Waralaba Makanan Unik Dan Bermodal Kecil

Berbisnis waralaba atau sering kita mengenalnya dengan istilah franchise kini mulai melebar daun. Apalagi jika berbicara bisnis waralaba makanan yang kian gencar dan banyak macamnya yang sering ditemukan di sepanjang jalan. Seperti diketahui bahwa bisnis ini telah menarik perhatian bagi para pecinta bisnis yang mau bergelut di bidang waralaba makanan.

Bukan hanya di kota-kota besar saja bisnis waralaba makanan menjamur dengan rata, melainkan telah menyebar kian pesat hingga dikenal oleh para pengusaha yang berada di daerah pinggiran kota bahkan pedesaan atau pedalaman meskipun tingkat laba mungkin masih rendah.

Bisnis waralaba merupakan salah satu bentuk bisnis yang banyak diminati oleh para pengusaha, baik itu pemula maupun pebisnis yang banyak jam terbangnya atau telah berpengalaman. Untuk potensi bisnis ini pula sungguh menguntungkan untuk jangka waktu lama, namun kita perlu perhatikan bahwa tidak semua jenis usaha waralaba makanan sesuai dengan passionnya setiap orang.

bisnis waralaba makanan memang cukup menguntungkan dalam jangka waktu yang lama, namun setiap orang  memiliki passion yang berbeda terhadap jenis bisnis yang ingin dijalankan

bisnis waralaba makanan memang cukup menguntungkan dalam jangka waktu yang lama, namun setiap orang memiliki passion yang berbeda terhadap jenis bisnis yang ingin dijalankan

Image Courtesy of  photoexplorer / FreeDigitalPhotos.net

Bisnis waralaba memiliki dua istilah, yaitu sebagai berikut :

1)   Pemberi waralaba atau franchisor merupakan perorangan atau badan usaha yang memberikan hak kepada pihak lain demi menggunakan serta memanfaatkan HAKI (hak atas kekayaan intelektual).

2)   Penerima waralaba atau franchisee merupakan perorangan atau badan usaha yang diberikan hak demi memanfaatkan HAKI (hak atas kekayaan intelektual).

Waralaba Makanan

Dalam bisnis waralaba terdapat dua istilah yang sering kita mendengarnya yaitu franchisor atau pemberi waralaba dan franchisee atau penerima waralaba

Image Courtesy of Stuart Miles / FreeDigitalPhotos.net

Bisnis Waralaba Makanan

Menjalankan bisnis waralaba ini berpotensi sangat bagus karena makanan merupakan kebutuhkan pokok manusia dan tentunya selalu dicari oleh orang-orang. Namun, jikalau ingin merintis bisnis makanan, kita harus siap menghadapi tantangan sangat sulit, yaitu terutama bagi orang yang belum memiliki pengalaman bisnis di bidang makanan sebelumnya.

Banyak waralaba makanan yang menawarkan franchisenya dengan memasang harga yang cukup murah, akan tetapi tidak semua bisa cocok dengan diri pribadi setiap orang. Maka sebaiknya memilih bisnis waralaba makanan yang unik, serta ada potensi bisnis yang lebih bagus baik dari segi harga maupun lokasi bisnis yang kita targetkan. Selain bisnis waralaba makanan, untuk jenis minuman juga cukup menjanjikan buat dijadikan ladang bisnis waralaba.

Beberapa bisnis di bidang makanan akan dapat terlihat pada tepian suatu jalur di kota. Kebanyakan orang ingin sekali mendapat sebuah penghasilan di bidang bisnis dagang dan di antara mereka pula akan membidik keuntungan besar dari usaha yang digerakkan tersebut. Bisnis waralaba makanan banyak dipilih oleh beberapa wirausahawan. Hal ini memanglah sungguh berprospek terhadap para konsumen yang semakin menjanjikan. Jumlah konsumen bisa secara otomatis mendongkrak keuntungan yang diperoleh dari para pebisnis, serta untuk usaha waralaba makanan itu sendiri sudah banyak telah dibuktikan bahwa begitu mudah menciptakan para konsumen. Akan tetapi perlu ditekankan bahwa sesuatu jenis produk makanan yang dijual bisa segera di terima dengan baik oleh penduduk setempat. Dengan beragam bentuk dan jenis makanan barangkali cukup mudah didapatkan misalnya untuk makanan ringan atau cemilan selain itu juga seperti oleh-oleh khas setempat maupun makanan pokok.

Untuk bisnis waralaba makanan ternyata ada beragam bentuk dan jenis makanan yang cukup mudah didapatkan misalnya untuk makanan ringan atau cemilan serta oleh-oleh khas setempat maupun makanan pokok

Untuk bisnis waralaba makanan ternyata ada beragam bentuk dan jenis makanan yang cukup mudah didapatkan misalnya untuk makanan ringan atau cemilan serta oleh-oleh khas setempat maupun makanan pokok

Image Courtesy of Lemonade/ FreeDigitalPhotos.net

Untuk bisnis yang kian diminati dan banyak dibidik oleh beragam kalangan yaitu bisnis di bidang makanan jajanan. Makanan jajanan bisa dengan mudah kita peroleh, baik di mall-mall, tempat perbelanjaan seperti di depan-depan supermarket atau minimarket bahkan tak ketinggalan di sepanjang pedagang kaki lima. Pada makanan jajanan ini ternyata semakin banyak digencar oleh pihak konsumen dikarenakan sisi harganya yang dapat dijangkau oleh setiap golongan. Apalagi bagi kaum anak-anak dan para kawulah muda.

Pada umumnya ada beberapa jajanan yang cukup diminati misalnya yaitu jajanan yang dijual dengan perangkat yang unik sejenis outlet atau sesuatu gerobak-gerobak yang biasanya banyak terpampang di depan toko belanja atau supermarket maupun minimarket. Bisa pula berada di dekat pintu masuk mall. Bisnis waralaba makanan melalui media perlengkapan yang unik tersebut,  ada yang berperan sebagai bisnis waralaba yang mempunyai banyak cabang.

Bisnis waralaba makanan yang sifatnya unik turut diperbincangkan dan menjadi sebuah masalah pada bisnis waralaba tersebut, ada begitu banyak kelas bisnis waralaba makanan yang dapat ditawarkan dan banyak pula menu yang mengundang rasa selera dari segi laba atau keuntungan jika kita membaca brosur dari bisnis tersebut. Di antaranya yakni bisnis waralaba makanan yang kita bisa jumpai di mall-mall dengan menggunakan boot-boot dan boot tersebut didesign dengan unik layaknya seperti mini outlet profesional serta menjual berbagai makanan unik yang sesungguhnya memang sangat jarang kita dapatkan di tempat yang lain.

Begitu banyak perbincangan mengenai bisnis waralaba makanan karena telah banyak jenis waralaba makanan yang dapat ditawarkan dan banyak pula menu yang mengundang selera

Begitu banyak perbincangan mengenai bisnis waralaba makanan karena telah banyak jenis waralaba makanan yang dapat ditawarkan dan banyak pula menu yang mengundang selera

Image Courtesy of Criminalatt / FreeDigitalPhotos.net

Produk makanan dari bisnis waralaba dapat kita temui pada olahan makanan yang berbahan-bahan sederhana kemudian dibungkus dengan berbagai tingkat kreativitas dalam wujud yang unik serta turut menciptakan cita rasa yang tidak sama namun secara alami masih bisa dirasakan sebelumnya. Untuk jenis bisnis waralaba makanan yang dikatakan ini bisa berupa bahan seperti donat dari kentang atau kentang goreng yang berbentuk spiral, olahan singkong atau ubi jalar yang digoreng dengan bumbu beraneka rasa atau jenis tahu yang dikemas dengan unik dan bisa pula makanan luar seperti kebab turki. Ternyata begitu banyak bisnis waralaba yang memang mudah kita dapatkan dan bisa secara langsung kita aplikasikan demi kebutuhan financial maupun sekedar kegiatan sampingan yang lama-kelamaan akan terbiasa dengan suasana untuk bisnis tersebut. Jadi sebagai pemula pada bisnis yang ingin dan sedang dijalankan, perlu memperhatikan tips atau cara memilih bisnis yang cocok. Bukan hanya bisnis waralaba makanan yang dapat membuat kita nyaman namun di luar sana ada bermacam-macam bisnis waralaba yang bisa kita wujudkan. Berikut ini ada beberapa tips dalam memilih bisnis waralaba bagi para calon wirausaha.

Inilah tips untuk memilih bisnis waralaba yang ingin dijalankan, yaitu :

  • Memilih jenis waralaba yang mudah dijalankan,
  • Memilih waralaba yang dapat memberikan pelayanan yang baik,
  • Memilih waralaba yang terjangkau dari sisi harga maupun lokasi,
  • Memilih waralaba yang memiliki banyak konsumen. waralaba yang dapat memberikan pelayanan yang baik

Selain bisnis waralaba makanan, ada dua peluang bisnis waralaba yang cukup menguntungkan pula yaitu :

  • Bisnis waralaba laundry

Jika kita perhatikan bahwa bisnis laundry memiliki potensi yang sangat bagus. Bahkan apalagi lebih baik lagi jika berada di lokasi yang strategis. Biasanya pemilik waralaba atau franchisor akan senantiasa membantu dalam penentuan dan pemilihan lokasi strategis untuk bisnis tersebut. Biasanya bisnis ini akan sangat laris jika ditempatkan pada lokasi perumahan atau kompleks, kampus maupun kost-kostan. Kini banyak sekali orang mengarah ke jasa laundry dibandingkan mencuci sendiri. Selain harganya relatif terjangkau untuk setiap kalangan, hasil pekerjaannya pun menjadi lebih rapih dan mudah kita peroleh.

Jika ingin menjalankan bisnis ini, perlu kita pastikan untuk memilih waralaba yang reputasinya baik dan mau memberikan solusi terhadap beberapa masalah kepada kita sebagai pemula bisnis. Dan ada baiknya jika kita mengeluarkan banyak modal di awal dari franchisor yang reputasi baik, daripada mengeluarkan modal yang kecil akan tetapi beresiko besar karena franchisor tidak bereputasi yang baik.

  • Bisnis waralaba bidang kecantikan dan kesehatan

Ada begitu banyak orang yang sangat membutuhkan tempat-tempat untuk menjaga kesehatan dan kecantikannya terkhusus bagi kaum wanita. Ada beberapa tempat perawatan di bidang kesehatan dan kecantikan yang sering dikunjungi yaitu seperti tempat fitness, salon, spa, tempat refleksi dan sebagainya. Itulah alasan mengapa bisnis kesehatan dan kecantikan sangat berpotensial. Meskipun modal bisnis ini dibutuhkan cukup besar. Sedangkan mengenai tingkat risiko pada bisnis bisa dihindari sedini mungkin dengan terus berupaya menjalankannya dengan baik dan tentunya lebih berpengalaman.

Itulah beberapa jenis waralaba, jadi tentunya kita di sini memiliki pilihan sendiri mengenai jenis waralaba apa yang sesuai dengan passion yang kita miliki. Maka setelah memilih jenis waralabanya, tentunya ada hal yang perlu diperhatikan saat ingin menjalankan bisnis ini, yaitu mencapai keberhasilan dalam bisnis waralaba kita. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kehidupan Anda.

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on Tumblr

Nurul Ismhi