Prinsip Ekonomi

Saat melakukan kegiatan ekonomi, setiap manusia dihadapkan pada suatu alternatif atau pilihan yang disebabkan oleh jumlah kebutuhan yang tidak terbatas sedangkan jumlah alat pemuas kebutuhan sangat terbatas. Dalam ekonomi, cara yang digunakan untuk memilih alternatif tersebut dinamakan sebagai Prinsip Ekonomi.

Tindakan dalam Prinsip Ekonomi diartikan untuk mengambil hasil yang maksimal dengan pemanfaatan biaya yang tertentu atau hasil yang besar dengan modal yang kecil. Dalam menghasilkan barang dan jasa, faktor-faktor produksi yang ada diusahakan mendapatkan hasil produksi semaksimal mungkin. Oleh karena itu, seseorang dalam melakukan kegiatan ekonomi harus berpedoman pada Prinsip Ekonomi agar tidak terjadi pemborosan nantinya.

Tujuan dalam Prinsip Ekonomi

  1. Memanfaatkan alat, kemampuan, dan modal tertentu yang dimiliki
  2. Menghasilkan keuntungan yang maksimal
  3. Mencapai tingkat kepuasan secara maksimal
  4. Bertindak ekonomis (bekerja hemat, efektif dan efisien)
  5. Menghindari pemborosan & kerugian
  6. Memperkecil risiko kerugian
  7. Menyusun skala prioritas kebutuhan
  8. Dapat mencapai hasil produksi berkualitas dengan harga yang terjangkau
Prinsip Ekonomi

Prinsip Ekonomi

Image Courtesy of  Naypong FreeDigitalPhotos.net

Ciri-ciri dalam Prinsip Ekonomi

  1. Selalu bertindak ekonomis dan rasional
  2. Selalu bersikap hemat
  3. Selalu membuat skala prioritas
  4. Selalu bertindak dengan prinsip biaya dan manfaat
  5. Memanfaatkan kemampuan yang dimiliki
  6. Mendapatkan keuntungan yang maksimal
  7. Memperkecil risiko kerugian dan tidak boros

Penerapan dalam Prinsip Ekonomi

1. Prinsip Ekonomi Konsumen

Prinsip ekonomi dengan memenuhi kebutuhan dengan tingkat kemampuan yang maksimal, yaitu dengan membeli barang yang sesuai kebutuhan dan kemampuan, memilih barang yang benar-benar diperlukan, dapat memilih barang dan jasa yang terbaik, berkualitas dan terjamin serta memperhatikan kemampuan untuk membeli barang dan manfaat penggunaan barang dan jasa tersebut.

2. Prinsip Ekonomi Produksi

Prinsip ekonomi dengan menghasilkan barang yang mendatangkan keuntungan (profit) besar, yaitu dengan menggunakan bahan baku yang berkualitas, memproduksi barang yang berkualitas, memproduksi barang yang diperlukan masyarakat dan memproduksi barang dengan biaya yang maksimal mungkin serta menentukan teknik produksi yang efektif dan efisien.

3. Prinsip Ekonomi Penjual

Prinsip ekonomi dengan memperoleh keuntungan yang maksimal, yaitu dengan menjual barang yang mudah terjangkau oleh konsumen, menjual barang sesuai selera dan dibutuhkan masyarakat, memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas, mencari profit sesuai dengan pertimbangan dan dapat menjual barang dengan tepat pada waktunya.

 

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook1Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi