Penyakit Malaria

Penyakit Malaria 4.89/5 (97.76%) 98 votes

Penyakit Malaria merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh parasit protozoa dari plasmodium. Apa itu plasmodium? Plasmodium adalah sebuah parasit yang hidup dalam darah binatang, contohnya seperti pada nyamuk anopheles, dimana melalui gigitan nyamuk ini plasmodium tersebut akan masuk ke dalam darah kemudian akan berkembang biak.

Pengertian Penyakit Malaria

Penyakit Malaria ini juga merupakan salah satu penyakit yang menular. Pada infeksi malaria ini bukan hanya menyerang manusia melainkan pada makhluk hidup. Selain itu, infeksi malaria pada manusia dapat menyerang tanpa melihat dan memandang jenis kelamin maupun usia karena penularannya ini langsung melalui pada gigitan nyamuk anopheles yang akan membawa mikroorganisme uniseluler yang berupa parasit protozoa. Secara epidemiologi bahwa penyakit malaria ini dapat menyerang pada laki-laki, perempuan, serta mulai dari bayi sampai orang dewasa.

Penyakit Malaria

Penyakit Malaria

Image Courtesy of  africa / FreeDigitalPhotos.net

Penyebab dari Penyakit Malaria yaitu karena adanya parasit plasmodium yang terdapat pada nyamuk Anopheles. Ada beberapa jenis plasmodium yang dapat terinfeksi oleh manusia, yaitu sebagai berikut:

a. Plasmodium vivax

Jenis plasmodium ini merupakan  penyebab dari penyakit malaria tersiana,

b. Plasmodium malariae

Jenis plasmodium ini adalah penyebab dari penyakit malaria quartana,

c. Plasmodium ovale

Jenis plasmodium ini adalah penyebab dari penyakit malaria ovale,

d. Plasmodium falciparum

Jenis plasmodium ini adalah penyebab penyakit malaria tropika.

Gejala Pada Penyakit Malaria

  1. Kadar gula dalam darah menjadi semakin rendah.
  2. Mulai terlihat dan nampak bintik-bintik merah yang terdapat pada permukaan kulit.
  3. Apabila sejumlah parasit bersifat menetap , maka akan menyebabkan terjadinya penurunan terhadap nafsu makan, tubuh menjadi terasa lemah dan demam, serta merasakan pahit pada lidah ketika makan.
  4. Demam dan menggigil yang disertai sakit kepala, sakit pada bagian otot, terasa mual dan muntah. Sehingga untuk gejala- gejala ini akan timbul secara bervariasi sesuai dengan daya tahan tubuh pada penderita.
  5. Jumlah monosit dan limfosit menjadi meningkat. Apabila tidak segera diobati, maka akan berakibat terhadap pembesaran hati dan limpa
Penyakit Malaria

Penyakit Malaria

 

Proses penularan terhadap Penyakit Malaria ini adalah melalui nyamuk anopheles. Karena ketika nyamuk tersebut akan menggigit seseorang yang terinfeksi malaria, maka nyamuk itu akan segera menyedot parasit, di mana parasit ini dikenal sebagai sebutan gametocytes. Setelah itu, parasit ini menyelesaikan untuk siklus pertumbuhannya dalam tubuh nyamuk dan mulai merambat ke kelenjar ludah nyamuk. Kemudian saat menggigit, nyamuk ini akan menyuntikan parasit ke arah aliran darah menuju hati yang kemudian akan melipatgandakan dirinya.

Pada pencegahan untuk Penyakit Malaria ini adalah dengan cara menghindarkan diri dari gigitan nyamuk yang menjadi penyebab terjadinya malaria tersebut, seperti contohnya adalah dengan menyingkirkan dan membuang genangan air dengan membersihkan tempat-tempat dimana nyamuk tersebut akan berkembang biak jika dibandingkan dengan menggunakan bahan kimia yang begitu berbahaya serta menjaga kebersihan lingkungan dari sekitar rumah agar supaya nyamuk malaria tersebut tidak dapat berkembang biak dalam rumah, kemudian menggunakan pemakaian obat bakar nyamuk dan menyemprotkan anti nyamuk untuk ruangan yang walaupun memiliki efek cukup panjang dan kurang baik bagi kesehatan serta tak ketinggalan dan yang utamanya adalah dengan menjaga pola hidup yang sehat.

Sedangkan untuk pengobatan pada Penyakit Malaria ini yaitu dengan cara memberikan obat chloroguin. Dan pada saat perawatan, penderita penyakit ini akan diberikan sari buah yang sungguh segar, diberikan cukup bahkan banyak cairan dan juga pola makanan yang seimbang.

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi