Penyakit Stroke

Penyakit Stroke 4.84/5 (96.72%) 104 votes

Penyakit Stroke merupakan penyakit yang menyerang secara mendadak, Hal ini diakibatkan karena adanya sumbatan atau pecahnya pembuluh darah di dalam otak. Penyakit ini juga merupakan penyakit syaraf yang berkembang dengan begitu cepat dan menimbulkan gejala sampai satu hari bahkan lebih sehingga akan menyebabkan kematian dan berefek pada kecacatan serta terdapat pula ciri-ciri yang berkaitan langsung dengan aliran darah pada otak.

Penyakit Stroke yang akut dapat pula dikatakan sebagai serangan otak (brain attack). Penyakit ini menjadi suatu masalah bagi kondisi tubuh untuk kesehatan yang bersifat mendunia dan dapat terjadi pada negara-negara yang berkembang dan maju. Penyakit Stroke merupakan akibat dari penyebab cacat yang pertama bahkan salah satu penyebab kematian yang kedua untuk dunia. Ternyata ada sekitar 250 juta anggota keluarga yang mengarah dengan para penderita stroke yang dapat bertahan hidup. Pada waktu yang berjalan ini, ada sekitar empat atau tiga dari lima keluarga akan mempunyai salah satu anggota keluarga mengidap Penyakit Stroke tersebut.

Pada umunya, Penyakit Stroke ini sering dialami oleh orang-orang yang memiliki usia lanjut , lebih kurangnya sudah terpaut umur sehingga akan mengakibatkan pembuluh darah menjadi menyempit dan turut mengeras akan tetapi untuk masa modern saat ini, penyakit stroke kemungkinan besar akan mengancam pada usia produktif , yang disebabkan karena asupan makanan yang sehat menjadi berkurang dengan tanpa diperhatikan adanya kandungan kadar kolestrol tinggi. Makanan yang mengandung kolestrol yang tinggi dapat memicu terjadinya penumpukan endapan lemak terhadap pembuluh darah yang mengarah ke otak sehingga sekumpulan darah dan oksigen akan berkurang, serta terjadinya pula penyempitan dan memecahnya pembuluh darah yang disebabkan karena kondisi jantung yang memompa darah lebih cepat.

Dalam tahun terakhir ini sering terjadi kemajuan yang begitu pesat dalam pemahaman dan perkembangan tentang faktor risiko, pengobatan, pencegahan dan rehabilitasi stroke. Dapat diketahui bersama bahwa stroke dapat dicegah untuk hampir mencapai 85 % orang dan juga terdapat perangkat terapi yang efektif guna memperbaiki hasil akhir dari penyakit stroke. Dapat dilihat kenyataannya bahwa ada sekitar sepertiga pasien pengidap stroke menjadi pulih secara sempurna. Penyakit stroke ini juga dapat menimbulkan ada beban yang sungguh besar dan berat bagi para penderita stroke, pengidap stroke, keluarga dan bahkan kepada masyarakat.

Penyakit Stroke

Penyakit Stroke

Image Courtesy of  ddpavumba FreeDigitalPhotos.net

Jenis Penyakit Stroke

  • Stroke iskemik

Jenis stroke ini adalah adanya aliran darah menuju otak yang terhenti disebabkan karena ada tumpukan kolestrol pada dinding pembuluh darah atau terjadi penyumbatan pembuluh darah ke otak karena darah mengalami proses pembekuan.

  • Stroke hemorrhagic

Jenis stroke ini adalah terpecahnya pembuluh darah sehingga aliran darah dalam keadaan normal menjadi terhambat dan darah akan merembes ke dalam otak serta turut untuk merusaknya.

Gejala Penyakit Stroke

  1. Kesulitan untuk berjalan dan terjadi kehilangan keseimbangan, maka tiba-tiba tersandung ataupun terjatuh serta akan seolah-olah menjadi mabuk. Tanda-tanda lainnya adalah secara tiba-tiba akan kehilangan kemampuan motorik halus misalnya saja tidak dapat untuk menulis dengan baik.
  2. Gangguan pada penglihatan secara mendadak, tidak mampu melihat secara jelas atau kah mengalami kesulitan dalam melihat untuk posisi mata sebelah kanan maupun kiri.
  3. Terjadi mati rasa atau lemah untuk bagian kaki, lengan, wajah maupun pada satu sisi bagian tubuh. Sulit dalam menggerakkan lengan atau tidak dapat mengendalikan jari-jemarinya. Seperti pada saat mengangkat kedua tangan, maka tangan untuk sebelah akan lebih tinggi daripada tangan sebelah lainnya.
  4. Kesulitan dalam berbicara kemudian tiba-tiba akan merasa bingung serta mengalami pemahaman yang minim dalam berpikir.
  5. Tiba-tiba merasa sakit kepala dengan tanpa dipastikan apa yang menjadi penyebabnya. Apabila terasa nyeri pada wajah, leher menjadi cenderung kaku, merasa akan mau muntah serta terasa sakit kepala mungkin disebabkan karena adanya pendarahan intrakranial atau dapat dikatakan sebagai stroke merah.

Ada beberapa pola hidup sehat yang harus dilakukan, yaitu sebagai berikut :

  1. Makan dengan makanan yang rendah akan garam, kalori dan lemak serta mengurangi makanan yang berkolestrol karena hal tersebut akan dapat meningkatkan kesehatan pada jantung.
  2. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-mayur setiap harinya dan rajin untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat karena dapat mengurangi risiko terjadinya stroke.
  3. Olahraga yang cukup teratur dan perbanyak melakukan aktivitas fisik serta secara rutin berolahraga sehingga berat badat menjadi berkurang, maka hal ini senantiasa akan mengurangi risiko terhadap penyakit stroke tersebut.
  4. Menghindari minuman yang kaya akan alkohol dan jangan merokok. Diketahui bahwa dengan minum minuman alkohol dan merokok akan dapat meningkatkan tekanan darah serta merusak pembuluh darah yang berdampak pada penyumbatan pembuluh darah.

Kata Kunci Lainnya

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi