Persamaan Akuntansi

Persamaan Akuntansi atau accounting equation merupakan suatu persamaan yang menggambarkan bahwa jumlah harta yang tercatat pada sebelah kiri itu sama dengan jumlah sumber pembelanjaan atau kekayaan yang terdapat pada sebelah kanan.

Pada umumnya harta yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dikatakan sebagai aktiva atau aset. Jika aktiva ini bernilai Rp 1.000.000 maka sumber pembelanjaan juga harus berjumlah Rp 1.000.000. Maka aktiva ini akan menunjukkan sebagai bentuk kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan dan merupakan sumber daya pada perusahaan yang melakukan usaha. Dengan demikian sumber kekayaan atau sumber pembelanjaan ini menggambarkan siapa yang membelanjai kekayaan tersebut saat itu. Oleh karena itu, aktiva harus sama dengan sumber harta belanja. Sumber belanja ini terbagi menjadi atas dua yaitu berasal dari pemilik dan dari kreditor (pemakai pinjaman). Sumber belanja yang berasal dari pemilik disebut sebagai modal sedangkan sumber belanja yang berasal dari kreditor dikatakan sebagai kewajiban atau hutang. Sumber belanja yang diatas dapat dipahami dengan menunjukkan persamaan sebagai berikut:

Persamaan Akuntansi

Persamaan Akuntansi

Image Courtesy of  KROMKRATHOG/ FreeDigitalPhotos.net

AKTIVA = KEWAJIBAN + MODAL

Persamaan Akuntansi diatas akan menunjukkan keadaan keuangan perusahaan. Dengan demikian transaksi usaha akan mempengaruhi keadaan keuangan untuk suatu perusahaan, sehingga tiap transaksi usaha tersebut bisa dinyatakan dalam kondisi efeknya kepada ketiga unsur dalam Persamaan Akuntansi.

Elemen Penting Dalam Laporan Keuangan

  • Harta

Harta atau sering dikatakan dengan aset merupakan sumber daya yang dimiliki perusahaan dimana harta ini akan memberikan nilai ekonomis untuk masa yang datang.

Contoh harta dalam transaksi akuntansi adalah : Kas, piutang usaha, piutang wesel, perlengkapan, beban dibayar dimuka, tanah, gedung, peralatan, dan mesin.

  • Hutang

Hutang atau dikatakan sebagai kewajiban merupakan klaim kepada harta yang berasal dari pihak selain terhadap pemilik. Misalkan : Utang usaha, Utang wesel, Utang gaji, Utang bunga, Utang sewa dan lain-lain.

  • Modal

Modal atau ekuitas adalah sisa dari hak pada harta di suatu perusahaan yang dikurangi setelahnya dengan pihak ketiga. Modal ini dipengaruhi oleh pendapatan, beban atau biaya, investasi, dan prive atau penarikan secara pribadi.

Proses pencatatan untuk Persamaan Akuntansi sebaiknya dalam keadaan seimbang pada antara kedua kolom yaitu kolom debet dan kolom kredit, karena pada tiap transaksi tersebut merangkum akun yang berbeda dan dapat kemungkinan mempengaruhi besar kecilnya unsur-unsur  dalam transaksi sehingga adapun sifat-sifat yang dimiliki dari transaksi untuk Persamaan Akuntansi adalah sebagai berikut :

  1. Setiap transaksi bisa mempengaruhi kolom akun debet dan akun kredit, ataupun dapat juga untuk kedua kolom.
  2. Penambahan dan peningkatan dalam salah satu unsur yang terdapat di kolom kiri (kredit) maka sebaiknya diimbangi dengan penurunan untuk unsur lain dikolom kiri juga, atau bisa diimbangi melalui penambahan pada unsur lain dikolom kanan (debet) dan begitu sebaliknya.
  3. Akun pendapatan akan selalu menambah akun modal, sedangkan akun beban selalu juga mengurangi modal.

Pencatatan Persamaan Akuntansi

  • Akun riil
  • Akun nominal

Aktiva atau aset dapat dibagi menjadi tiga yaitu

  • Aktiva lancar atau aktiva yang bersifat jangka pendek, dalam artian bahwa aktiva ini bersifat liquid atau dapat dicairkan dalam periode waktu yang kurang dari satu tahun.
  • Aktiva tetap atau aktiva yang bersifat permanen, maksudnya adalah aktiva tetap tidak dapat dicairkan untuk periode waktu satu tahun karena aktiva ini bersifat jangka panjang.
  • Aktiva tidak berwujud atau sebuah hak yang istimewa dimiliki oleh suatu perusahaan dari kegiatan usahanya. Dikatakan sebagai aktiva tak berwujud bahwa sudah jelas tidak memiliki bentuk secara fisik.

Sedangkan untuk akun pasiva dibagi menjadi dua yaitu hutang dan modal. Hutang terdiri atas dua bagian, yakni hutang lancar dan hutang jangka panjang. Hutang ancar adalah hutang yang dibayarkan dalam periode waktu satu tahun atau kurang dari setahun dan hutang jangka panjang adalah hutang yang dibayarkan dalam periode waktu lebih dari setahu. Sedangkan modal ialah bagian  dari hak pemilik berupa investasi oleh pemilik (pribadi) dan hasil usaha di perusahaan.

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook60Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr0

Nurul Ismhi