Sejarah Perkembangan Internet

Sejarah Perkembangan Internet 4.79/5 (95.84%) 119 votes

Masih banyak orang yang belum mengetahui arti dari internet. Internet dapat dikatakan sebagai jaringan komputer yang memiliki awalan dan langkah dalam membentuk sebuah nama dan artinya. Maka dari itulah, artikel yang terkait kali ini akan membahas sedikit informasi tentang internet dan Sejarah Perkembangan Internet.

Pada awal Sejarah Perkembangan Internet, internet merupakan suatu jenis proyek yang diciptakan dan dibentuk untuk mengatasi keperluan pribadi pada suatu negara. Secara umum, seluruh orang dapat menggunakan internet dan banyak orang juga yang dapat mengoperasikan internet. Selain itu, internet bisa dinikmati secara gratis yang telah disiapkan oleh umum. Dari tahun ke tahun, penggunaan internet semakin meningkat. Perubahan dunia internet berkembang sangat cepat. Diketahui bersama bahwa dalam perkembangan dunia internet, tentunya terdapat efek positif dan efek negatif. Efek pada internet ini saling berkesinambungan dengan perkembangannya.

Arti dari internet (interconnected-networking) adalah jaringan komputer yang saling terhubung dalam berbagai macam situs. Internet dapat mengakses layanan informasi dan telekomunikasi yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Jaringan yang membentuk akan bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengamati lalu lintas dalam jaringan. Selain itu, mengatur format data yang di ijinkan, penanganan terhadap kesalahan, lalu lintas pesan dan standar komunikasi lainnya. Dalam internet, protokol standar yang dimaksud adalah TCP/IP (Transmision controlprotocol/internet protocol) . Protokol ini mempunyai kemampuan untuk bekerja pada semua jenis komputer tanpa ada pengaruh pada perbedaan perangkat maupun sistem informasi yang digunakan.

Dapat dilihat bahwa perkembangan yang pesat pada layanan internet karena internet menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan dengan media lain, yaitu diantaranya:

  • Sumber informasi yang besar
  • Komunikasi yang terjangkau murah
  • Memiliki jangkauan yang terbatas
  • Tantangan baru untuk berusaha
  • Keterbukaan
Sejarah Perkembangan Internet

Sejarah Perkembangan Internet

Image Courtesy of  photoraidz / FreeDigitalPhotos.net

 

Awal Mula Sejarah Perkembangan Internet

Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang saling terhubung dan saling berinteraksi secara global yang memungkinkan pengguna internet bertukar informasi ataupun data melalui jaringan tersebut. selain itu, internet adalah sistem komunikasi data secara global yang terdiri dari hardware dan software menghubungkan komputer yang berada di jaringannya. Terdapat bagian penting dalam Sejarah Perkembangan Internet. Namun kali ini, saya akan menjelaskan beberapa hal yang penting saja.

Pada mulanya, Sejarah Perkembangan Internet adalah suatu jenis proyek dalam dunia teknologi informasi. Pada tahun 1966, internet muncul dengan nama ARPA dan mulanya dibentuk pada sebuah jaringan komputer oleh departemen pertahanan di Amerika Serikat. Saat itu awal dalam membangun proyek bertujuan untuk keperluan militer. Awalnya ARPANET hanya menghubungkan empat situs saja tetapi pada tahun 1969, ARPA dengan ARPANET telah berhasil menghubungkan dua komputer dan membentuk satu jaringan terpadu. Dengan berkembangnya ilmu informasi dan telekomunikasi, terdapat banyak instansi yang tertarik untuk membuat aplikasi interkoneksi antar komputer. Pengembangan terus berkembang dan berjalan menjadi interkoneksi sebanyak sepuluh komputer sehingga perkembangan ini terus mengalami penelitian. Saat ini dikenal dengan nama website.

Kemudian proyek ini mengalami perkembangan yang pesat di seluruh daerah maupun semua universitas di negara dan tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah. Apabila terjadi perang atau adanya serangan nuklir dapat dihancurkan dengan mudah. Pada saat itu, banyak yang ingin bergabung karena tertarik pada teknologi tersebut, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Hal inilah awal dari Sejarah Perkembangan Internet. Oleh karena itu, ARPANET dibagi menjadi dua yaitu MILNET digunakan untuk keperluan militer dan ARPANET baru digunakan untuk keperluan non-militer seperti universitas-universitas. Kedua jaringan tersebut digabung dan dibentuk dalam Sejarah Perkembangan Internet dan pada akhirnya dikenal dengan nama ARPA internet dan disederhanakan menjadi internet yang kini dikenal dan tidak asing lagi oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia.

Saat itu, ARPA memutuskan untuk melakukan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Riset dalam proyek ini disebut sebagai ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Dalam Sejarah Perkembangan Internet tahun 1970, lebih dari 10 komputer sudah berhasil dihubungkan sehingga dapat saling berkomunikasi satu sama lain dan membentuk sebuah jaringan. Pada saat itu, mereka memperkenalkan bagaimana dengan perangkat komputer seperti hardware dan software yang berbasis UNIX, dapat melakukan komunikasi dalam jarak yang jauh (tidak terhingga) melalui saluran telepon. Proyek ARPANET ini merancang sebuah bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan pada akhirnya semua standar yang telah ditentukan menjadi awal mula pembangunan protokol baru yang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) dan juga menjadi awal dari Sejarah Perkembangan Internet.

Pada tahun 1974, diperkenalkan TCP/IP yang merupakan sebuah standar komunikasi data yang berfungsi pada proses menukar data dalam jaringan internet. Selain itu, TCP/IP adalah standar protokol yang digunakan bersama dalam mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain dalam jaringan internet. TCP/IP menggunakan IP Address yang merupakan salah satu skema yang memberikan satu alamat kepada satu mesin komputer, data disimpan di dalamnya sehingga dapat diakses oleh komputer lain.

Pada tahun 1984, sistem domain name diperkenalkan. DNS merupakan salah satu cara untuk membuat internet menjadi lebih mudah untuk ditelusuri. Dapat dibedakan bahwa TCP/IP memberikan satu IP Address pada setiap komputer yang terdiri dari beberapa deret angka. Sedangkan domain name, membuat internet menjadi lebih mudah diingat seperti wordpress.com dibandingkan dari IP address.

Pada tahun 1987, GIF (Graphic Interchange Format) telah ditemukan yang merupakan salah satu format gambar digital yang memiliki ukuran lebih kecil dan efisien dibandingkan dengan JPEG yang memiliki ukuran yang besar. Dengan adanya format gambar GIF, membuat internet menjadi lebih berwarna. Dan pada tahun 1990, perkembangan yang pesat dan semakin cepat, muncul istilah lain yaitu www (World Wide Web) yang diiringi dengan munculnya situs-situs pelayanan seperti e-mail, chatting, online shop, information center dan hal lain yang terkait dalam sosial media. Format www (World Wide Web) diperkenalkan oleh Tim Barners Lee. Dua hal yang berbeda yaitu world wide web dan internet. Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang terhubung berskala global. Sedangkan world wide web merupakan salah satu layanan internet yang berupa jaringan dokumen seperti audio maupun video yang saling terhubung oleh hyperlink atau URL yang ditransfer melalui jaringan internet melalui protokol HTTP. Pada awalnya ada beragam jenis format pertukaran data antar komputer yang terdapat pada jaringan internet. Namun kadang terdapat format yang satu dengan format yang lain tidak sesuai. Hal inilah yang menjadi dasar terciptanya world wide web sebagai platform internet yang berguna dalam menyamakan format pertukaran data di internet.

 

 

 

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi