya organ tubuh yang dapat memperbaharui sendiri, karena itulah organ liver ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan organ yang lain. liver terdiri dari sel-sel kecil yang biasa disebut hepatosit yang berfungsi untuk memproduksi sel-sel baru dalam jangka waktu yang cepat.

Penyakit Liver bukanlah penyakit yang mudah di atasi. Banyak penderita mengalami gangguan Penyakit Liver tersebut. Mereka harus rutin melakukan pengobatan untuk menghilangkan gejala dari gangguan hati. Namun banyak orang setelah mengkonsumsi obat medis dan menjalani pengobatan intensif hanya sembuh beberapa waktu saja dan setelah itu muncul kembali gangguan penyakit tersebut. Hal ini disebabkan karena obat-obatan medis yang apabila dikonsumsi berlanjut maka mengakibatkan kerusakan pada hati dan timbul gangguan fungsi pada ginjal.

Penyakit Liver

Penyakit Liver

Image Courtesy of  rajcreationzs FreeDigitalPhotos.net

Penyebab Penyakit Liver

  1. Terinfeksi virus hepatitis (A, B atau non A dan non B)
  2. Terinfeksi racun seperti arsenic, anabolic, steroids
  3. Gangguan pada proses metabolisme dan adanya kelainan hati yang di bawa sejak lahir
  4. Adanya obat-obat tertentu yang mengandung senyawa kimia yang merupakan racun bagi hati
  5. Kekurangan asupan gizi dan nutrisi
  6. Ketergantungan pada penggunaan alkohol dan zat adiktif lainnya. Zat ini dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan pada manusia. Selain itu, alkohol dapat membuat rambut rontok, terkena serangan jantung, kegemukan, diabetes mellitus dan sebagainya.
  7. Kecanduan dan kebiasaan merokok
  8. Gangguan pada hemochromatosis, dimana kondisi tubuh mengalami kelebihan pada zat besi yang dapat meracuni organ hati dan berakibat pada kerusakan organ tubuh.
  9. Gangguan pada saluran empedu, dimana empedu diproduksi di organ hati. Apabila saluran empedu rusak, maka cairannya akan berbalik arah ke hati

Gejala Pada Penyakit Liver

  1. Urin yang dikeluarkan berubah warna menjadi coklat pekat atau kuning gelap yang disertai bau yang menyengat. Dan juga menyebabkan buang air besar menjadi tidak lancer.
  2. Mengalami penurunan nafsu makan dan kehilangan selera yang mengakibatkan berat badan menurun drastis. Selain itu perut selalu merasa mual dan terasa kembung, mengalami anemia dan gangguan pencernaan.
  3. Penderita Penyakit Liver akan sering mengalami sakit kepala, kejang-kejang, merasa lelah, lesu dan lemah serta kehilangan gairah sehingga mudah stress dan depresi.
  4. Penderita Penyakit Liver akan mengalami perubahan kulit tubuh berwarna kekuning-kuningan dan selaput mata berubah menjadi kuning. Banyak orang biasanya menyebut penyakit hati ini sebagai penyakit kuning. Selain itu juga bermasalah pada kerusakan kulit seperti gatal-gatal, kulit kering, jerawat.
  5. Wanita yang mengalami gangguan hati akan menyebabkan perubahan pada kuku yang melengkung dan mengalami keputihan yang tidak normal.
  6. Kurang mengkonsumsi air mineral secara teratur sehingga organ tubuh mengalami kekurangan cairan termasuk organ hati.
  7. Mengalami pendarahan pada hidung dan apabila terjatuh atau terbentur akan mudah memar yang menunjukkan kekurangan protein.
Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi