Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan Dasar Akuntansi 4.50/5 (90.04%) 169 votes

Dalam Persamaan Dasar Akuntansi, terdapat jenis-jenis laporan keuangan yang ada, salah satunya neraca yaitu laporan keuangan yang menunjukkan posisi sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan serta informasi dari sumber daya tersebut. Neraca merupakan laporan keuangan satu-satunya yang bisa dibuat pada awal pendirian atau pembukaan oleh perusahaan. Neraca mencakup dua sisi yaitu sisi kiri yang biasa disebut sebagai aktiva dan sisi kanan disebut sebagai pasiva. Sedangkan untuk sisi pasiva terdiri dari kelompok utama yaitu hutang dan modal pemilik.

  1. Hutang adalah suatu kewajiban perusahaan untuk membayar pada pihak lain dengan sejumlah uang atau barang atau jasa masa yang akan datang akibat dari transaksi masa lalu.
  2. Modal adalah suatu bukti penyertaan dan kepemilikan dari pihak-pihak yang telah menanamkan uangnya dalam perusahaan.
Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan Dasar Akuntansi

Image Courtesy of  adamr / FreeDigitalPhotos.net

Dari sisi perusahaan, baik hutang maupun modal yang merupakan suatu bentuk kewajiban. Hutang adalah suatu kewajiban perusahaan untuk membayar sejumlah bunga dan pokok pinjaman kepada kreditor sedangkan modal adalah suatu kewajiban perusahaan untuk membayar kepada pemilik perusahaan dalam bentuk pengembalian modal.

Aktiva pada perusahaan berupa kas, piutang, peralatan kantor, kendaraan, mesin-mesin, bangunan, tanah dan sebagainya. Dalam memperoleh aktiva tersebut, perusahaan memiliki dua kemungkinan sumber dana yaitu dari modal pemilik atau pinjaman kreditor. Apabila harta tersebut dibeli dengan dana yang berasal dari pemilik perusahaan, maka modal pemilik dalam neraca akan bertambah sebesar harga aktiva tersebut. Tetapi apabila harta tersebut dibeli dengan dana pinjaman dari kreditor, maka jumlah hutang dalam neraca perusahaan akan bertambah sebesar harga aktiva tersebut.

Oleh karena itu, jumlah total dari aktiva akan sama dengan jumlah total pasiva. Nilai total aktiva yang selalu sama dengan nilai total pasiva yang disebut persamaan akuntansi. Persamaan akuntansi adalah persamaan yang menunjukkan jumlah harta kekayaan suatu perusahaan yang sama dengan jumlah dari hutang dan modal perusahaan tersebut. Dengan formula lain yang berarti jumlah aktiva yang dimiliki perusahaan dikurangi dengan jumlah hutang (kewajiban) sama dengan modal pemilik.

Rumus Aktiva Dalam Persamaan Dasar Akuntansi

Aktiva (harta) = Kewajiban (hutang) + Modal

Aktiva (harta) – Kewajiban (hutang) = Modal

Persamaan Dasar Akuntansi tidak hanya mencatat transaksi berkaitan langsung dengan aktiva, hutang dan modal saja. Persamaan Dasar Akuntansi juga digunakan melihat pengaruh transaksi pendapatan, pengeluaran biaya, dan prive yang dilakukan pemilik perusahaan terhadap akun-akun aktiva maupun pasiva.

Persamaan Dasar Akuntansi menggunakan beberapa istilah-istilah yang khusus dalam mencatat dan melaporkan transaksi atau aktivitas keuangan yang dilakukan. Walaupun banyak istilah dalam akuntansi tersebut bukan merupakan kata-kata yang asing bagi masyarakat pada umumnya tetapi tetap saja digunakan dalam suatu istilah akuntansi.

Istilah Dalam Persamaan Dasar Akuntansi

  1. Kas adalah alat pembayaran milik perusahaan yang siap digunakan, seperti uang tunai, cek kontan.
  2. Piutang adalah hak perusahaan yang masih dibawa oleh pihak lain, seperti tagihan kepada karyawan atas pinjamannya ke perusahaan.
  3. Peralatan kantor adalah suatu alat yang dimiliki perusahaan dan digunakan dalam kegiatan operasi jangka panjang, seperti kursi, meja, komputer, LCD, telepon, printer.
  4. Perlengkapan kantor adalah suatu bahan pelengkap aktivitas perusahaan yang beroperasi dalam jangka pendek dan habis karena pemakaian, seperti kertas, bolpoin, tinta.
  5. Tanah adalah lahan yang berupa tempat suatu bangunan berdiri yang dimiliki dan digunakan oleh perusahaan untuk aktivitas usaha.
  6. Bangunan adalah gedung permanen yang dimiliki dan digunakan oleh perusahaan untuk aktivitas usaha.
  7. Kendaraan adalah alat transportasi yang dimiliki oleh perusahaan dan digunakan dalam kegiatan operasi.
  8. Prive adalah pengambilan uang perusahaan oleh pemiliknya untuk kepentingan pribadi.
  9. Dividen adalah bagian dari laba usaha yang dibagikan pada pemilik perusahaan sebagai imbalan atas setoran modal pemilik;
  10. Pendapatan atau penjualan adalah kenaikan suatu modal perusahaan yang timbul dari penjualan produk perusahaan.
  11. Biaya adalah pengorbanan ekonomi untuk memperoleh barang dan jasa, dimana manfaatnya tersebut dinikmati dalam waktu lebih dari satu tahun (jangka panjang).
  12. Beban adalah pengorbanan ekonomi untuk memperoleh barang dan jasa , dimana manfaatnya tersebut dinikmati hanya dalam waktu satu tahun saja atau biaya yang tidak memiliki manfaat pada masa mendatang.
Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi