Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi 4.87/5 (97.37%) 197 votes

Sebenarnya apa yang menjadi perbedaan antara pertumbuhan dan pembangunan , disini dapat kita lihat bahwa dari segi pencapaian target dan prosesnya. Bahwa Pertumbuhan Ekonomi lebih mengarah kepada sebuah target sedangkan pembangunan lebih mendekati pada prosesnya. Menurut Schumpeter, perkembangan atau pembangunan adalah suatu perubahan spontan dan senantiasa terputus dalam keadaan stasioner yang akan mengganti dan mengubah suatu keadaan keseimbangan sebelumnya.

Sedangkan Pertumbuhan Ekonomi adalah suatu perubahan yang bersifat jangka panjang namun secara perlahan-lahan serta mengalami kejadian melalui sebuah kenaikan tabungan dan juga pertambahan penduduk.

FAKTOR-FAKTOR PERTUMBUHAN EKONOMI

Pertumbuhan Ekonomi dipengaruhi oleh dua jenis faktor yaitu:

Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi

a)      Faktor Ekonomi

  • Sumber alam atau tanah.

Ini mencakup hal-hal mengenai kesuburan tanah, letak dan susunannya, mineral, iklim, sumber lautan, sumber air, kekayaan hutan, dan sebagainya.

  • Modal

Modal ini bermakna sebagai bentuk persediaan faktor produksi bersifat fisik. Jika penggunaan modal ini mengalami kenaikan dalam batas waktu tertentu maka disebut pembentukan modal.

  • Organisasi atau Perusahaan

Organisasi atau perusahaan ini berhubungan pada penggunaan faktor produksi dalam kegiatan ekonomi di mana organisasi atau perusahaan merupakan sebuah pelengkap modal dan buruh (tenaga kerja) serta turut berperan untuk membantu dalam peningkatan atau perbaikan produktivitas.

pertumbuhsn ekonomi

pertumbuhan ekonomi

  • Kemajuan teknologi

Adanya perubahan dalam kemampuan teknologi sebenarnya merupakan salah satu faktor paling penting dalam proses Pertumbuhan Ekonomi. Perubahan tersebut berkenaan pada perubahan di dalam metode produksi sebagai hasil pembaruan atau penelitian baru sehingga perubahan ini akan menyebabkan penaikan produktivitas buruh, modal, dan faktor produksi yang lainnya.

  • Pembagian kerja serta skala produksinya

Pembagian kerja akan menyebabkan kenaikan dalam produktivitas. Menurut  Adam Smith , Ia melakukan penekanan penting dalam pembagian kerja untuk perkembangan dan Pertumbuhan Ekonomi.  Pembagian kerja dan skala produksinya ini pun dapat mencakup sebagai hal-hal dalam perbaikan kemampuan produksi buruh sehingga buruh dapat lebih efektif dan efisien serta bisa melakukan penghematan waktu dan juga mampu untuk memperoleh mesin baru.

b)      Faktor non-ekonomi

  • Faktor sosial dan budaya

Pada faktor ini memasuki tahap pendidikan dan kebudayaan di Barat sehingga membawa pada tujuan penalaran yang baru misalnya menumbuhkan dan menanamkan semangat yang tinggi serta mengenai kelas-kelas  pedagang baru, menciptakan sebuah perubahan pandangan manusia dan harapan, struktur atau jaringan dan juga nilai sosial. Adapun juga orang-orang yang terlibat pun akan dibiasakan untuk berinvestasi dan berusaha menikmati berbagai tantangan ataupun risiko guna memperoleh suatu keuntungan.

  • Sumber daya manusia

Berkembangnya faktor-faktor manusia yang berhubungan pada produktivitas dan efisiensi oleh para ekonom merupakan sebuah pembentukan dan pelaksanaan modal bagi setiap manusia, di mana proses-proses tersebut itu adalah kemajuan sebuah  ilmu pengetahuan, kompetensi dan keterampilan. Jumlah penduduk yang semakin menanjak luas juga merupakan penghalang bagi pembangunan di negara-negara yang sedang berkembang.

  •  Faktor politik dan administratif

Kestabilan menuju tahap politik dan administrasi yang begitu kuat dapat membantu dalam meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi yang modern. Ketika administrasi memiliki kekuatan dan cukup efisien maka itu merupakan hal yang sangat penting guna menciptakan pembangunan ekonomi yang baik. Adanya struktur politik dan administrasi yang bersifat lemah juga merupakan suatu penghambat begitu besar untuk pembangunan ekonomi pada negara terbelakang.

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi