Penyakit Vertigo

Penyakit Vertigo 4.84/5 (96.76%) 64 votes

Penyakit Vertigo biasanya dikenal dengan istilah “pusing tujuh keliling” dikarenakan seseorang sedang mengalami keadaan yang serasa berputar dan lingkungan terasa berputar pula, padahal keadaan tubuh seseorang tersebut tidak bergerak. Penyakit Vertigo ni disebabkan oleh gangguan keseimbangan  pada perifer. Dan juga Penyakit Vertigo disebabkan oeh kelainan telinga.

Vertigo berasal dari bahasa Yunani yaitu vertere berarti memutar. Pengertian dari penyakit vertigo ini adalah sebuah penyakit yang mengalami gangguan alat keseimbangan tubuh sehingga tubuh disebabkan adanya sensasi gerakan dan lingkungan sekitar dirasakan bergerak pula. Hal ini juga ada gejala vertigo lainnya yaitu khususnya pada jaringan otonomik. Penyakit vertigo merupakan penyakit yang menandai adanya gangguan telinga bagian dalam, yang disebabkan adanya gangguan keseimbangan sehingga seseorang bisa merasa pusing. Para dokter dapat melakukan diagnosis penyakit vertigo ini dengancara pemeriksaan ENG yaitu Elektronistagmografi yang dapat menentukan penyebab adanya gejala vertigo.

Penyakit Vertigo

Penyakit Vertigo

 

Penyebab Penyakit Vertigo

  1. Selalu mengkonsumsi obat-obatan dan alkohol
  2. Kurangnya berolah raga
  3. Gaya hidup yang tidak seimbang
  4. Sering stress dan salah tidur

Jenis Penyakit Vertigo

  1. Vertigo vestibular ini memiliki gejala seperti serasa berputar, adanya gangguan pendengaran dan serangan yang terjadi pada episodik yang disertai dengan muntah.
  2. Vertigo non vestibular ini memiliki gejala seperti rasa melayang atau tidak adanya keseimbangan, tanpa adanya gangguan pendengaran dan serangan terjadi terus-menerus tanpa adanya rasa muntah atau mual.

Adapun gejala dan diagnosis Penyakit Vertigo yang harus diketahui, antara lain :

  1. Dalam menguji keseimbangan penderita, penderita vertigo dapat diinstruksikan untuk berdiri dan berjalan dalam garis lurus dengan awalnya mata terbuka dilanjutkan dengan cara mata tertutup.
  2. Adanya gerakan mata yang abnormal adalah petunjuk yang terdapat kelainan fungsi pada telinga bagian dalam atau kelainan pada saraf yang menghubungkannya ke otak. Gerakan mata dari atas ke bawah atau yang cepat dari kiri ke kanan biasa disebut sebagai Nistagmus, hal ini dilakukan karena sangat membantu penentuan diagnosa. Nistagmus juga dapat dirangsang dengan cara melakukan gerakan kepala si penderita penyakit vertigo secara tiba-tiba atau dengan cara meneteskan air dingin ke dalam telinga penderita.
  3. Penderita vertigo akan merasa berputar-putar atau merasa benda-benda yang berada di sekitarnya seperti berputar-putar.
  4. Dilakukan pula tes pendengaran yang dapat menentukan adanya kelainan pada telinga sehingga berpengaruh terhadap pendengaran dan keseimbangan.
  5. Untuk menentukan telinga atau tulang belakang terkena infeksi, maka dapat mengambil cairan dari sinus.
  6. Jika ada dugaan bahwa penurunan aliran darah ke dalam otak maka harus dilakukan pemeriksaan angiogram agar dapat mendeteksi adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang mengalir ke otak.
  7. Melakukan pemeriksaan dengan CT scan dan MRI kepala yang dapat memberikan petunjuk kelainan tumor dan tulang yang bisa menekan saraf.

Penyakit Vertigo dapat diobati tergantung pada penyebab penyakit tersebut. Penyakit vertigo yang ringan maka diberikan obat pengurang vertigo seperti perfenazin, meklizin, skopolamin dan dimenhidrinat. Semua obat bisa menyebabkan ngantuk khususnya penderita vertigo yang telah berusia lanjut. Bagi yang menderita vertigo dapat menggunakan skopolamin bentuk plester untuk mengurangi efek ngantuk yang sedikit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mencegah vertigo yang sebenarnya, yakni sebagai berikut :

  1. Hindarilah makanan yang berlebihan supaya tidak terjadi penimbunan dalam tubuh yang tidak dikeluarkan oleh energi.
  2. Memperhatikan gerakan leher terutama pada saat posisi mendongak
  3. Memperhatikan posisi tidur yaitu posisi kepala yang agak tinggi dan bangun secara perlahan-lahan, jadi janganlah melakukan gerakan yang mengejutkan seusai tidur.
  4. Penyakit vertigo dapat disebabkan pada alergi, karena itulah hindari makanan yang dapat menyebabkan terjadi alergi.
Twitter0Facebook0Google+0Reddit0StumbleUpon0tumblr

Nurul Ismhi